Manfaat dan Dampak Infused Water Bagi Tubuh Kita

Botol Infused Water Cover

Sahabat Goodlife, sadarkah kamu bahwa belakangan ini infused water menjadi minuman sehari-hari yang populer? Mengingat sekarang ini orang-orang mencoba mengonsumsi asupan yang terbaik bagi kesehatan, tentunya kita mempunyai kesan bahwa yang populer dilakukan orang banyak adalah yang baik bagi kesehatan, begitu bukan? Sebelum kamu ikut serta mempraktikkan minum infused water setiap hari, ada baiknya kamu ketahui dulu apa itu infused water serta manfaat baik minuman tersebut, juga kalau ada dampak lain terhadap tubuh kita.

Apa ItuInfusedWater?

Infused water adalah air minum yang ditambahkan aneka buah, atau rempah, atau kombinasinya ke dalamnya. Buah atau rempah yang ditambahkan ke dalam air minum menjadi infused water biasanya adalah timun, mint, lemon, jahe, jeruk, dan lain-lain yang pilihannya sesuai selera.

Banyak ahli kesehatan mengatakan bahwa kita harus banyak minum air untuk meningkatkan sirkulasi darah, menyehatkan pencernaan, membantu pengolahan makanan, pengaturan suhu serta mengalirkan nutrisi ke seluruh tubuh. Banyak minum juga berguna untuk mengganti cairan tubuh yang keluar melalui keringat, bernapas, dan pencernaan. Kita juga harus selalu menjaga tubuh tetap terhidrasi, jangan sampai dehidrasi. 

Manfaat Infused Water 

Infused water yang terlihat cantik dan menimbulkan sensasi rasa menjadikan kita bersemangat minum, sehingga dengan semangat tersebut, asupan cairan ke dalam tubuh tercukupi. 

Ini beberapa manfaat infused water:

  1. Rasanya enak sehingga kita jadi minum lebih banyak, dan itu meningkatkan hidrasi tubuh.
  2. Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat secara efisien membuang limbah melalui organ-organ, termasuk ginjal, hati, dan kulit. Proses inilah yang disebut dengan “detoksifikasi” secara alami yang dilakukan oleh tubuh kita.
  3. Jika kita minum infused water, maka kita mengurangi konsumsi minuman bersoda dan bergula. Ini merupakan nilai plus yang menyehatkan.
  4. Minum lebih banyak air dapat membantu kita merasa lebih kenyang dan mengatasi kelaparan yang dapat menyebabkan dehidrasi.
Lemon, Lemongrass Infused Water

Dampak Lain Minum Infused Water

Namun ternyata ada juga dampak buruknya terhadap tubuh kita. Seperti juga minum air biasa, bila berlebihan pasti ada dampak buruknya, misalnya menyebabkan gangguan pada ginjal, dimana ginjal tidak memproses air yang berlebih itu dengan baik. Penyakit yang ditimbulkan bernama Hiponatremia. Dengan kondisi ini, tubuh menyimpan terlalu banyak air. Hal tersebut kemudian dapat melarutkan kadar natrium dalam darah dan menyebabkan kadarnya berkurang.

Alih-alih menjadi sehat, mengonsumsi infused water secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah 5 dampak buruk yang dapat ditimbulkan.

1. Meningkatnya Asam Lambung

Bagi kamu yang punya riwayat sakit pada bagian lambung. Minum infused water apalagi yang menggunakan tambahan jeruk lemon, dapat meningkatkan asam lambung atau Gastroesophageal reflux Disease (GERD).

2. Migrain Atau Sakit Kepala Sebelah

Dalam sebuah penelitian, 11% dari 490 pasien migrain (sakit kepala sebelah) mengatakan bahwa mengkonsumsi buah jeruk dan variasinya, termasuk lemon, walaupun sudah diolah menjadi infused water, dapat tetap memunculkan kambuhnya penyakit migrain tersebut. Alasannya, buah jeruk memiliki zat tyramine, yaitu sebuah produk protein yang merupakan pemicu terjadinya migrain.

3. Mengikis Enamel Gigi

Lemon yang terdapat di dalam infused water memiliki rasa asam. Zat asam tersebut kemudian dapat menimbulkan pengikisan pada bagian enamel gigi jika terlalu sering dikonsumsi. Akibatnya, gigi kita pun menjadi lebih sensitif. Apalagi saat mengkonsumsi makanan panas atau dingin. Alasan secara ilmiahnya dikarenakan gigi terbentuk dari kalsium. Dan kalsium tersebut, mudah larut jika bereaksi dengan zat asam.

4. Sakit Maag

Terlalu sering mengkonsumsi infused water dinilai menjadi salah satu penyebab sakit maag. Hal ini dikarenakan zat asam yang terkandung dalam lemon bereaksi dengan asam lambung, sehingga menghasilkan rasa sakit di perut.

5. Sensasi Dada Terbakar

Penelitian yang dilakukan oleh ahli gizi bernama Jackie Ballau di New York, mengkonsumsi infused water terlalu banyak dapat menyebabkan sensasi terbakar di dalam dada.

Nah, setelah membaca penjelasan tentang infused water ini, tentu kamu jadi lebih memahami manfaat dan dampak yang ditimbulkan dari infused water. Tetap konsumsi sewajarnya dan stay healthy, Sahabat Goodlife.