Yoghurt Kelapa, Benarkah Lebih Sehat dari Yoghurt Susu?

yoghurt kelapa

Sebagai negara kepulauan yang beriklim tropis, Indonesia adalah salah satu penghasil kelapa terbesar di dunia. Tanaman yang sudah dikenal dan dibudidayakan sejak lama ini tak hanya kaya manfaat, tapi juga bisa diolah menjadi banyak bahan makanan yang lezat. Termasuk salah satunya adalah yoghurt.

Yoghurt sendiri pada dasarnya adalah bentuk olahan susu yang dibuat melalui proses fermentasi. Cara membuatnya yaitu dengan memasukkan bakteri Lactobacillus bulgaricus yang kemudian menghasilkan bakteri asam laktat dan asam asetat untuk menciptakan aroma dan rasa yoghurt yang khas.  

Sponsored Links

Manfaat Yoghurt buat Kesehatan

Yoghurt banyak dijadikan salah satu bahan makanan di beberapa negara di dunia. Selain untuk memperkaya rasa, yoghurt juga diyakini punya banyak manfaat buat kesehatan, seperti berikut ini:

Menjaga kesehatan pencernaan

Sifatnya sebagai makanan probiotik (bakteri baik dalam tubuh) membuat yoghurt banyak berperan dalam membantu kesehatan pencernaan. Probiotik terbukti membantu bakteri baik yang ada dalam tubuh untuk mengatasi masalah diare, radang usus dan intoleransi pada laktosa.

Mencegah osteoporosis

Yoghurt diketahui punya kandungan kalsium dan vitamin D yang punya peran dalam pertumbuhan tulang. Kedua nutrisi ini juga membantu untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang.

Memperkuat kekebalan tubuh

Kandungan magnesium, selenium dan zinc yang ada pada yoghurt diketahui bisa memberikan manfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Nah, dengan berkembangnya kebutuhan dan kreativitas, yoghurt sekarang gak hanya terbuat dari susu saja lho Sahabat Goodlife. Tapi ada juga yoghurt yang terbuat dari kelapa.

Apa Itu Yoghurt Kelapa?

coconut yoghurt

Berbeda dengan yoghurt umumnya yang terbuat dari susu hewani, yoghurt kelapa terbuat dari santan yang difermentasi dan gak menggunakan susu hewani dalam proses pembuatannya.

Banyak orang yang juga menganggap bahwa yoghurt kelapa punya kandungan gizi yang lebih baik daripada yoghurt susu pada umumnya. Wajar saja. Mungkin karena merupakan plant-based, yoghurt kelapa juga bisa jadi pilihan untuk orang yang gak bisa konsumsi susu hewani.

Tapi, benarkah mengkonsumsi yoghurt kelapa itu lebih sehat dari yoghurt susu? Nah, kedua jenis yoghurt tersebut punya keunggulan masing-masing dan manfaatnya juga tergantung kondisi orang yang mengkonsumsinya.

Kalau Sahabat Goodlife punya intoleransi laktosa atau alergi susu, mengkonsumsi yoghurt kelapa tentu lebih aman karena yoghurt kelapa bebas laktosa. Namun perlu diketahui juga kalau yoghurt kelapa ini punya kandungan lemak jenuh yang akan berbahaya kalau dikonsumsi secara berlebihan.

Nah, supaya Sahabat Goodlife lebih jelas, berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi yang ada pada yoghurt kelapa dalam takaran per 100 gram:

  • 1,2 gram protein
  • 12,9 gram karbohidrat
  • 5,3 gram serat
  • 15 gram lemak jenuh

Manfaat Yoghurt Kelapa

yoghurt kelapa

Dengan kandungan tersebut, berikut adalah manfaat dari yoghurt kelapa untuk kesehatan:

Menjaga kesehatan mata

Kandungan karoten yang terdapat pada buah kelapa merupakan bentuk awal dari vitamin A. Itu sebabnya mengkonsumsi yoghurt kelapa baik untuk kesehatan mata, terutama untuk meningkatkan penglihatan di malam hari.

Menjaga kesehatan otak

Kelapa sendiri juga diketahui mengandung MCT (Medium-chain Triglycerides) yang diyakini baik untuk menjaga kesehatan otak.

Menjaga kesehatan jantung

Mengkonsumsi kelapa bisa meningkatkan HDL atau kolesterol baik. Ini membuat yoghurt kelapa juga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Meningkatkan kesehatan mikrobioma

Yoghurt kelapa kaya akan kandungan probiotik yang bisa meningkatkan kesehatan mikrobioma, yaitu kumpulan bakteri, virus dan eukariotik yang banyak terdapat di usus. Mikrobioma ini punya peran penting buat kesehatan karena bisa mengatasi masalah sistem pencernaan dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Nah, dengan penjelasan tersebut semoga Sahabat goodlife bisa lebih bijak untuk mengkonsumsi yoghurt kelapa sesuai dengan kebutuhan. Pastikan juga untuk gak tertukar antara yoghurt kelapa dan yoghurt susu dengan rasa kelapa.

Tetap sehat ya, Sahabat Goodlife.

Visited 40 times, 1 visit(s) today