Sering Makan All You Can Eat? Ini Tipsnya Biar Kesehatan Tetap Terjaga

Siapa sih yang tidak tergoda dengan makan di restoran all you can eat ? Dengan membayar harga tertentu, kamu sudah bisa makan sepuasnya. Lalu, bagaimana caranya bisa menikmati hidangan ini tanpa mengganggu kesehatan?

Hal yang menyenangkan bagi banyak orang saat bersantap di restoran all you can eat atau buffet adalah bisa menikmati semua hidangan yang ada dengan bebas. Kamu juga bisa tambah berkali-kali menu yang kamu suka sampai sepuasnya. 

Selain itu, umumnya restoran jenis ini menawarkan menu yang sangat beragam, jadi kamu tidak akan bosan untuk mengunjunginya beberapa kali. Itu sebabnya sebagian orang cukup sering menikmati bersantap di restoran all you can eat.

Padahal disadari atau tidak, terlalu sering makan di restoran all you can eat bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh. Apalagi jika bersantap bersama teman-teman dan agar lebih seru, mulai berkompetisi untuk mengetahui siapa yang makan paling banyak.

Banyak pilihan dan bisa makan sepuasnya membuat orang suka lupa diri saat makan all you can eat (Foto: Freepix)
Sponsored Links

Terlalu Sering Makan All You Can Eat, ini Bahayanya

Nyatanya, mengisi piring demi piring untuk memaksimalkan harga yang sudah dibayarkan, tidak hanya merusak pola makan sehat kamu, tetapi juga dapat menempatkan kamu pada risiko membahayakan kesehatan kamu.

Berikut bahaya terlalu sering makan di restoran all you can eat:

1.       Asam lambung

Saat makan di restoran all you can eat, kamu pasti tergoda untuk makan lebih banyak dan lebih dari yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal itu akan membuat usus bekerja lebih keras lagi dan menimbulkan risiko refluks asam lambung, yaitu kondisi ketika asam lambung naik ke saluran makanan dan mengiritasi dinding dalamnya. Gejalanya antara lain nyeri dan sensasi panas terbakar di dada.

2.       Obesitas

Makan terlalu sering di restoran all you can eat akan mengganggu kamu yang sedang menjalani diet atau pola makan sehat. Kelebihan makan akan membuat tumpukan kalori di dalam tubuh, yang pada akhirnya akan menjadi lemak dan menyumbang kenaikan berat badan yang signifikan dan memicu obesitas.

atasi perut buncit
Terlalu banyak makan akhirnya memicu penumpukan lemak (Foto: Pexels)

3.       Penyakit ginjal

Saat makan dalam jumlah yang langsung banyak, kerja ginjal semakin berat. Jika terlalu sering dipaksa bekerja terlalu berat, ginjal akan mengalami gangguan sehingga akan terjadi penumpukan cairan dan racun di dalam tubuh.

Kondisi ini bila dibiarkan terus-menerus, bisa membuat seseorang mengalami risiko yang fatal seperti kematian dini, disabilitas, dan perburukan kondisi kesehatan secara umum.

4.       Kadar kolesterol meningkat

Perasaan ingin makan makanan yang lezat dan dalam jumlah banyak, tentu akan memicu kamu mengisi piring tanpa melihat dari sisi kesehatan seperti makanan yang berupa gorengan, daging, atau yang mengandung gula yang tinggi.

Jika terlalu sering, jenis makanan tadi akan membuat kadar koelsterol dalam darah meningkat dan membuat kamu berisiko terkena penyakit jantung dan stroke.

5.       Perasaan tidak nyaman

Mungkin saat memakannya, kamu sangat menikmati semua makanan yang ada di meja. Namun 20-30 menit setelah selesai, kamu akan merasakan perasaan tidak nyaman karena makan terlalu banyak atau kekenyangan.

Perasaan tidak nyaman itu meliputi perut yang terasa kekenyangan, sulit bangun dan bergerak, serta merasa ingin muntah.

Sendawa
Terlalu kenyang bisa timbulkan rasa tidak nyaman di perut (Foto: Pixabay)

Tips Makan All You Can Eat Tapi Tetap Sehat

Meski memiliki beberapa dampak buruk bagi kesehatan, bukan berarti kamu tidak bisa merasakan makan di restoran all you can eat.

Berikut tips makan di restoran all you can eat tapi bisa tetap sehat.

1.       Tetap makan sesuai jadwal

Jangan melewatkan jadwal makan sebelumnya hanya karena ingin makan di restoran all you can eat. Perut yang kosong akan membuat ukuran lambung mengecil. Dan ketika langsung diisi makanan dalam jumlah banyak, akan membuat asam lambung naik.

2.       Makan perlahan

Makan perlahan sehingga otak memiliki waktu untuk memberi sinyal rasa kenyang. Dengan begitu, kamu akan terhindar makan terlalu banyak dan kekenyangan.

3.       Salad sebagai makanan pembuka

Pilihlah makanan yang lebih ringan untuk dicerna seperti salad yang terdiri dari aneka  sayuran sebelum menyantap makanan berat seperti daging. Setidaknya, jika perut kamu kekenyangan nantinya, di lambung sudah terisi makanan kaya serat dan bervitamin.

4.        Porsi kecil

Kamu bisa makan sepuasnya alias all you can eat tapi dengan porsi yang kecil. Porsi kecil memungkinkan kamu bisa mencicipi semua makanan yang tersedia dan cukup kenyang pada akhirnya.

5.       Terhidrasi

Pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik dengan minum air putih yang cukup sebelum pergi ke restoran. Tubuh perlu terhidrasi dengan baik untuk membantu memproses makanan yang masuk ke dalam lambung.

Jadi, kamu bisa tetap menikmati hidangan all you can eat. Yang perlu kamu lakukan hanya membatasi frekuensi makan di restoran dengan konsep tersebut, misalnya hanya ketika ada momen spesial saja atau ketika hari raya tertentu. Dan tentu saja jangan lupa untuk mengikuti tips di atas agar tidak mengganggu kesehatan.

Visited 25 times, 1 visit(s) today