Konsumsi Secukupnya, Red Wine Ternyata Punya Segudang Manfaat Buat Kecantikan

minum alkohol

Ada banyak cara alami untuk mempercantik dan menyehatkan kulit wajah, salah satunya adalah dengan konsumsi anggur merah atau red wine. Dalam porsi yang cukup, ternyata red wine punya khasiat ampuh untuk menyehatkan kulit.

Wine sendiri khususnya red wine sudah menjadi minuman sejak lama, yaitu pada tahun 7.000 SM. Saat itu proses pembuatannya masih sangat tradisional dan membutuhkan waktu yang dan proses yang panjang.

Sejarah mencatat bahwa red wine juga sudah diperdagangkan secara masif di tahun 1.600-an SM oleh bangsa Yahudi dan Yunani ke banyak bagian di Timur Tengah dan Eropa. Hingga kini, red wine masih menjadi salah satu minuman yang difavoritkan banyak orang terutama sebagai pairing untuk makanan tertentu.

Tradisi minum anggur sudah dikenal sejak lama (Foto: Pexels)

Wine sekarang ini juga memiliki komunitas penggemarnya sendiri. Namun ternyata penggemar wine khususnya red wine bukan sekadar menyukainya karena rasa saja, tapi juga karena manfaatnya buat kesehatan khususnya kesehatan kulit atau kecantikan.

Dalam takaran 100 gram, anggur merah sendiri memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • 18.1 gram karbohidrat
  • 15.48 gram gula
  • 0.72 gram protein
  • 10.8 miligram vitamin C
  • 10 miligram kalsium

Selain itu, anggur merah juga memiliki kandungan senyawa antioksidan yang bisa meredam pertumbuhan sel tak normal yang bisa mengakibatkan kanker.

Minuman red wine sendiri dibuat dari anggur dan diketahui memiliki kadar antioksidan yang tinggi berkat beberapa senyawa seperti resveratrol, catechin, epicatechin dan proanthocyanidins.

Namun perlu kamu ketahui juga bahwa red wine sebaiknya diminum dalam porsi yang wajar untuk mendapatkan manfaatnya. Bila diminum berlebihan, kamu justru mendapatkan dampak buruknya, bukan manfaatnya buat kesehatan.

Untuk pria dewasa, batas takaran minum red wine adalah 2 gelas atau 300 mililiter per hari. Sedangkan untuk wanita dewasa adalah 1 gelas per hari atau 150 mililiter. Lebih dari itu, kamu mungkin bisa terkena gejala negatif karena kandungan alkoholnya.

Untuk beberapa orang dengan kondisi tertentu, minum red wine juga sebaiknya tidak terlalu banyak dan bisa dikonsultasikan dulu dengan dokter yang berwenang

Jangan minum red wine secara berlebihan (Foto: Pexels)
Sponsored Links

Manfaat Red Wine untuk Kesehatan Kulit

Berikut ini adalah beberapa manfaat minum red wine untuk kesehatan asalkan dengan batasan yang masih wajar untuk dewasa.

Sebagai antiaging

Red wine mengandung senyawa flavonoid, resveratrol dan tanin yang semuanya memiliki sifat antioksidan. Sifat inilah yang kemudian bisa menahan gejala penuaan dini dengan membantu produksi kolagen dan serat elastis pada kulit. Rutin konsumsi red wine berarti akan membantu kulit untuk lebih elastis, halus dan kenyal.

Mengurangi jerawat

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah red wine bisa berfungsi untuk mengurangi jerawat dan ini adalah hal yang sangat berbeda dengan obat jerawat. Red wine sama sekali bukan merupakan obat jerawat dan tidak bisa menyembuhkan jerawat secara total.

Proses pembuatan red wine yang difermentasi selama beberapa waktu membuat minuman ini memiliki sifat anti inflamasi dan antiseptik yang efektif untuk melawan tumbuhnya jerawat. Uniknya, perawatan untuk meredakan jerawat ini tak hanya dengan cara minum red wine, tapi kamu juga bisa mengusap wajah dengan kapas yang dibasahi dengan red wine. Tapi pastikan bahwa kulit kamu tidak sensitif sehingga tidak terjadi gangguan lainnya pada kulit.

Caranya, oleskan red wine sebelum tidur dan biarkan meresap sekitar 10 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan pembersih wajah yang lembut.

Mengangkat sel kulit mati

Red wine juga diketahui ampuh dalam mengangkat sel kulit mati. Pasalnya, red wine memiliki kandungan polifenol yang bisa mengangkat sel mati pada kulit yang membuat kulit tampak kusam. 

Caranya sederhana, kamu bisa mengoleskan atau menyemprot (spray) kulit wajah dengan red wine dan kemudian lakukan pijatan lembut serta diamkan hingga 10 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan sabun wajah. Lakukan rutin sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

Selain dikenal sebagai salah satu minuman favorit, red wine juga bisa kamu konsumsi sebagai salah satu langkah untuk menjaga kesehatan kulit dan kecantikan. Namun karena red wine mengandung alkohol, maka takaran konsumsinya juga harus kamu perhatikan agar tidak berlebihan. Konsumsi alkohol yang berlebih justru akan membahayakan kesehatan kamu.

Visited 6 times, 1 visit(s) today