Tinta Cumi, Apa Manfaatnya Buat Kesehatan?

Ada berbagai macam bumbu alami yang bisa membuat makanan menjadi lebih terasa lezat, salah satunya adalah tinta cumi. Meskipun pada dasarnya cumi mengeluarkan tinta untuk melarikan diri dari musuhnya, tapi ternyata tinta cumi punya rasa lezat untuk dimakan dan bermanfaat buat kesehatan.

Buat kamu yang suka makan seafood, pastinya sudah tidak asing lagi dengan makan cum-cumi yang kadang disajikan dengan tintanya yang berwarna hitam pekat. Kadang, tinta cumi sendiri juga dijadikan bumbu untuk makanan lainnya, seperti nasi goreng atau pasta yang dicampur dengan tinta cumi guna mendapatkan rasa yang lebih gurih.

Selain karena rasa yang lezat, apa sebetulnya yang terkandung dalam tinta cumi? Apakah tidak berbahaya untuk dikonsumsi?

Tinta cumi sebagai campuran untuk pasta (Foto: pexels)

Tinta cumi sebenarnya mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti protein, lemak, karbohidrat, asam amino, asam lemak DHA,dan berbagai mineral. Sedangkan warna hitamnya sendiri berasal dari melanin, pigmen alami yang berasal dari asam amino. Rasa gurih yang ada pada tinta berasal dari glutamat yang memicu timbulnya rasa gurih seperti umami.

Sponsored Links

Manfaat Tinta Cumi Buat Kesehatan

Melawan kuman

Tinta cumi mengandung senyawa yang bersifat anti bakteri yang terbukti bisa melawan beberapa bakteri jahat seperti Lactobacillus acidophilus, Streptococcus mutans,Candida albicans dan Actinomyces viscosus yang bisa memicu plak gigi serta bakteri yang menimbulkan keracunan makanan yaitu Escherichia coli.

Mengurangi risiko kanker

Tinta cumi mengandung melanin yang merupakan senyawa yang bersifat antioksidan. Ini artinya, melanin pada tinta cumi bisa berperan dalam melawan radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Selain itu tinta cumi juga mengandung polisakarida yang bisa menekan pertumbuhan sel kanker, terutama pada kanker payudara dan kanker prostat. Kandungan ini juga diketahui bisa membantu atasi kerusakan tubuh akibat pengobatan kemoterapi.

Menjaga tekanan darah

Tinta cumi juga mengandung senyawa peptida yang salah satu fungsinya adalah bisa melebarkan saluran darah yang menyempit. Ini artinya tinta cumi bisa membantu menurunkan tekanan darah dan memperlancar aliran darah.

Menurunkan Darah Tinggi, Hipertensi, Cek Tensi Darah
Tinta cumi bisa menjaga tekanan darah (Foto: Pixabay)

Meningkatkan kekebalan tubuh

Buat kamu yang saat ini masih berusaha untuk menjaga dan meningkatkan imun, tak ada salahnya untuk konsumsi tinta cumi. Ini karena kandungan melanin pada tinta cumi terbukti bisa membantu pertumbuhan sel-sel imun. Artinya, dalam jangka panjang tubuh kamu juga bisa melawan masuknya patogen yang berbahaya dan membuat kesehatan kamu lebih terjaga.

Namun, konsumsi tinta cumi dan makanan seafood pada umumnya tetap harus diwaspadai dan tidak boleh dimakan secara berlebihan karena akan berbahaya bagi kesehatan, khususnya jantung dan pembuluh darah.

Cumi berikut dengan tintanya juga mengandung lemak jenuh yang bila dikonsumsi secara berlebihan akan membahayakan kesehatan. Jadi, sebaiknya makan secukupnya saja atau kamu bisa mengakalinya dengan hidangan pendamping yang sehat, seperti sayur-sayuran dan makanan berserat tinggi lainnya yang bisa membantu pencernaan. Sayuran juga bagus untuk detoks sehingga bisa mengeluarkan kandungan berbahaya yang ada pada cumi-cumi.

Visited 3 times, 1 visit(s) today