Pembelajaran Berharga dari Serial Anime, “Japan Sinks 2020”

Japan Sinks

“Don’t judge a book by its cover.” Walaupun terkesan menyeramkan, serial anime yang berjudul Japan Sinks 2020 ternyata mengandung pembelajaran hidup, yang bisa kita ambil jika diamati secara baik-baik. Untuk Sahabat Goodlife yang memiliki waktu luang dan ingin melihat tontonan yang membawa dampak inspiratif, serial anime ini bisa dijadikan pilihan. Sebelum atau sesudah menontonnya, kamu bisa membaca ulasan berikut.

Sponsored Links

Sekilas tentang Japan Sinks 2020

Sebelum diangkat menjadi serial anime di Netflix, Japan Sinks 2020 atau dalam bahasa Jepang disebut 「Nihon Chimbotsu (日本沈没)」merupakan sebuah novel bergenre bergenre sci-fi karya Sakyo Komatsu. Ia seorang penulis fiksi ilmiah pada tahun 1960-an dan 70-an. Novel yang digarap selama 9 tahun itu pun berhasil menerima penghargaan dari Mystery Writers of Japan dan Seiun Award setelah beberapa tahun perilisannya.

Selain itu, Japan Sinks juga pernah lebih dulu diadaptasi ke dalam serial TV dan manga. Dalam serial anime kali ini, Japan Sinks 2020 disutradarai oleh Masaaki Yuasa.

Pelajaran yang bisa diambil

Seperti judulnya, Japan Sinks menceritakan tenggelamnya negara Jepang yang diakibatkan oleh gempa bumi dan tsunami yang dahsyat. Semua karakter di dalam cerita harus berjuang agar mereka bisa bertahan, termasuk sang tokoh utama yaitu Ayumu Mutoh.

Ceritanya bermula dari Ayumu Mutoh yang menjalani aktivitas secara normal, sebagai seorang pelajar yang sedang melakukan olahraga di luar kelas. Saat kehidupan normal seketika berubah menjadi rentetan bencana, semuanya dimulai dari sini. Terdengar dentuman keras yang diikuti gempa bumi cukup besar. Akhirnya, semua orang berlarian untuk menyelamatkan diri.

Namun yang menarik, mereka bukan hanya menyelamatkan diri masing-masing, tetapi juga berusaha untuk membantu orang lain dan orang yang mereka sayangi. Oleh karenanya, berikut adalah beberapa poin untuk Sahabat Goodlife maknai dari tayangan ini.

Berjuang Tak Kenal Batas

Berpusat pada kisah keluarga yang harus berjuang di tengah bencana besar, kita bisa mencontoh perjuangannya nih, Sahabat Goodlife.

Semua karakter terus berjuang walaupun bahaya di depan mata itu nyata adanya. Mereka tidak terlalu memikirkan hasil apa yang didapat, namun baginya yang terpenting adalah mengusahakan semaksimal mungkin. Bahkan perjuangan tersebut dilakukan sampai menutup mata.

Kehangatan Keluarga

Orang-orang terdekat memang tak lain yaitu keluarga. Keluarga yang seperti diketahui, mereka sudah bersama sejak kita lahir ke dunia. Kehangatan yang tercipta dalam keluarga adalah salah satu aspek yang perlu disyukuri, karena masih banyak yang tidak seberuntung itu dan telah kehilangan keluarga yang disayanginya.

Buat kamu yang sudah bosan berada #DiRumahAja saat pandemi, mungkin sekarang saat yang tepat bagi kita dalam merasakan kehangatan keluarga. Pastikan bahwa kita telah mensyukuri apa yang dimiliki, sebelum kehilangan terjadi.

Memupuk Kepercayaan

Dalam situasi yang sulit, seringkali kita merasa kesulitan ketika memberikan kepercayaan. Berhati-hati dalam memutuskan memang benar, namun jangan sampai hal tersebut malah membuat kita menjadi egois. Ada kalanya kita perlu percaya dengan orang lain serta bekerja sama dengan mereka.

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan orang lain serta wajib tolong-menolong. Ini tergambar saat Ayumu akhirnya percaya kepada KITE, seorang Youtuber dengan banyak pengikut yang senantiasa menyampaikan informasi akurat untuk membantu sesama.

Pahlawan Kemanusiaan

Seberapa jauh kamu memahami arti pahlawan?

Ternyata, kita semua bisa menjadi seorang pahlawan, loh. Tidak harus menjadi pahlawan kemerdekaan, mengusir orang-orang jahat yang ada, atau bahkan untuk mendapatkan pengakuan. Cukup bertahan dalam kondisi apapun tanpa menyerah dengan keadaan, kita sudah menjadi pahlawan, setidaknya untuk diri sendiri.

Bisa dikatakan, semua karakter di Japan Sinks 2020 merupakan pahlawan kemanusiaan. Karena selain menyelamatkan diri masing-masing, mereka masih juga berniat melindungi sesama. Pada kondisi pandemi, seharusnya kita juga melakukan hal demikian. Melindungi diri dan sesama dengan menjaga protokol kesehatan, maka kita adalah “Pahlawan.”

Arti Sebuah Pencapaian

Hidup bukanlah kompetisi untuk bersaing siapa yang terhebat. Masing-masing individu dilahirkan dengan membawa cerita uniknya. Setiap orang juga memiliki waktunya sendiri dalam pencapaian, keberhasilan orang lain tidak bisa dibandingkan dengan diri kita. Terpenting adalah jadikan hal tersebut untuk semangat dan lepaskan jika itu sudah membebankan.

Dalam Japan Sinks 2020, setiap karakter memiliki pencapaiannya di waktu yang berbeda-beda. Kapan pun waktu itu terjadi, mereka tetap berbahagia dan tidak menganggap bahwa dirinya terlambat dalam mencapai.

Kekurangan Bukan Halangan dalam Meraih Impian

Halangan yang merintang dalam meraih mimpi memang pasti terjadi. Layaknya sebuah cerita dalam film yang selalu memiliki konflik di dalamnya.

Karakter-karakter di serial anime ini, memiliki halangan seperti kondisi fisik,  permasalahan yang mengganggu pikiran serta masih banyak lagi. Tetapi halangan-halangan itu bisa dilalui apabila diri kita mampu melawannya. Seperti Ayumu dan sang adik yang akhirnya dapat meraih impian, walaupun dengan kondisi tidak sempurna.

Official Trailer, Japan Sinks 2020

Buat Sahabat Goodlife yang penasaran, di bawah ini adalah cuplikan dari Japan Sinks 2020.

Japan Sinks: 2020 | Official Trailer | Netflix

Apa perasaan kamu saat menontonnya?

Sahabat Goodlife bisa menonton dari Netflix dengan subtitle bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang disediakan. 

Poin-poin di atas merupakan beberapa hal yang dipelajari dari sudut pandang penulis. Semoga kamu pun bisa menemukan pembelajaran berharga lainnya, yah. Happy watching and learning~ (Ayu Fauziah)

Japan Sinks: 2020 | Netflix Official Site
After catastrophic earthquakes devastate Japan, one family's resolve is tested on a journey of survival through the sinking archipelago.