Gak Harus Jadi Seniman, Melukis Ternyata Punya Banyak Manfaat Buat Kesehatan

manfaat melukis

Sepintas, aktivitas melukis sepertinya hanya bisa dilakukan oleh orang yang punya bakat seni saja. Tapi sebetulnya melukis bisa dilakukan oleh siapapun dan bisa menjadi salah satu terapi kesehatan yang berguna untuk mental dan fisik. Nah, apa saja sih manfaat buat kesehatan dari melukis? Simak penjelasan berikut.

Meredakan stress

Masalah kesehatan mental seperti stress atau kecemasan berlebih sering kali terjadi secara bersamaan. Menemukan tempat untuk mencurahkan emosi dengan cara melukis, memungkinkan pikiran kita menjadi lebih rileks dan melepaskan semua masalah yang tengah berlangsung.

Ketika seseorang menciptakan sesuatu yang indah melalui lukisan, maka pikiran pun akan menjadi lebih terbuka dan mampu menjadi penyembuh atau healing untuk meredakan ketegangan mental. Tingkat stres yang rendah dapat mengarah kepada gaya hidup yang lebih bahagia, lebih sehat, dan membantu meningkatkan kesehatan mental secara menyeluruh.

Dikutip dari Halodoc, Journal of The American Art Therapy Association pernah merilis hasil penelitian yang mengatakan bahwa aktivitas kreatif selama 45 menit dapat mengurangi stress. Ini terkait dengan pengurangan kadar kortisol ketika seseorang sedang berkegiatan seni. Kortisol adalah hormon yang akan banyak diproduksi saat orang mengalami stress. Salah satu efeknya kalau kadar kortisol tinggi adalah mempengaruhi penyimpanan lemak tubuh dan bisa mengakibatkan naiknya berat badan.

Memperkuat fungsi ingatan

Melukis mampu mempertajam pikiran melalui visualisasi dan implementasi konseptual. Hal inilah yang kemudian dapat memperkuat ingatan manusia. Orang-orang yang aktif berkegiatan kreatif seperti melukis, memiliki peluang lebih kecil untuk terserang penyakit demensia atau penurunan fungsi daya ingat seiring bertambahnya usia.

Meningkatkan kemampuan motorik

Saat melukis, kita menggunakan alat gambar seperti kuas dan pensil untuk membuat karya. Dari sini, kita akan menciptakan teknik sendiri untuk membuat gerakan-gerakan tangan yang efisien untuk membentuk sebuah gambar yang kita mau. Keterampilan motorik dapat diasah saat kita menggunakan alat gambar. Kegiatan tersebut bukan hanya melatih jari dan tangan yang terampil, tetapi juga untuk melatih sistem motorik halus.

manfaat melukis
Melukis bisa melatih sensor motorik halus. (Foto: Pixabay)

Penyaluran emosi positif

Saat kita mencurahkan emosi melalui karya seni, kita juga dapat mengungkapkan suasana hati yang beragam dan mungkin selama ini tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Melalui lukisan, kita bisa lebih bebas berekspresi sehingga emosi yang terpendam juga bisa lebih mudah dikeluarkan.

Membangkitkan rasa percaya diri

Lukisan yang kita buat biasanya juga akan dilihat banyak orang. Ada rasa lebih percaya diri ketika seseorang mengapresiasi karya yang kita buat. Sama halnya dengan menyelesaikan pekerjaan yang terlihat sulit. Menyelesaikan sebuah lukisan juga bisa menjadi pencapaian yang bisa membuat kita lebih percaya diri.

Nah, Sahabat Goodlife juga bisa memulai sendiri nih belajar melukisnya. Selain baik untuk menyalurkan hobi, melukis juga bagus untuk memetik manfaat kesehatannya.

Visited 5 times, 1 visit(s) today