Ide Olahraga Air Bersama Keluarga, Bikin Sehat dan Menyenangkan

olahraga

Ada banyak aktivitas liburan bersama keluarga yang menyenangkan. Salah satunya adalah olahraga air bila kamu suka dengan wisata bahari.

Olahraga air tidak cuma bersifat kompetitif tapi juga bisa menghibur. Beberapa olahraga air juga cukup aman dilakukan oleh anak-anak selama mengenakan perlengkapan keselamatan yang benar. Karena platformnya yang berupa air, olahraga air memang menyenangkan buat anak. Karena selain beraktivitas, mereka juga bisa bermain air.

Beberapa olahraga air berikut bisa menjadi ide untuk aktivitas liburan bersama keluarga:

Kayak

Bermain kayak bersama anak dapat dilakukan di danau atau perairan tenang lainnya dan merupakan kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama untuk mengeksplorasi perairan. Anak bisa ikut di kayak milik orang tua atau bahkan juga mendayung kayaknya sendiri dengan kayak khusus anak.

Pastikan anak sudah mengenakan perlengkapan keselamatan, seperti jaket pelampung dan helm pengaman.

Rafting

Jika ingin melakukan kegiatan olahraga air yang cukup memicu adrenalin bersama anak, rafting dapat menjadi pilihan yang tepat dan seru dilakukan oleh sekeluarga. Walaupun begitu, biasanya rafting hanya tersedia di musim atau hari tertentu karena curah hujan dapat mempengaruhi derasnya aliran sungai yang menjadi tempat rafting.

Rafting buat anak yang suka dengan petualangan yang memicu adrenalin (Foto: Pexels)

Pastikan juga sungai lokasi rafting yang dipilih juga masih memiliki arus air yang aman untuk rafting bersama anak.Operator rafting biasanya akan menawarkan pilihan grade yang memang aman untuk anak dan keluarga. jadi, kamu tidak perlu khawatir akan terbalik saat mengarungi jeram-jeram di sungai.

Perahu Pancal

Perahu pancal biasanya terdapat di area dengan air tenang atau wahana wisata dengan area air terbuka yang cukup luas, sehingga pengunjung dapat bergerak di atas air sambil melihat-lihat pemandangan sekitar yang indah. Ini adalah jenis perahu hias yang biasanya berbentuk hewan dan digerakkan dengan cara mengayuh seperti naik sepeda.

Mengayuh perahu ini memang terlihat mudah, namun sebenarnya juga cukup menguras tenaga dan bisa menjadi sarana olahraga bagian kaki yang bagus. 

Namun perlu diperhatikan juga bila badan anak masih belum terlalu tinggi, maka ada kemungkinan bila mereka tidak dapat ikut mengayuh pedal yang ada di perahu.

Kano

Menaiki perahu dayung atau kano bersama anak dapat menjadi pengalaman menyenangkan untuk seluruh keluarga, terutama bagi anak. Ketika anak dapat mendayung perahu sendiri, mereka akan mendapatkan perasaan bangga yang membuat hati dan mood menjadi lebih baik.

Selain itu, mendayung di perairan apapun yang dikelilingi dengan pemandangan alam yang indah tentu juga akan menambah pengalaman dan memori yang menyenangkan untuk diingat oleh anak.

Mendayung kano bisa jadi hal menyenangkan buat anak dan memperbaiki mood (Foto: Pexels)

Surfing

Bila anak sudah bisa berenang, maka surfing bisa menjadi salah satu aktivitas olahraga di air yang dapat dipelajari bersama-sama dengan keluarga. Pantai-pantai yang terkenal dengan tempat surfing biasanya memiliki persewaan surfboard dan beberapa perlengkapan surfing lainnya. Atau kamu juga bisa mengambil kursus surfing dasar bersama keluarga di masa liburan.

Wakeboarding

Olahraga yang cukup menantang ini dapat menjadi pengalaman seru bagi anak. Wakeboarding dilakukan dengan cara berdiri di sebuah papan yang terhubung dengan kapal yang menariknya di sepanjang permukaan air.

Olahraga ini umumnya dilakukan oleh anak yang sudah memasuki usia remaja, namun anak yang masih berusia di bawah 10 tahun juga dapat melakukan kegiatan ini dengan kecepatan perahu yang sedang

Ada banyak cara melakukan olahraga air bersama anak. Yang penting kamu ingat adalah pastikan anak bisa melakukannya dengan aman dan membuatnya senang. Jangan paksakan anak yang takut dengan air untuk harus bisa naik perahu atau kayak.

Nah, dari sekian banyak pilihan olahraga air tersebut, mana yang kira-kira akan kamu pilih untuk melakukannya bersama keluarga?

Visited 1 times, 1 visit(s) today