Radio Taiso, SKJ ala Jepang Yang Seru di Lakukan di Rumah dan di Kantor

Radio taiso diluar rumah

Sahabat Goodlife, bagi generasi 90-an kita pasti tidak asing dengan olahraga Senam Kesehatan Jantung atau SKJ. Olahraga yang populer di tahun 1980-an itu bahkan menjadi mata pelajaran olahraga di waktu Sekolah Dasar. Melakukan gerakan SKJ tidak membutuhkan skill tertentu dalam berolahraga, karena hanya latihan sederhana dengan gerakan dasar yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Nah, sekarang Goodlife mau memperkenalkan aktivitas olahraga mirip SKJ tapi versi Jepang, namanya Senam Radio Taiso. Yuk, kita kenalan.

Sponsored Links

Hanya Sekitar 3 Menit

Radio Taiso merupakan senam yang dilakukan sambil mendengarkan lantunan piano disertai dengan penjelasan setiap gerakan tersebut. Dinamakan Radio Taiso karena dahulu setiap pagi hari senam tersebut disiarkan melalui radio, namun seiring berjalannya waktu kini disiarkan juga melalui televisi.

Radio Taiso dimulai pada tahun 1920-an, ketika seorang karyawan dari Japan Post Insurance Co,,Ltd. mengusulkan latihan kesehatan versi Jepang. Latihan senam Radio Taiso ini disebarkan secara nasional dalam waktu singkat.

Karakteristik senam ini adalah singkat, hanya membutuhkan waktu sekitar 3 menit. Gerakannya pun dirancang agar dapat menggunakan keseluruhan otot tubuh dalam waktu yang singkat dan mudah dilakukan siapa saja.

Gerakan Radio Taiso ada Radio Taiso 1 dan 2. Masing-masing Radio Taiso terdiri dari 13 jenis gerakan yang menggunakan 400 jenis otot yang ada di seluruh tubuh walaupun gerakannya santai.

Radio Taiso 1 memiliki intensitas latihan yang setara dengan tenis meja dan power yoga.  Radio Taiso 1 ini ditujukan untuk gerakan pada umumnya. Durasi yang diperlukan adalah selama 3 menit 10 detik.

Sedangkan, Radio Taiso 2memiliki intensitas yang setara dengan tenis (ganda) dan olahraga berjalan di dalam air. Gerakan ini ditujukan untuk dapat dilakukan di tempat kerja serta memiliki kesulitan yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Radio Taiso 1. Aktivitas ini membutuhkan waktu sekitar 3 menit 30 detik.

Olahraga Cocok Bagi Masyarakat Modern

Radio exercises

Radio Taiso diciptakan di Jepang sekitar 90 tahun lalu, sama halnya dengan SKJ, olahraga ini untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Hampir semua orang Jepang dapat melakukan senam ini karena memang sangat populer. Bahkan kebiasaan untuk senam Radio Taiso dilakukan secara bersama-sama di sekolah dan di kantor.

Keunggulan dari Radio Taiso ini adalah gerakannya sangat mudah, jadi bisa langsung dipraktekan oleh siapa pun dan di mana pun serta tidak ada batasan umur maupun jenis kelamin.

Karena memiliki hasil yang baik sekalipun dilakukan dalam waktu yang singkat, olahraga ini dinilai cocok bagi masyarakat modern yang susah untuk meluangkan waktu. Kamu bisa melakukan aktivitas ini di rumah, dan tidak perlu membeli alat-alat. Senam Radio Taiso ini bisa juga dilakukan sambil duduk, jadi sangat bisa disesuaikan dengan kondisi fisik dan kesehatan tubuh masing-masing.

Buat kamu yang memiliki tujuan menurunkan berat badan, disarankan untuk melakukan kedua gerakan (Radio Taiso 1 dan 2), atau langsung fokus ke Radio Taiso 2.

Sebaiknya senam Radio Taiso dilakukan selama dua sampai tiga kali dalam sehari, setelah bangun tidur, lalu sore hari sekitar jam 3 kemudian 3 jam sebelum tidur. Jika teratur, maka sirkulasi darah kamu akan menjadi lancar dan dapat menyegarkan tubuh serta pikiran. 

Yuk, coba senam dengan meniru gerakan dari YouTube berikut ini.