Jangan Asal Makan, ini Cara Sehat untuk Tambah Berat Badan

makan

Banyak orang ingin tampil dengan tubuh ideal, termasuk juga orang yang merasa tubuhnya terlalu kurus. Cara paling mudah memang dengan menambah porsi makan. Tapi ternyata bukan cuma itu karena asal menyantap makanan juga bisa berakibat buruk kalau makanan yang dikonsumsi tidak bernutrisi.

Bagi orang yang punya berat badan kurang atau tubuhnya terlalu kurus, menambah berat  badan bisa jadi pilihan untuk menjaga kesehatan. Sayangnya, menambah berat badan kadang dilakukan dengan cara yang tidak tepat, seperti makan sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan kandungan nutrisi makanan dan waktu makan yang tepat.

stress
Banyak orang ingin tambah berat badan karena merasa dirinya terlalu kurus (Foto: pexels)
Sponsored Links

Kenapa Berat Badan Perlu Ditambah?

Kurus atau berat badan dibawah rata-rata (underweight) sebetulnya juga tidak baik untuk kesehatan. Penyebab underweight juga bermacam-macam, seperti faktor genetik, mengalami penyakit tertentu atau memang pola makan yang salah.

Beberapa faktor lain yang menyebabkan orang bisa mengalami underweight adalah:

  • Produksi hormon tiroid yang berlebihan
  • Metabolisme tinggi yang berakibat turunnya berat badan
  • Masalah kejiwaan atau gangguan mental
  • Penyakit yang menghilangkan nafsu makan

Memang kadang tidak mudah untuk begitu saja menaikkan berat badan. Namun kondisi underweight dalam waktu yang lama juga akan berisiko mendatangkan gangguan kesehatan, seperti:

  • Malnutrisi
  • Turunnya sistem imun
  • Gangguan kesuburan
  • Osteoporosis
  • Masalah pertumbuhan (pada anak dan remaja)
Kurang berat badan juga berdampak pada gangguan kesehatan seperti turunnya imun (Foto: Pexels)

Cara Sehat dan Aman Menaikkan Berat badan

Untuk menghindari dampak yang tidak baik bagi kesehatan, makanya kamu perlu menaikkan berat badan bila memang kamu mengalami underweight. Tapi ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan supaya berat badan kamu bisa bertambah dan kesehatan juga tetap terjaga.

Konsumsi makanan bernutrisi

Banyak yang keliru untuk menambah berat badan dengan makan sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan kandungan gizi. Untuk menambah berat badan, kamu juga harus tetap menjauhi makanan tinggi kalori seperti fast food, makanan berlemak dan minuman dengan kadar gula tinggi.

Pilih makanan dengan nutrisi yang baik dan makan dengan pola gizi seimbang. Menaikkan berat badan dengan asal makan sebanyak-banyaknya hanya akan membawa kamu pada masalah baru yaitu risiko obesitas dan berbagai macam penyakit kronis akibat penumpukan lemak di tubuh.

Kurangi porsi makan, tambah jadwal makan

Makan sebanyak-banyaknya untuk menaikkan berat badan justru bisa berdampak buruk buat kesehatan. Daripada kamu makan banyak dengan jadwal 2 atau 3 kali makan besar sehari, lebih baik kamu mengurangi porsi makan tapi menambah jadwal makan.

Sederhananya, makanlah sedikit tapi lebih sering. Misalnya, kamu bisa jadwalkan second breakfast sekitar jam 10:00 atau second lunch pada jam 15:00. Tapi ingat, porsi yang kamu makan juga harus diatur dan makanan yang kamu konsumsi juga harus makanan yang sehat.

Tambah jadwal makan dengan porsi makanan sehat (Foto: Xframe)

Camilan sehat

Kamu boleh saja ngemil asalkan memilih camilan yang sehat dan bukan gorengan. Kamu bisa konsumsi cokelat hitam, yoghurt, buah-buahan segar, roti gandum atau oatmeal yang kaya serat dan protein.

Banyak ngemil gorengan dan makanan tidak sehat lainnya hanya akan membuat kamu kelebihan kalori dan meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Ikan Salmon
Makanan padat kalori dan lemak baik (Foto: Pexels)

Makanan padat kalori

Jangan asal menambah kalori saja. Sebaiknya kamu juga memilih makanan yang memang padat kalori dan kaya dengan lemak tak jenuh dan protein, seperti ikan salmon, daging merah, ayam, kacang-kacangan, kentang dan nasi merah. Dalam sehari setidaknya kamu perlu menambah sekitar 300 sampai 500 kalori.

Rutin olahraga

Olahraga biasanya hal yang sering dilewatkan kalau ingin menaikkan berat badan karena olahraga dinilai justru bisa bikin orang tambah kurus. Ini keliru! Justru dengan olahraga yang tepat, seperti menambah kekuatan otot akan berpengaruh untuk menaikkan berat badan.

Berat badan yang bertambah bukan karena pertambahan lemak saja, tapi juga bisa karena massa otot yang bertambah besar. Itu sebabnya kamu juga disarankan untuk konsumsi makanan tinggi protein sebagai asupan nutrisi untuk pertumbuhan dan pembentukan otot

Menaikkan berat badan untuk mencapai berat yang ideal memang baik dilakukan. Sayangnya banyak yang masih salah dalam melakukan cara menaikkan bobot. Bukanya mencapai berat badan ideal tapi justru risiko kelebihan berat badan yang didapat.

Itu sebabnya kamu perlu tahu cara yang benar untuk menaikkan berat badan agar kesehatan tetap terjaga.

Visited 1 times, 1 visit(s) today