Masuki Musim Pancaroba, ini Makanan yang Sebaiknya Kamu Konsumsi Biar Tetap Sehat

Sarapan pagi bersama keluarga

Musim pancaroba terkenal sebagai musimnya di mana orang menjadi mudah jatuh sakit. Untuk menjaga imun tubuh tetap tinggi, berikut makanan-makanan yang bagus untuk hadapi musim pancaroba.

Musim pancaroba adalah musim peralihan dari musim panas ke musim hujan, atau sebaliknya. Pada pergantian musim ini, suhu menjadi ekstrem dan cuaca tak menentu. 

Respon tubuh pun dituntut untuk cepat beradaptasi. Sering kali hal ini justru menurunkan imun tubuh dan membuat orang menjadi mudah terserang penyakit.

Perubahan cuaca dan suhu udara di musim pancaroba juga membuat udara menjadi lebih lembab sehingga meningkatkan risiko perkembangan virus dan bakteri.

Sponsored Links

Makanan yang Bagus Untuk Hadapi Musim Pancaroba

Meski musim pancaroba terkenal membuat kita mudah terserang penyakit, bukan berarti kita harus pasrah dan menerimanya begitu saja. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, salah satunya lewat makanan.

Dalam banyak riset, ada tiga kelompok pangan yang berdampak menjaga daya tahan tubuh, yaitu, asam lemak omega-3, mikronutrien (vitamin A, C, E, dan selenium), dan probiotik.

Nah, berikut ini makanan yang mengandung asam lemak omega-3, vitamin, dan probiotik, yang bagus untuk hadapi musim pancaroba.

Brokoli

Brokoli kaya akan nutrisi seperti vitamin C, E, dan A, serat, dan antioksidan. Hal itu membuat brokoli sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Kamu bisa memasak brokoli dengan cara direbus atau dikukus dalam waktu singkat agar kandungan nutrisinya tetap terjaga.

Brokoli bagus untuk menjaga imun tubuh (Foto: pexels)

Jeruk

Buah jeruk terkenal kaya akan vitamin C yang tinggi, yang bersifat sebagai antioksidan sehingga bisa membantu tubuh melawan penyakit dengan cara meningkatkan sistem imun.

Pastikan untuk mengonsumsi satu buah jeruk, jenis apa saja, setiap hari untuk mendapatkan asupan vitamin C.

Kacang almond

Semua jenis kacang-kacangan sebenarnya sangat baik dijadikan sebagai camilan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun kacang almond memiliki kandungan vitamin E, kaya akan lemak sehat dan antioksidan tinggi, dibanding jenis kacang lainnya.

Makan segenggam kacang almond panggang sebagai camilan untuk menjaga daya tahan tubuhmu.

Bayam

Bayam mengandung antioksidan, vitamin C, dan beta karoten yang tinggi sehingga yang bisa membantu tubuh memerangi berbagai penyakit. Selain disayur, kamu juga bisa mengonsumsi bayam mentah untuk dibuat jus.

Seafood

Seafood seperti kerang, kepiting, lobster, cumi-cumi, dan ikan berlemak seperti tuna, salmon, mackerel, dan sarden merupakan sumber protein dan zinc yang tinggi. Kedua zat itu berperan penting dalam pembentukan sistem imun tubuh.

Selain itu, kandungan lemak omega-3, EPA, dan DHA pada ikan berlemak juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Yogurt

Yogurt adalah minuman probiotik, yang sangat baik dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Mengonsumi yogurt bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri baik pada usus. Hal itu bisa berdampak pada daya tahan tubuh menjadi kuat.

Chia seed

Chia seed berasal dari tumbuhan bernama Salvia hispanica L. Chia seed terkenal kaya akan asam lemak omega-3 dan serat, yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan usus. Dengan saluran cerna yang sehat, imun tubuh pun bisa terjaga.

Kamu bisa mencampur chia seed ke dalam berbagai makanan seperti ke dalam segelas smoothies, semangkuk sereal, atau puding.

Jahe 

Jahe adalah bahan alami untuk mengatasi gejala flu, demam, dan sakit tenggorokan. Hal itu karena jahe memiliki sifat antivirus, antiinflamasi, dan antioksidan, yang mampu membantu menjaga daya tahan tubuh.

Tambahkan irisan jahe ke dalam secangkir teh hangat. Agar lebih segar, kamu juga bisa menambahkan irisan lemon dan madu.

Jahe punya kandungan anti inflamasi yang bisa melawan virus secara alami (Foto: Pexels)

Blueberry

Warna ungu pada buah blueberry karena kandungan anthocyanin, senyawa alami yang sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, blueberry juga mengandung zat katekin dan vitamin C, yang bersifat sebagai antioksidan untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit.

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung selenium, vitamin E, magnesium, dan vitamin B6, nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan daya tahan. Mengonsumsi biji bunga matahari bisa menurunkan risiko tubuh dari infeksi virus dan peradangan.

Selain menjaga imun tubuh lewat makanan, kamu juga sebaiknya menjaga pola hidup sehat seperti cukup minum air putih, cukup istirahat, dan aktif bergerak. Dengan begitu, tubuhmu lebih sap menghadapi musim pancaroba.

Visited 54 times, 1 visit(s) today