Ini Khasiat Apel dan 5 Aneka Dessert dari Apel

apel

Sudah gak diragukan lagi khasiat apel bagi kesehatan kita. Bahkan ada ungkapan ‘an apple a day keeps the doctor away.’ Artinya rutin menyantap apel bisa membuat tubuhmu lebih sehat dan jarang sakit.

Apel terkenal kaya akan antioksidan, flavonoid, serat, air, vitamin, dan mineral. Dengan kandungan tersebut apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Antara lain:

1.       Menjaga Kesehatan Jantung

Senyawa polifenol dan serat dalam apel bisa melindungi pembuluh darah dan jantung dari kerusakan. Kandungan flavonoid dan serat yang tinggi pada apel juga bisa mengontrol kolesterol baik dalam darah.

2.      Mencegah Kerusakan Sel Tubuh

Polusi udara dan sisa-sisa metabolisme tubuh merupakan sumber radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh dan meningkatkan risiko penyakit kronis. Antioksidan yang tinggi pada apel bisa membantu menangkal radikal bebas sehingga bisa mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh.

3.      Mengendalikan Kadar Gula Darah

Zat fitonutrien dalam apel merangsang sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin sehingga bisa membantu mencegah lonjakan gula darah. Fitonutrien juga menghambat enzim pencernaan yang memecah karbohidrat menjadi gula sederhana dan mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah. 

4.      Menjaga Berat Badan

Pektin adalah jenis serat larut air yang terdapat dalam buah apel. Pektin akan memperlambat pencernaan makanan sehingga memberi efek kenyang lebih lama. Hal itu bisa membantu kamu untuk tidak makan terlalu banyak.

5.      Memeliharakan Kesehatan Usus

Selain memberi rasa kenyang lebih lama, pektin juga membantu membuang racun dalam usus dan mengurangi peradangan sehingga membuat usus lebih sehat. Saluran cerna pun akan terjaga kesehatannya.

6.      Mengatasi Bau Mulut

Mengunyah apel merangsang produksi saliva atau air liur yang penting untuk membersihkan, menutrisi, dan menyeimbangkan pertumbuhan bakteri dalam mulut. Hasilnya, bau mulut akan hilang.

Melihat banyak manfaat apel bagi kesehatan, berarti istilah ‘an apple a day keeps the doctor away’ benar adanya. Selain enak dan segar dimakan secara langsung, apel juga bisa diolah ke dalam berbagai dessert yang lezat dan sehat. Beberapa di antaranya mungkin bisa kamu coba buat sendiri di rumah.

Sponsored Links

Aneka Dessert Yang Menggunakan Apel

1. Apple Strudel

apple strudel

Apple strudel adalah hidangan tradisional khas Austria. Namun belakangan, apple strudel juga populer sebagai salah satu oleh-oleh kekinian Kota Malang, Jawa Timur. Untuk membuat apple strudel diperlukan puff pastry yang saat ini sudah banyak dijual instan.

Isi puff pastry dengan potongan apel yang sudah dimasak dengan cara direbus dan ditambahkan dengan gula, kayu manis bubuk, dan sejumput garam. Panggan 20-25 menit dengan suhu 180 derajat celcius.

2. Waffle Topping Apple

Waffle biasanya disantap dengan disiram caramel atau saus apel di atasnya. Tapi kamu bisa mencobanya dengan topping potongan apel yang sudah direbus dengan tambahan bubuk kayu manis dan gula.

3. Roti Goreng Apel

Cemilan yang digoreng biasanya lebih menggugah selera. Salah satunya kamu bisa membuat roti goreng dengan isian potongan buah apel.

Jika selama ini roti banyak diisi dengan coklat, keju, atau selai buah, kamu harus mencoba roti goreng isi apel. 

Untuk membuatnya, Sahabat Goodlife harus siapkan adonan roti kemudian isi dengan potongan apel yang sudah dimasak dengan cara direbus bersama bubuk kayu manis dan gula. Lalu goreng hingga kecoklatan. Agar aromanya semakin menggoda, kamu bisa menambahkan bubuk kayu manis sebagai taburan.

4. Apel Goreng

apel goreng wijen
Foto: fp.resepmasakan.id

Gak cuma pisang yang bisa digoreng, apel pun bisa digoreng. Siapkan apel yang sudah dicuci bersih lalu diiris setebal 1-2 cm. Siapkan tepung yang sudah dilarutkan dengan air dan gula, serta sedikit garam. Goreng irisan apel hingga berwarna keemasan. 

5. Fried Apple Pie

fried apple pie
Foto: Instagram@fridajoincoffee

Fried apple pie termasuk snack kekinian. Apalagi salah satu makanan cepat saji pernah menjualnya. Untuk membuat fried apple pie dibutuhkan adonan kulit, yang kini juga sudah banyak dijual instan.

Untuk isinya, potong dadu apel kemudian rebus dan tambahkan bubuk kayu manis dan gula. Jika isian sudah matang, tunggu hingga dingin lalu isikan ke dalam kulit. Lalu goreng hingga berwarna kecoklatan. 

Ternyata gak hanya enak dimakan langsung, apel juga bisa dinikmati dengan cara lain yaitu dibuat aneka dessert yang enak.  

Visited 39 times, 1 visit(s) today