Ternyata Selama ini Salah, Mendengkur itu Bukan Tanda Tidur Nyenyak!

tidur

Selama ini kita sering beranggapan bahwa mendengkur itu adalah tanda kalau tidur kita nyenyak dan berkualitas. Padahal sama sekali keliru!

Mendengkur adalah masalah yang umum dan sering kali dianggap sepele oleh banyak orang. Namun, tahukah kamu bahwa mendengkur bisa menjadi tanda dari masalah kesehatan yang serius?

Mendengkur terjadi ketika aliran udara melalui mulut dan hidung terhambat saat tidur. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk:

Posisi tidur

Tidur telentang dapat menyebabkan lidah dan jaringan di tenggorokan turun ke belakang, menyumbat jalan napas.

Obesitas

Lemak berlebih di sekitar leher dapat menekan jalan napas dan menghambat aliran udara.

Alergi dan infeksi

Alergi dan infeksi saluran pernapasan dapat menyebabkan penyumbatan hidung dan tenggorokan.

Kebiasaan merokok dan minum alkohol

Merokok dapat mengiritasi dan meradang saluran pernapasan, sementara alkohol dapat membuat otot-otot tenggorokan menjadi terlalu rileks.

Kebiasaan minum alkohol bisa menyebabkan mendengkur (Foto: Pexels)
Sponsored Links

Apakah Mendengkur Berbahaya?

Mendengkur sendiri tidak selalu berbahaya, tetapi bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius. Beberapa risiko kesehatan yang terkait dengan mendengkur meliputi:

Sleep Apnea Obstruktif (OSA)

Ini adalah kondisi di mana saluran napas tersumbat sebagian atau sepenuhnya selama tidur, menyebabkan pernapasan berhenti sementara. OSA dapat meningkatkan risiko hipertensi, penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Penurunan kualitas tidur

Mendengkur dapat mengganggu tidur kamu dan pasangan tidurmu, yang dapat menyebabkan kelelahan, iritabilitas, dan masalah konsentrasi di siang hari.

Masalah jantung

Penelitian menunjukkan bahwa mendengkur kronis bisa berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Mendengkur mungkin tampak seperti masalah kecil, tetapi bisa menjadi tanda dari kondisi kesehatan yang lebih serius seperti sleep apnea atau penyakit jantung. Jika kamu mendengkur atau mengetahui seseorang yang mendengkur, perhatikan gejala lainnya dan pertimbangkan untuk mencari bantuan medis. Dengan begitu, kamu bisa memastikan bahwa mendengkur tidak hanya mengganggu tidur, tetapi juga tidak membahayakan kesehatanmu secara keseluruhan.

Visited 13 times, 1 visit(s) today