Moms, ini Manfaat Bengkuang untuk Ibu Hamil

sayur buah

Salah satu buah-buahan segar yang jadi favorit banyak orang adalah bengkuang. Selain rasanya yang menyegarkan, bengkuan juga kaya manfaat kesehatan, terutama untuk ibu hamil. Apa saja?

Penikmat rujak, terutama rujak buah pasti sudah tidak asing lagi dengan bengkuang (Pachyrhizus erosus) yang hampir tidak pernah absen dari salah satu komponen rujak buah. Umbi-umbian yang asalnya dari Meksiko dan Amerika Tengah bagian utara ini memiliki tekstur seperti buah pir & berair dengan rasa manis, membuatnya memiliki sensasi segar ketika dikonsumsi.

Sponsored Links

Kandungan Nutrisi Bengkuang yang Melimpah

Bengkuang memiliki berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh manusia, yaitu karbohidrat, protein, serat, vitamin C, folat, zat besi, magnesium, kalium, dan mangan. Disamping nutrisi yang telah disebutkan tadi, bengkuang juga mengandung vitamin E, tiamin, riboflavin, vitamin B6, asam pantotenat, kalsium, fosfor, seng dan tembaga dalam jumah yang lebih sedikit.

Dalam 100 gram bengkuang terdapat:

  • 20 miligram vitamin C
  • 0.7 gram protein
  • 8.8 gram karbohidrat
  • 12 gram kalsium
  • 12 gram magnesium

Berkat kandungan nutrisinya ini, bengkuang juga sering diandalkan sebagai pendukung nutrisi untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa manfaatnya:

Mencegah sembelit

Ibu hamil, terutama pada trimester ke-3 seringkali mengalami madalah sembelit yang disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh ketika mengandung.

Bengkuang dapat membantu mengurangi sembelit, karena dalam 130 gram bengkuang terdapat 6,4 gram serat. Selain itu, bengkuang juga mengandung serat probiotik yang disebut inulin yang  dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus dan melancarkan BAB.

Bengkuang punya banyak manfaat untuk ibu hamil (Foto: Pexels)

Meredakan rasa pegal dan mual

Bengkuang mengandung kalium, yang bila dikonsumsi secara cukup dapat mengurangi rasa mual. Selain itu, berdasarkan ahli gizi dari German Nutrition Society, kalium dapat membantu mengurangi ketegangan pada otot dan melemaskannya, sehingga mengurangi rasa pegal-pegal. Untuk ibu hamil, kandungan kalium yang diperlukan per harinya adalah 400 miligram.

Sumber nutrisi bagi tumbuh kembang janin

Kalsium yang dikandung dalam bengkuang dapat membantu tumbuh kembang tulang pada janin serta memperkuatnya. Lalu, fosfor dapat membantu kinerja dari kalsium dan membantu melancarkan metabolisme serta menyokong penyusunan DNA pada janin.

Selain itu, bengkuang juga mengandung folat yang sangat penting bagi pertumbuhan janin. Kekurangan folat dapat meningkatkan risiko bayi terlahir secara cacat dan bahkan kematian.

Dukungan nutrisi ekstra bagi ibu

Bengkuang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dibandingkan dengan kandungan nutrisi lainnya, yaitu sekitar 12,8 gram per 100 gram. Karbohidrat merupakan sumber energi yang penting bagi manusia, terutama ibu hamil yang kebutuhan akan energinya meningkat cukup drastis.

Kalium yang dikandung dalam bengkuang membantu agar peredaran darah menjadi lebih lancar dan membantu agar ibu hamil tidak lemas dan mengalami tekanan darah rendah.

Kebutuhan kalsium ibu hamil yang meningkat 200 gram daripada biasanya juga dapat dibantu dengan mengonsumsi bengkuang.

Jaga daya tahan tubuh

Dan yang tidak kalah penting, bengkuang juga mengandung vitamin C yang membantu menjaga daya tahan tubuh dengan meningkatkan sistem imunitas serta meningkatkan penyerapan zat besi yang sangat penting untuk ibu hamil agar tidak mudah jatuh sakit dikala mengandung si kecil.

Itulah manfaat bengkuang bagi ibu hamil. Namun jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan dengan jumlah yang seduai dan tidak berlebih, karena konsumsi makanan apapun yang berlebih malah dapat menjadi bumerang bagi kesehatan kita.

Visited 8 times, 1 visit(s) today