Buat Cowok, ini Langkah Mudah Agar Kulit Tampak Segar dan Sehat

Bukan hanya perempuan yang ingin punya kulit bersih dan sehat. Sekarang ini kaum pria juga semakin banyak yang sadar akan pentingnya memiliki kulit sehat dan terawat. Selain untuk tampil lebih segar, kulit yang terawat juga bagus untuk kesehatan.

Perawatan kulit bagi pria tentu saja tidak harus selalu seperti perempuan yang memakai aneka produk kecantikan. Pasalnya, antara kulit laki-laki dan perempuan memang memiliki perbedaan seperti tekstur kulit laki-laki yang lebih kasar dan tebal.

Kulit wajah laki-laki, misalnya, juga lebih banyak ditumbuhi rambut (jenggot, jambang, dan kumis) dan kelenjar rambut di wajah inilah yang menghasilkan minyak yang dapat memerangkap kelembapan, menjaga kulit tetap terhidrasi dan tampak lebih muda.

Kulit pria juga memiliki lebih banyak serat kolagen dan elastin (elemen kulit yang memberi kekuatan dan elastisitas wajah) sehingga lebih baik dalam menahan kerutan dibanding kulit wajah perempuan.

Dengan karakteristik kulit tersebut, pria memang tak memerlukan produk perawatan kulit sebanyak perempuan. Untuk menjaga kulit sehat dan bersih, pria hanya perlu melakukan 3 langkah perawatan yang harus dilakukan setiap hari, yaitu:

1. Membersihkan wajah di pagi dan malam hari

Umumnya, pria suka menggunakan sabun apapun yang mereka temukan di kamar mandi atau wastafel, termasuk sabun batangan untuk mencuci muka. Padahal kulit wajah sangat sensitif dan tidak bisa pakai sembarangan sabun.

Sabun mandi atau sabun batangan biasanya ditujukan untuk kulit badan dengan formulasi yang berbeda dengan kondisi kulit wajah. Penggunaan sabun mandi pada wajah bisa berakibat rusaknya kelembaban alami pada kulit wajah sehingga kulit wajah menjadi sangat kering dan mengganggu mikroorganisme yang menjaga kekebalan kulit wajah.

Jadi, sebaiknya gunakan sabun khusus pencuci muka agar maksimal menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih di pori-pori kulit. Selain itu, membersihkan wajah dengan benar juga membuat produk perawatan kulit yang akan dipakai terserap maksimal ke dalam kulit. 

Gunakan sabun wajah untuk membersihkan muka dan hindari pemakaian sembarang sabun mandi. (Foto: Xframe)

2. Lakukan eksfoliasi 2 kali seminggu

Eksfoliasi adalah perawatan kulit wajah yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang akan menyumbat pori-pori dan bisa menyebabkan jerawat. Proses ini membuat sel kulit baru yang lebih sehat dan bersih terlihat cerah di permukaan kulit serta meminimalkan garis-garis halus serta kerutan.

Pilih scrub yang lembut untuk eksfoliasi dan lakukan 2 kali seminggu untuk menghindari abrasi sel kulit yang terlalu banyak.

Cara melakukan eksfoliasi juga cukup mudah. Untuk kamu yang berkulit kering atau berjerawat, bisa menyiapkan waslap atau kain dengan permukaan lembut. Sedangkan kamu yang punya kulit wajah berminyak, bisa gunakan sikat khusus wajah.

Oleskan pembersih pada wajah dan kemudian usap menggunakan tangan dengan gerakan memutar. Kalau kamu menggunakan waslap atau sikat wajah, usap perlahan dengan gerakan seperti membuat garis-garis pendek. Setelah itu basuh dengan air hangat hingga bersih.

Kalau kulit wajah kamu berminyak, kamu bisa melakukan proses ini sampai 3 atau 4 kali dalam seminggu. Tapi kalau kulit wajah kamu kering atau sensitif, sebaiknya tidak lebih dari 2 kali seminggu.

3. Melembabkan kulit 2 kali sehari

Setelah kulit dibersihkan dan digosok, langkah berikutnya adalah menghidrasi kulit dengan pelembab. Pelembab memberikan vitamin dan nutrisi pada kulit serta memiliki manfaat anti penuaan dan menghasilkan kulit yang lebih lembut dan elastis.

Oleskan pelembab di pagi hari untuk mengembalikan kelembaban yang hilang saat tidur dan melindungi kulit dari kekeringan sepanjang hari serta sebelum tidur agar proses regenerasi sel kulit terjadi maksimal.

Sponsored Links

Jaga Kulit Tetap Sehat, Caranya?

Selain 3 langkah perawatan tadi, kamu juga harus memperhatikan hal-hal berikut ini untuk menjaga kulit kamu tetap sehat dan dalam kondisi terbaik.

Mengidentifikasi jenis kulit

Mengetahui jenis kulit misalnya kulit normal, sensitif, kering, berminyak atau kombinasi, akan membantu kamu ketika memilih produk perawatan kulit yang tepat. Misalnya untuk kulit sensitif, sebaiknya gunakan produk perawatan yang bebas pewangi karena bisa menimbulkan iritasi.

Ada cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui jenis kulit, yaitu dengan menggunakan tisu wajah. Caranya? Ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Sebelum tidur, cuci muka sampai bersih menggunakan sabun wajah dan kemudian keringkan dengan handuk.
  • Jangan menggunakan bahan apapun, seperti pelembab atau minyak tertentu sebelum tidur.
  • Saat bangun, tempelkan tisu pada semua area wajah, seperti dahi, pipi, hidung hingga dagu. Ini berguna untuk melihat apakah ada bagian tertentu pada wajah yang berminyak atau semuanya kering.

Nah, kalau kamu menemukan noda minyak pada tisu dan wajah kamu terlihat berkilau, tandanya kulit kamu berminyak. Bila tisu tetap kering dan tidak ada noda minyak sedikitpun, bisa jadi kamu punya jenis kulit kering. Namun, bila tisu kamu meninggalkan noda minyak di beberapa area saja, seperti zona-T (dahi, hidung, dagu) dan sisanya kering, itu indikasi kamu punya jenis kulit kombinasi.

Masih ragu dengan hasil tes yang kamu lakukan sendiri? Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk memastikan jenis kulit kamu agar mendapatkan rekomendasi yang lebih tepat  untuk perawatannya.

Gunakan tabir surya

Selain pelembab, tabir surya juga harus dipakai setiap hari untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Tabir surya bisa melawan penuaan dini jika dipakai setiap hari, bukan hanya ketika liburan ke pantai atau berenang aja.

Mencukur searah tumbuh rambut

Mencukur sesuai arah pertumbuhan rambut akan membantu meminimalkan rambut yang tumbuh ke dalam saat mulai tumbuh lagi serta menghindari kulit tergores dan terluka.

Saat mencukur, arahkan sesuai dengan arah tumbuh rambut untuk menghindari tergores. (Foto: Pixabay)

Ganti pisau cukur secara berkala

Setelah digunakan lima hingga tujuh kali, ganti pisau cukur kamu untuk meminimalkan risiko iritasi.

Mandi dan keramas dengan teratur

Selain wajah, kebersihan kulit seluruh tubuh hingga kulit kepala juga harus diperhatikan. Mandi dan keramas secara teratur akan menjaga kulit dari masalah seperti ruam atau ketombe.

Hindari rokok dan alkohol

Asap rokok dan alkohol akan membuat kulit lebih kering dan tanda-tanda penuaan dini akan lebih cepat terlihat.

Perbanyak buah dan sayur

Selain perawatan dari luar, diperlukan juga perawatan dari dalam untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah. Salah satunya dengan memperbanyak makan buah dan sayur.

Yuk, mulai lakukan rutinitas perawatan kulit. Selain supaya bisa tampil lebih percaya diri, dengan kulit yang segar juga bisa terhindar dari berbagai gangguan kesehatan kulit.

Visited 36 times, 1 visit(s) today