Masih Dianggap Mematikan, Kenali Sejak Dini Gejala Kanker Payudara

kanker payudara

Tahukah Sahabat Goodlife kalau kanker sampai saat ini masih dianggap sebagai penyakit paling mematikan di dunia? Begitu bahayanya kanker hingga dunia pun menentukan World Cancer Day atau Hari Kanker Sedunia yang diperingati setiap 4 Februari sebagai wujud perhatian serius terhadap penyakit ini. Ada banyak jenis kanker yang mengancam kesehatan manusia, dan salah satunya adalah kanker payudara. 

Banyak dari Sahabat Goodlife yang saat ini mungkin sudah sering dengar tentang kanker payudara. Namun masih banyak juga yang sampai sekarang masih belum paham betul apa itu kanker payudara dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Kurangnya pemahaman dan anggapan yang salah tentang kanker payudara juga membuat banyak orang salah mengidentifikasi gejala penyakit berbahaya ini sejak dini. 

Dalam ilmu medis, kanker payudara bisa dijelaskan sebagai suatu kondisi di mana ada sel kanker yang terbentuk di saluran yang membawa air susu dari kelenjar ke puting payudara. Kanker ini juga bisa terbentuk di jaringan lemak atau jaringan ikat dalam payudara. 

Kanker payudara sendiri sampai saat ini masih dianggap sebagai penyakit yang mematikan. Menurut data yang dirilis Globocan (Global Burden of Cancer Study) pada 2018 menyatakan bahwa kanker payudara telah menyerang 58.256 perempuan Indonesia. Globocan juga menyatakan bahwa kanker payudara termasuk salah satu dari 3 jenis kanker yang paling sering diderita di dunia. Padahal kanker payudara, menurut laporan Globocan juga bisa dideteksi sejak dini dan dicegah. 

Bahayanya lagi, bertumbuhnya sel kanker pada payudara sampai saat ini masih belum diketahui penyebabnya. Namun beberapa faktor berikut ini bisa menyebabkan seseorang rentan terkena kanker payudara, yaitu: menstruasi pada usia terlalu muda atau terlalu tua, dan ada anggota keluarga yang juga menderita kanker payudara. 

Gejala Kanker Payudara 

Biasanya kanker payudara cukup sulit terdeteksi gejalanya di masa awal akibat ukurannya yang masih terlalu kecil. Tapi, gejala-gejala berikut ini juga bisa menjadi penanda adanya kanker payudara dalam tubuh kita: 

Benjolan pada payudara 

Gejala yang paling umum dan mudah diketahui adalah adanya benjolan pada payudara dan gak terasa sakit saat disentuh atau ditekan. Tapi perlu Sahabat Goodlife ketahui, bahwa gak semua benjolan di sekitar payudara itu berarti kanker payudara ya.

Benjolan pada ketiak 

Waspadai juga bila ada benjolan di bawah ketiak. Perlu diketahui kalau jaringan payudara ini meluas hingga ke bawah ketiak dan itulah sebabnya kenapa kanker ini bisa menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak. 

Perubahan warna kulit payudara 

Biasanya kulit payudara akan berubah menjadi kemerahan seperti iritasi. Tekstur kulit juga berubah menjadi seperti kulit jeruk dan terjadi penebalan kulit di payudara. 

Perubahan pada puting 

Perubahan yang terjadi biasanya adalah puting susu yang mengeras, rasa nyeri pada puting, puting yang tertarik ke dalam dan kadang disertai dengan keluarnya cairan dari puting.

Bisakah Kanker Payudara Menyerang Pria? 

Umumnya, kanker payudara memang menyerang wanita. Tapi ternyata gak tertutup kemungkinan kalau penyakit ini juga bisa menyerang pria. Gejala-gejalanya pun mirip dengan kanker payudara pada wanita, yaitu: 

  • Munculnya benjolan di payudara. 
  • Puting payudara tertarik ke dalam. 
  • Ada cairan dari puting. 
  • Puting yang mengeras atau membengkak dan kadang disertai perubahan warna puting menjadi kemerahan. 
  • Muncul luka di sekitar puting.

Sahabat Goodlife perlu tahu nih, kalau payudara pria memang berbeda dengan payudara wanita, namun jaringan yang ada di dalamnya tetap sama. Itu sebabnya kaum pria juga perlu waspada, karena berisiko terkena kanker payudara juga.

Pria penderita kanker payudara memang lebih sedikit jumlahnya, yaitu hanya 1% saja dan itu pun biasanya yang terkena adalah pria berusia lanjut, yaitu usia 60 hingga 70-an. 

Mencegah Kanker Payudara 

Peregangan

Mencegah lebih baik dari mengobati. Nah, sebelum terlambat ada baiknya Sahabat Goodlife melakukan tindakan pencegahan terhadap kanker payudara. Mulailah untuk mengatur pola makan menjadi lebih sehat, hindari minum alkohol dan rutin berolahraga. 

Buat Sahabat Goodlife yang punya risiko terserang kanker payudara, sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan mandiri atau pemeriksaan oleh tenaga medis. Jadi bisa mendeteksi gejalanya sedini mungkin. 

Nah, kalau Sahabat Goodlife ingin tahu lebih banyak soal kanker payudara, bisa bergabung pada sesi IG Live Talk yang kali ini akan membahas topik “Kenali Ciri-Ciri Kanker Payudara” bersama dr. Dewa Gede Subawa, Spb(K)Onk, Spesialis Bedah Onkologi Rumah Sakit St. Carolus Jakarta. Bincang-bincang ini bisa Sahabat Goodlife saksikan di akun Instagram @_goodlifeid_, @rscarolusjakarta dan YouTube Rumah Sakit St. Carolus Jakarta pada Kamis, 4 Februari 2021 pukul 15:00 sampai 16:00 secara live

IG Live Talks 4 Feb 2021
Kenali Ciri-ciri Kanker Payudara (Foto: Instagram@_goodlifeid_)

Yuk, mulai hidup sehat dan kenali kanker payudara sejak dini.