Jangan Lakukan Hal ini Saat Olahraga di Gym

olaharaga

Gym merupakan tempat yang ideal bagi banyak orang untuk berolahraga dan meningkatkan kesehatan secara fisik. Namun, seperti halnya tempat lainnya, ada beberapa aturan yang perlu diikuti dan etika yang harus dijaga saat berada di gym.

Gym adalah tempat untuk melakuka olahraga bersama-sama. Itu sebabnya demi kenyamanan dan keselamatan bersama, kamu tidak bisa seenaknya saja menggunakan atau melakukan aktivitas di gym. Beberapa hal berikut ini adalah contohnya:

Mengabaikan peralatan yang sudah kamu gunakan

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan di gym adalah tidak merapihkan atau mengembalikan peralatan yang telah kamu gunakan. Setelah selesai menggunakan alat-alat seperti treadmill, barbel, atau mesin lainnya, penting untuk menjaganya seperti kondisi semula. Misalnya: mengembalikan barbel pada tempatnya, tidak meninggalkan handuk di treadmill atau mengelap bekas keringat kamu di alat sit-up.

Hal ini selain untuk menjaga kenyamanan orang lain juga membantu mencegah penyebaran kuman dan menjaga kebersihan di lingkungan gym.

malas olahraga
Selesai memakai alat, kembalikan ke tempatnya semula (Foto: Pexels)

Mengganggu orang lain yang sedang berlatih

Ketika berada di gym, perhatikanlah lingkungan sekitar dan hargailah privasi orang lain yang sedang berlatih. Jangan mengganggu atau mendekati seseorang saat mereka sedang fokus melakukan latihan atau sedang menggunakan alat. Jika ingin bertanya atau berbicara dengan seseorang, pastikan untuk melakukannya dengan sopan dan memilih waktu yang tepat, misalnya ketika mereka sedang beristirahat di antara set latihan mereka.

Mengabaikan aturan keselamatan

Setiap gym memiliki peraturan keselamatan yang harus diikuti oleh setiap pengunjungnya. Misalnya, mengenakan sepatu olahraga yang sesuai, mengikat rambut panjang agar tidak mengganggu latihan, atau menggunakan alat bantu seperti sabuk pinggang saat mengangkat beban berat. Penting bagi kamu untuk mematuhi aturan-aturan ini demi keamanan diri sendiri dan orang lain di sekitarmu.

Menggunakan peralatan tanpa mengetahui cara penggunaannya

Sebelum menggunakan alat-alat atau mesin-mesin di gym, pastikan kamu memahami cara penggunaannya dengan benar. Jika tidak yakin, tanyakan kepada instruktur atau staf gym untuk mendapatkan bantuan. Menggunakan peralatan secara salah dapat menyebabkan cedera atau merusak peralatan itu sendiri.

olahraga trx
Ketahui cara gunakan peralatan sebelum memakainya (Foto: Pexels)

Menggunakan ponsel dengan tidak pantas

Ponsel bisa menjadi alat yang berguna di gym, tetapi gunakanlah dengan bijaksana. Hindarilah menggunakan ponsel untuk mengobrol atau menelepon secara berlebihan di area yang ramai, terutama jika itu mengganggu orang lain. Selain itu, hindari penggunaan ponsel untuk mengambil foto atau merekam video orang lain tanpa izin. Hormati privasi dan batasan pribadi orang lain.

Berbicara terlalu keras atau mengganggu suasana

Ketika sedang berada di gym, penting untuk menjaga tingkat kebisingan agar tidak mengganggu orang lain yang sedang berlatih atau mencoba fokus. Hindari berbicara terlalu keras atau berisik, terutama di sekitar area latihan. Gunakanlah volume suara yang wajar dan hormati lingkungan gym sebagai tempat yang tenang untuk berlatih.

Jaga etika di gym adalah tanggung jawab kita sebagai pengunjung. Dengan mengikuti aturan-aturan yang ada dan menghormati orang lain, kita dapat menciptakan lingkungan yang nyaman, aman, dan menyenangkan untuk berolahraga. Selamat berlatih!

Visited 15 times, 1 visit(s) today