Diandalkan Sebagai Skin Care Alami, ini Manfaat Daun Pegagan untuk Kulit

Centella asiatica atau yang dikenal sebagai daun pegagan adalah tanaman yang diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah kesehatan kulit. Berkat kemampuannya ini, daun pegagan kini juga diminati sebagai bahan alami untuk mempercantik kulit.

Daun pegagan yang juga punya nama lain yaitu Gotu kola ini bentuknya lebar seperti kipas namun berukuran kecil dan dikenal sebagai tanaman herbal di Indonesia, Cina dan India serta mengandung zat yang bermanfaat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit, seperti adalah saponin, flavonoid, phenolic acid, dan terpenoid. 

Saponin adalah senyawa kimia yang memiliki sifat menurunkan tegangan pada permukaan kulit. Flavonoid adalah kumpulan senyawa yang mengandung antioksidan dan berfungsi untuk memperbaiki sel yang rusak. Sedangkan phenolic acid atau asam fenolat adalah senyawa dalam tanaman yang bisa berfungsi untuk meredam peradangan dan mengatasi gangguan saraf. Sementara terpenoid adalah adalah senyawa dalam tumbuhan yang bisa berfungsi sebagai antiseptik.

Kandungan-kandungan dalam daun pegagan juga diketahui bisa membantu memperbaiki mood dan melancarkan sirkulasi darah sehingga racun-racun dalam tubuh dapat terbuang. Kulit pun terlihat lebih segar dan cerah. Itu sebabnya ekstrak daun pegagan menjadi salah satu bahan skin care yang populer saat ini.

Beberapa khasiat daun pegagan untuk kesehatan kulit adalah:

Mengatasi jerawat dan bekasnya

Daun pegagan memiliki sifat antioksidan dan antimikroba sehingga ampuh mengurangi jerawat. Senyawa glikosida madekosida pada bagian daun dan tangkainya meredakan peradangan. Sementara kandungan triterpenoid-nya mempercepat penyembuhan luka bekas jerawat.

Mengatasi kerutan dan keriput

Terpapar polusi, sinar matahari, jarang merawat kulit, dan bertambahnya usia bisa bikin produksi kolagen menurun. Daun pegagan juga mengandung senyawa asiaticoside dan madecassoside yang memicu produksi kolagen. Garis halus, keriput dan kerutan pada wajah pun bisa memudar. Caranya, cukup oleskan langsung krim ekstrak pegagan atau konsumsi suplemen pegagan untuk menjaga elastisitas kulit.

Kandungan dalam daun pegagan yang bisa menghasilkan kolagen yang menghilangkan kerutan di wajah. (Foto: Xframe)

Melembabkan kulit

Buat kamu yang punya kulit kering, ekstrak daun pegagan bisa meningkatkan kadar minyak alami kulit. Dengan kulit yang lebih lembab tentu kerutan dan garis-garis halus lebih bisa dihindari. Rahasianya terletak kadar kandungan saponin, senyawa yang juga berfungsi untuk mempertahankan kadar air pada kulit.

Meredakan iritasi kulit

Kandungan flavonoid dan phenolic acid serta saponin juga ampuh untuk meredakan iritasi kulit karena fungsinya yang menghambat sel pemicu peradangan. Iritasi pada kulit memang bisa memicu terjadinya gangguan kesehatan kulit lainnya, seperti dermatitis (peradangan kulit yang membuat ruam dan gatal), psoriasis (bercak dan gatal akibat bertumpuknya banyak sel pada kulit), atau eksim (reaksi alergi pada kulit yang menimbulkan gatal terus-menerus).

Menyembuhkan luka

Daun pegagan memiliki kandungan asiaticoside yang diketahui bisa membantu produksi kolagen yang berguna buat pertumbuhan jaringan kulit. Itu sebabnya ekstrak daun pegagan sering digunakan untuk mengobati luka atau jaringan parut yang timbul setelah proses penyembuhan luka. Penelitian juga menyebutkan bahwa ekstrak daun pegagan juga bisa mencegah terjadinya keloid, yaitu bekas luka yang tumbuh melebar dan menonjol di permukaan kulit.

Mengurangi stretch mark

Perlu diketahui bahwa stretch mark sebetulnya hampir tidak bisa dihilangkan oleh ekstrak daun pegagan dan hanya bisa dikurangi atau disamarkan saja. Ini juga karena stretch mark bersifat irreversible (tidak bisa diubah), jadi kamu tidak bisa membuatnya hilang sama sekali.

Stretch mark sendiri adalah kondisi yang terjadi pada kulit dimana muncul tanda-tanda fisik seperti garis-garis tidak beraturan yang ada pada bagian tubuh seperti perut, pinggul, bokong, payudara atau paha. Biasanya kondisi ini terjadi pada mereka yang punya berat badan berlebih atau wanita yang baru melahirkan.

Pemakaian skin care yang mengandung ekstrak daun pegagan memang tidak berbahaya, namun untuk penggunaan sebaiknya mengikuti peraturan yang dianjurkan karena penggunaan yang melewati batas bisa berisiko memiliki efek samping yang kurang baik untuk kulit.

Di luar khasiatnya untuk kesehatan kulit, daun pegagan juga bisa memicu reaksi alergi pada kulit. Maka buat kamu yang punya kulit sensitif atau alergi kulit ada baiknya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

Visited 37 times, 1 visit(s) today