Bisnis Kuliner Sehat Ala Ghost Resto Yuk! Begini Caranya

ghost resto

Masa pandemi boleh dibilang sebagai masa penting bagi industri kuliner. Tantangan berat memang menghadang, tapi kesempatan baru selalu datang. Saat restoran banyak yang membatasi operasionalnya, ide baru pun bermunculan. Salah satunya adalah ghost resto. 

Bisnis yang tergolong baru ini langsung menarik minat banyak orang yang ingin memulai usaha kuliner dengan kondisi terbatas. Pasalnya, ghost resto dianggap lebih hemat biaya, lebih sederhana operasionalnya dan lebih luas jangkauan konsumennya.

Sponsored Links

Apa sih Ghost Resto itu?

Ghost resto adalah singkatan dari ghost restaurant, serta memiliki nama lain yaitu ghost kitchen. Tapi tenang dulu, ini bukanlah sesuatu yang menyeramkan. Secara sederhana, ghost resto merupakan model bisnis kuliner yang menggunakan sistem virtual. Ghost resto juga gak harus punya tempat tetap dan bangunan restoran yang dapat dikunjungi. 

Secara definisi, ghost resto adalah usaha jasa makanan yang hanya menawarkan makanannya untuk dikirim langsung ke pelanggan. Mirip dengan mekanisme restoran konvensional, pelanggan memesan menu melalui aplikasi atau website untuk kemudian dimasak oleh pihak ghost resto dan diantar ke pemesan. Biasanya untuk mengirim makanan, ghost resto juga menggunakan jasa kurir dari pihak ketiga. 

Lalu, sama gak sih ghost resto dengan jasa katering? Tentu saja berbeda. Jasa katering adalah wirausaha yang melayani pemesanan berbagai macam makanan dan minuman, baik untuk suatu acara maupun penunjang kebutuhan suatu instansi.

Jasa katering juga memiliki beberapa jenis, seperti private catering yang juga menyediakan pramusaji yang melayani tamu, self-service catering yang hanya menyediakan makanan saja, dan katering nasi kotak yang hanya menyediakan paket makanan dalam boks dengan jumlah sesuai pemesanan.

Di masa pandemi, peluang bisnis ghost resto sangat diminati karena terbatasnya operasional restoran konvensional dan kebutuhan makan yang tinggi. Terlebih lagi bagi yang jeli melihat situasi untuk mulai berbisnis makanan sehat. Benar! Makanan sehat kini juga diminati karena berguna untuk menjaga kesehatan agar tak rentan tertular penyakit. 

Kenapa Harus Kuliner Sehat?

Merebaknya pandemi terbukti juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan asupan makanan sehat. Ditambah belum banyaknya pelaku bisnis kuliner yang berfokus pada makanan sehat, membuat peluang berbisnis ghost resto makanan sehat ini layak dipertimbangkan.

Salah satu usaha kuliner sehat berbasis ghost resto yang sukses adalah Yellow Fit Kitchen yang kini punya sekitar 300 menu sehat dari Indonesia, Jepang, Western, hingga Korea.

Namun, karena berdampak langsung pada manfaat kesehatan, banyak aspek yang perlu dipertimbangkan untuk melakukan bisnis ini. 

ghost resto - sushi

Memulai Ghost Resto Kuliner Sehat

Nah, bagi Sahabat Goodlife yang ingin memulai bisnis kuliner berbasis ghost resto, sebaiknya juga mulai menyiapkan menu-menu makanan sehat, karena peluangnya cukup menjanjikan. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnisnya. 

Konsumen yang kritis

Jangan samakan konsumen makanan sehat dengan pecinta kuliner biasa. Penyuka makanan sehat adalah orang-orang yang sangat peduli dengan kesehatan mereka dalam jangka panjang dan biasanya akan sangat kritis saat memilih makanan. Konsumen tipe ini juga biasanya ingin menjadi contoh bagi orang lain dalam hal pola makan dan menu-menu yang disantap. Jadi, pastikan menu yang disiapkan memang sesuai dengan standar kebutuhan gizi.

Berani tampil beda

Kadang, berbisnis makanan gak cukup hanya sampai pada makanan yang enak dan layanan yang baik saja. Begitu juga dengan makanan sehat. Cobalah lebih fokus untuk bisa menjual yang sedikit berbeda. Misalnya, khusus menjual seafood sehat, steak vegetarian, jus tanpa gula, dan lain-lain yang bisa dikreasikan sendiri. Menu yang lebih fokus akan membuat bisnis menjadi lebih segmented dan ini berarti peluang besar untuk tampil berbeda, unik, dan tentunya gak terlalu banyak saingan.

ghost resto

Punya mentor yang sesuai

Berbisnis memang gak mudah. Itu sebabnya punya mentor sebagai pengarah usaha sebaiknya dilakukan. Belajarlah dari orang-orang yang sudah lebih dulu sukses di bisnis kuliner dan jangan lupa untuk punya mentor di bidang makanan sehat juga. Sahabat Goodlife bisa menggunakan jasa pakar gizi atau koki yang punya pengalaman di industri healthy food sebagai konsultan menu-menu yang akan disajikan.

Perluas jaringan usaha di lingkungan wellness

Perlu diingat bahwa kuliner sehat memiliki potensi besar di pasar yang tersegmentasi. Artinya, peluang untuk mendapatkan konsumen akan lebih besar kalau Sahabat Goodlife aktif di lingkungan orang-orang yang peduli dengan kesehatan. Komunitas diet, komunitas meditasi, dan komunitas kebugaran adalah beberapa contoh komunitas yang merupakan pasar potensial untuk bisnis kuliner sehat. 

Konten yang menarik

Ketahui juga kalau masih banyak orang yang salah persepsi soal kuliner sehat. Anggapan kalau makanan sehat adalah makanan yang gak enak masih melekat kuat pada sebagian besar masyarakat. Jadi, pikirkan konsep konten promosi yang membuat orang tertarik untuk mencoba makanan sehat. Bisa juga dengan melakukan sesi Instagram live secara rutin dengan topik kuliner dan kesehatan untuk sekadar memperkenalkan pentingnya makan makanan sehat.

Lakukan dengan penuh suka cita

Bisnis kuliner sehat itu bukan sekadar menjual makanan dan mengambil untung dari produk yang dijual. Makanan dan minuman sehat juga memiliki manfaat kebaikan bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Pikirkan bahwa produk yang kamu jual juga akan membawa perubahan hidup seseorang ke arah yang lebih baik. Setidaknya ini adalah langkah awal untuk mencintai apa yang kita kerjakan. 

Nah, dengan memulai usaha kuliner sehat berbasis ghost resto, semoga kesadaran untuk melakukan pola makan sehat juga semakin meningkat. 

Tetap sehat ya, Sahabat Goodlife.

Visited 11 times, 1 visit(s) today