Ini Jenis Pekerjaan yang Termasuk “Green Jobs”

kerja 4 hari

Bagi yang ingin melamar pekerjaan namun tidak sekadar bekerja, jenis pekerjaan yang termasuk green jobs mungkin bisa jadi opsi. Tak sekadar mengejar profit, jenis pekerjaan ini berkaitan dengan kontribusi terhadap lingkungan.

Istilah green jobsmungkin masih terdengar asing di telinga kita, namun sebenarnya kita pasti pernah mendengar pekerjaan yang sebetulnya termasuk green jobs.

Apa Itu Green Jobs?

Green jobsadalah kategori pekerjaan yang berkontribusi dalam memelihara atau memulihkan lingkungan dari dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh suatu sektor, baik dalam sektor tradisional seperti manufaktur dan konstruksi atau sektor yang lebih modern seperti energi terbarukan dan efisiensi energi.

Green jobs berperan dalam membantu:

  • Meningkatkan efisiensi energi dan bahan mentah
  • Membatasi emisi gas rumah kaca
  • Meminimalisir limbah dan polusi
  • Melindungi dan memulihkan ekosistem
  • Mendukung adaptasi dalam menghadapi perubahan iklim

Pekerjaan yang Termasuk Green Jobs

Beberapa pekerjaan berikut termasuk dalam kategori green jobs.

Insinyur energi terbarukan

Misalnya seperti mendesain, mengembangkan, dan menjaga sistem energi terbarukan seperti solar panel, turbin angin, dan instalasi geothermal.

Konsultan lingkungan

Membantu mengenali dan memberikan solusi dari dampak lingkungan yang ditimbulkan dalam suatu kegiatan untuk mengurangi dampak negatifnya.

pola makan sibuk kerja
Green jobs kini jadi lapangan kerja yang banyak diminati (Foto: Pexels)

Insinyur lingkungan

Mendesain, membangun, dan merawat infrastruktur ramah lingkungan seperti sistem air limbah dan program daur ulang.

Ahli ekologi

Mempelajari kaitan antara makhluk hidup dengan lingkungan serta membantu menyusun program pengelolaan dan pemulihan habitat.

Petani organik

Menumbuhkan tanaman organik tanpa penggunaan pestisida serta bahan kimia lainnya yang mampu merusak lingkungan.

Insinyur transportasi ramah lingkungan

mendesain dan membangun sistem transportasi ramah lingkungan, contohnya kendaraan listrik dan infrastruktur pengisian daya.

Ahli energi

Melakukan riset dan pengembangan demi peningkatan efisiensi energi dan pengurangan emisi gas rumah kaca.

Konservator tanah

Memelihara tanah dan melakukan pencegahan erosi serta polusi tanah dan melakukan promosi praktik pertanian berkelanjutan yang lebih ramah lingkungan.

Ahli manajemen limbah

Mendesain dan mengeksekusi program pengolahan limbah secara ramah lingkungan, contohnya daur ulang dan pemulihan limbah.

Peneliti lingkungan

Melakukan riset penelitian terhadap dampak lingkungan serta memikirkan pemecahan masalah untuk mengurangi dampak tersebut.

Itulah green jobsyang menawarkan keuntungan bagi manusia dengan cara meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi, serta lingkungan dan iklim dengan cara mengurangi dampak negatif dari aktivitas manusia.