Tak Kalah Dari Buahnya, Daun Sirsak Juga Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Selain rasanya yang lezat, sirsak dikenal sebagai buah yang kaya nutrisi. Selain buahnya, daun sirsak juga ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja?

Buah sirsak, yang memiliki nama ilmiah Annona muricata berbentuk oval dengan kulit berwarna hijau dan berduri meskipun tak sebesar duri pada durian.

Sementara itu, daging buah sirsak teksturnya berserat, berwarna putih, dan memiliki rasa asam manis yang segar. Biasanya buah sirsak dikonsumsi dengan cara dijus, dimakan begitu saja atau sebagai campuran pada minuman segar.

Daging buah sirsak mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi sehingga dikenal bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melindungi kulit dan sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain buahnya, daun sirsak juga berkhasiat bagi kesehatan (Foto: Pixabay)

Tapi ternyata tak hanya buahnya, daun sirsak pun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Pasalnya, daun sirsak ternyata kaya kandungan senyawa antioksidan, seperti fitosterol (minyak nabati yang sifatnya melawan kolesterol), tanin (senyawa yang bisa mengikat racun), dan flavonoid (jenis antioksidan penangkal radikal bebas).

Sponsored Links

Manfaat Daun Sirsak

Dengan kandungan senyawa antioksidan yang tinggi, daun sirsak memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, seperti berikut ini.

1.       Berpotensi mencegah kanker

Memang belum banyak studi klinis untuk mendukung kesimpulan ini. Tetapi ada hasil penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine yang menyebutkan ekstrak daun sirsak diketahui bisa mengurangi ukuran tumor kanker payudara.

2.       Mengatasi peradangan

Daun sirsak adalah sumber antioksidan yang baik untuk membantu tubuh memperbaiki kerusakan sel dan memerangi peradangan. Selain itu sifat anti inflamasi pada daun sirsak juga membantu memulihkan peradangan pada kulit.

3.       Pengobatan diabetes

Ekstrak daun sirsak efektif menghambat kerusakan oksidatif hati yang disebabkan oleh diabetes dan bisa merangsang pelepasan hormon insulin untuk mengubah kadar gula menjadi energi. Mengkonsumsi ekstrak daun sirsak secara teratur juga bisa menjaga kadar glukosa darah.

4.       Menjaga imun tubuh

Senyawa aktif antioksidan dalam daun sirsak mampu menjaga sel-sel tubuh tetap sehat dan membantu menangkal efek negatif radikal bebas. Dengan begitu, kondisi ini bisa membantu menjaga imun tubuh tetap tinggi.

Daun sirsak bisa memperkuat imun agar tidak mudah sakit (Foto: Xframe)

5.       Menurunkan tekanan darah

Daun sirsak mengandung mineral dan antioksidan fenol yang bisa membantu menurunkan tekanan darah sekaligus melenturkan pembuluh darah untuk menghindari penyumbatan aliran darah.

6.       Mencegah penuaan dini

Dilansir dari SehatQ kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada daun sirsak bisa melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang menyebabkan timbulnya penuaan dini seperti keriput, garis-garis halus, dan perubahan warna kulit.

7.       Meredakan asam urat

Kandungan senyawa alami acetogenin dan flavonoid bisa membantu menurunkan produksi asam urat, mencegah dan menghambat penumpukan kristal asam urat. Asam urat sendiri adalah kondisi dimana terjadi peradangan tinggi di area persendian.

Perhatikan Efek Sampingnya

Mengkonsumsi daun sirsak biasanya dilakukan dengan merebus daunnya dan kemudian meminum air hasil rebusannya. Meskipun terkesan sederhana dan tidak berbahaya, namun bila diminum tanpa takaran yang pasti akan menimbulkan efek samping yang tidak baik untuk kesehatan.

Ada baiknya kamu berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mengkonsumsi daun sirsak, terlebih bagi kamu yang memiliki penyakit, seperti diabetes dan alergi pada beberapa makanan tertentu.

Sebaiknya konsultasi dengan dokter dulu sebelum konsumsi daun sirsak (Foto: Xframe)

Mengkonsumsi daun sirsak yang berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan efek samping berikut:

–          Tekanan darah menurun drastis

Daun sirsak memiliki kemampuan melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Karenanya, mereka yang sudah memiliki tekanan darah rendah sebaiknya tidak mengkonsumsi daun sirsak.

–          Risiko terkena parkinson

Bahan kimia yang ditemukan dalam daun sirsak juga ada di dalam tubuh penderita penyakit parkinson (penyakit saraf yang mempengaruhi kendali gerakan tubuh). Oleh karena itu, orang yang menderita gangguan saraf ini sebaiknya menghindari makan daun sirsak karena akan memperparah gejala parkinson.

–          Mempengaruhi sistem kardiovaskular

Jika dikonsumsi dalam dosis besar, daun sirsak memiliki efek negatif pada sistem kardiovaskular (sistem yang mengalirkan darah ke seluruh tubuh). Mereka yang memiliki penyakit jantung sebaiknya menghindari konsumsi daun sirsak.

Penderita sakit jantung sebaiknya tidak konsumsi daun sirsak (Foto: Xframe)

–          Mual dan muntah

Mengkonsumsi daun sirsak dalam jumlah besar bisa menyebabkan gejala mual dan muntah karena pencernaan yang terganggu.

Selain itu, menurut Alodokter beberapa orang seperti ibu hamil dan menyusui serta penderita gangguan ginjal sebaiknya juga tidak mengkonsumsi daun sirsak karena kandungannya yang dikhawatirkan bisa merusak janin dan ginjal bila dikonsumsi berlebihan.

Melihat manfaat dan efek samping yang timbul, memang ada baiknya mengkonsultasikan penggunaan daun sirsak pada dokter. Bila ingin tetap mengkonsumsinya, pastikan dalam dosis sedang, tidak terlalu sering, dan tidak dalam jangka waktu yang lama. Kamu bisa menjadwalkannya seperti 1 atau 2 kali dalam seminggu serta sesuai dengan petunjuk dokter.

Visited 5 times, 1 visit(s) today