Tetap Cantik dan Bugar Selama Hamil, ini Tipsnya

Perubahan hormon selama kehamilan mungkin berdampak pada penampilan. Namun bukan berarti wanita hamil tidak bisa tampil menawan. Ini tips tetap terlihat cantik saat hamil.

Di masa kehamilan, terutama di trimester pertama, wanita hamil akan merasakan banyak perubahan terhadap fisik dan psikisnya. Semua itu adalah akibat hormon yang menyiapkan tubuh wanita hamil sebagai tempat paling aman bagi janin yang akan tumbuh.

Berbagai perubahan psikis yang dialami ibu hamil antara lain ketidakstabilan emosi atau mood swing. Yang tadinya tidak mudah menangis, selama hamil mungkin kamu bisa mudah menangisi hal-hal sepele.

Sementara itu, hormon juga menyebabkan banyak perubahan fisik pada wanita hamil, seperti:

  • Mudah cepat lelah
  • Mual dan mengalami perubahan nafsu makan
  • Indera penciuman yang lebih sensitif
  • Pada beberapa wanita, selama kehamilan wajah akan lebih banyak tumbuh jerawat
  • Penambahan berat badan
  • Kulit yang menjadi lebih gelap di area tertentu seperti leher.
Ada banyak hal yang menyebabkan perubahan saat masa kehamilan (Foto: Pexels)

Tips Terlihat Cantik dan Bugar Saat Hamil

Kehamilan dan memiliki bayi mungkin sangat dinanti-nantikan. Namun tak sedikit wanita yang khawatir menghadapi berbagai perubahan fisik selama kehamilan. Banyak wanita merasa citra diri mereka menurun saat hamil. 

Nah, berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk terlihat tetap cantik dan bugar saat hamil.

Cukup minum dan makan bergizi

Selama kehamilan, organ cenderung menarik air dari sel-sel kulit saat darah semakin kental. Hal ini alasan kulit menjadi terlihat kering dan kusam serta menyebabkan kerutan yang membuat kamu terlihat lebih tua. Dengan cukup minum, kulit akan terlihat tetap sehat. 

Minum cukup air juga bisa membantu membersihkan tubuh dari racun.

Beberapa ibu hamil merasa mual saat minum air putih, kamu bisa menyiasatinya dengan minum sedikit demi sedikit atau mencampurkan irisan potongan buah segar pada air putih agar lebih segar.

Sementara itu, makan makanan bergizi, selain membantu perkembangan janin, juga bagus untuk mencegah kulit terlihat kusam.

Olahraga ringan

Jika kondisi kehamilan normal, sebaiknya tetaplah berolahraga ringan dan aktif bergerak. Kamu bisa pilih yoga, berjalan santai, atau berenang, namun tetap konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk mendapat panduan yang tepat.

Saat berolahraga dan aktif bergerak, peredaran darah ke seluruh tubuh semakin lancar dan membuat kamu terlihat jauh lebih segar.

Tidur yang cukup

Pastikan untuk cukup tidur agar kamu tidak mengalami kelelahan. Agar lebih nyaman, kamu bisa meletakkan bantal di antara kedua paha dan atur posisi tidur miring ke kiri atau ke kanan.

Dengan cukup tidur, tubuh akan terasa lebih bugar dan wajah pun akan lebih cerah.

Makan makanan bergizi selama masa kehamilan (Foto: Pexels)

Manjakan diri

Banyak perawatan di spa atau salon kecantikan yang bisa ibu hamil nikmati, misalnya meni, pedi, atau massage. Pijatan mengurangi ketegangan dan bisa menenangkan nyeri otot dan pinggang serta mampu meredakan stres.

Hindari menjalani perawatan yang menaikkan suhu tubuh seperti sauna atau jacuzzi.

Tetap pakai make up meski sederhana

Make up tipis dan sederhana bisa tetap kamu lakukan meski sedang hamil. Hanya saja, pilih produk make up yang aman dan tidak mengandung bahan kimia yang keras.

Beberapa bahan kimia yang harus dihindari selama kehamilan antara lain retinoid, asam salisilat, hidrokuinon, formaldehida, dan ftalat karena jika terserap oleh kulit, bisa mencapai janin dan berpotensi membahayakannya. 

Tetap lakukan perawatan kulit seperti membersihkan wajah, memakai moisturizer dan sunscreen. Jika kamu termasuk yang mengalami wajah berjerawat saat hamil, pastikan cuci muka yang bersih setiap pagi dan malam hari. Jika perlu, pakai sabun wajah dengan kandungan yang alami.

Perbaharui koleksi baju

Tampilkan tonjolan perutmu dengan menggunakan baju hamil yang seksi namun tetap nyaman. Misalnya menggunakan legging dengan atasan longgar atau dress yang menampilkan lekuk tubuh berisi.

Dengan memakai baju-baju hamil yang nyaman akan membuatmu percaya diri dan cahaya wanita hamil pun semakin terpancar.

Kelola stres

Mood swing bisa dialami oleh hampir semua ibu hamil. Kondisi ini semakin parah jika kamu sudah mengalami stress sebelumnya. 

Kamu bisa mengelola stres dengan melakukan hal yang menyenangkan misalnya traveling, meditasi, atau melakukan hobi yang disukai. 

Pastikan juga untuk meminta pasangan mendukungmu selama kehamilan. Perasaan  melalui proses kehamilan dengan dukungan pasangan juga bisa membantu meredakan stres dan mood swing.

Setiap wanita akan merespons kehamilan dengan caranya sendiri yang unik. Nikmati saja semua prosesnya dan pastikan untuk selalu tampil cantik dan bugar.