Gak Kalah dengan Skin Care, ini 5 Racikan Minyak Alami untuk Perawatan Kulit Kering

minyak kulit alami

Masalah kulit kering bukan cuma perkara kurang baik dalam penampilan. Dari segi kesehatan, kulit kering ternyata juga berdampak buruk. Namun, banyak yang mengabaikan masalah ini karena menganggap sepele atau skin care yang tidak cocok dengan kulit.

Padahal kalau dibiarkan berlarut-larut, masalah kulit kering bisa mendatangkan berbagai masalah kesehatan, seperti:

  • Proses penuaan pada kulit yang lebih cepat.
  • Menurunnya perlindungan kulit yang mengakibatkan rentan terhadap zat alergi dan iritasi.
  • Meningkatkan risiko infeksi pada kulit.
  • Menjadi rapuh dan rentan terluka atau lecet.
  • Berisiko terjadi acne break-out atau munculnya jerawat secara mendadak.

Tapi jangan khawatir, mengatasi bagian-bagian kulit yang kering gak harus dengan skin care yang mahal kok. Kamu juga bisa membuat racikan minyak alami untuk perawatan kulit kamu sendiri. Caranya juga gak susah dan bahannya bisa kamu dapatkan juga dengan mudah, seperti berikut ini.

1. Minyak argan dan minyak zaitun untuk kulit wajah kering

Minyak argan mengandung vitamin E, asam lemak esensial, protein, omega 3 dan 6, serta alpha tocopherol yang melembabkan dan mengatasi tanda-tanda penuaan pada kulit. Sedangkan minyak zaitun kaya akan antioksidan dan berfungsi sebagai pelembab alami.

Cara membuat: Campur 1 sendok teh minyak argan dan 5 hingga 6 tetes minyak zaitun. Oles merata pada wajah, lalu pijat perlahan dengan gerakan memutar. 

Minyak zaitun bisa bermanfaat untuk menjaga kulit supaya tak kering. (Foto: Pexels)

2. Minyak kelapa dan shea butter untuk bibir kering

Paduan kedua bahan ini diyakini ampuh mengatasi kulit bibir kering dan pecah-pecah. Minyak kelapa mengandung asam lemak yang berguna untuk melembabkan kulit. Sedangkan shea butter kaya akan vitamin A, E dan F yang dibutuhkan kulit untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari.

Cara membuat: Campur 1 sendok makan minyak kelapa dan 1 sendok makan shea butter. Panaskan di atas api kecil, aduk rata dan dinginkan. Oleskan ke bibir 1 hingga 2 kali setiap hari hingga kulit bibir terasa lebih lembut dan kenyal.

Minyak kelapa yang bisa membantu melembabkan bibir kering. (Foto: Pexels)

3. Minyak jojoba dan minyak kelapa untuk telapak tangan kering

Telapak tangan yang kering bisa jadi karena sensitif terhadap suatu produk. Kandungan vitamin E dan B kompleks, serta mineral seperti seng dan selenium pada minyak jojoba cocok sekali untuk mengatasi kulit sensitif. 

Cara membuat: Campur 5 hingga 6 tetes minyak jojoba dan 1 sendok teh minyak kelapa. Oleskan pada telapak tangan 2 kali sehari. Lakukan selama beberapa hari dan lihat hasilnya.

Sering dijadikan bahan dasar kosmetik, minyak jojoba ampuh untuk melembabkan kulit yang kering. (Foto: Pexels)

4. Minyak peppermint dan petroleum jelly untuk siku dan tumit kering

Siku dan tumit kering kadang menimbulkan rasa gatal dan iritasi. Atasi dengan minyak peppermint yang bermanfaat untuk menghidrasi kulit dan meredakan gatal dan dengan petroleum jelly yang berfungsi untuk memberi kelembaban. 

Cara membuat: Campur 1 sendok teh petroleum jelly dengan 5 hingga 6 tetes minyak peppermint. Gosok perlahan pada bagian yang kering dan gatal. Cara sederhana ini aman dilakukan setiap hari.

Peppermint oil bisa mencegah gatal akibat iritasi kulit. (Foto: Pexels)

5. Minyak almond dan minyak rosehip seed untuk kulit tubuh kering

Minyak rosehip seed kaya akan vitamin dan antioksidan, seperti vitamin C dan E, serta vitamin A yang menstimulasi pertumbuhan sel-sel kulit baru dan melembabkan kulit. Sedangkan minyak almond kaya akan omega 3 dan bersifat hypoallergenic sehingga aman untuk digunakan di kulit sensitif, bahkan diyakini bisa mengobati eczema (eksim) dan psoriasis (kondisi kulit kering yang menyebabkan gatal dan mengelupas) .

Cara membuat: Gunakan campuran ½ sendok teh minyak almond dan 5 hingga 6 tetes minyak rosehip seed dan dioles langsung pada bagian kulit tubuh yang kering.

Rosehip oil dari rosehip seed bisa menstimulasi regenerasi sel kulit agar tampak cerah. (Foto: Pexels)

Nah, jadi Sahabat Goodlife mulai sekarang bisa meracik sendiri nih minyak alami untuk melembabkan kulit agar tetap sehat.

Visited 2 times, 1 visit(s) today