Jangan Salah Beli, ini Tips Pilih Sepatu Basket yang Benar

olahraga

Menggunakan alas kaki yang tidak tepat untuk bermain basket bisa membuat kamu berisiko cedera. Meski sekilas tidak ada bedanya, ternyata sepatu untuk bermain basket memiliki spesifikasi khusus. Begini tips memilih sepatu untuk main basket.

Apakah bisa bermain basket dengan sepatu olahraga lainnya, seperti sepatu lari? Jawabannya adalah bisa. Namun jika bicara performa, keselamatan dan kenyamanan, sebaiknya kamu memakai sepatu basket saat bermain basket.

Pasalnya, ada perbedaan antara sepatu basket dengan sepatu olahraga lainnya, seperti sepatu lari. Sepatu lari cenderung ringan dan terbuat dari bahan yang tipis. 

Sepatu lari dirancang untuk melindungi kaki saat membentur lantai tetapi harus sefleksibel mungkin. Singkatnya, sepatu lari yang baik membuat kamu merasa seperti hampir tidak mengenakan apa pun.

Sementara itu, dilihat secara fisik, sepatu basket memiliki tampilan yang khas, yaitu tinggi, kaku, dan relatif besar. Solnya lebar, kaku dan tebal, serta setinggi mata kaki. Ada juga sepatu basket model rendah, tidak menutupi mata kaki namun dengan sol dan bagian sampingnya lebih kaku dan tahan lama.

Desain sepatu basket seperti di atas, dirancang untuk memungkinkan kamu melakukan lari cepat, melompat, berhenti mendadak, dan berputar ke segala arah tanpa guncangan dan getaran berlebihan pada kaki serta dapat mengontrol dan mencegah kamu terguling.

Sepatu basket dirancang untuk bisa lari cepat dan bergerak dengan aman (Foto: pexels)
Sponsored Links

Tips Memilih Sepatu Basket

Memilih sepatu untuk main basket bukan hanya karena kita menyukai warna atau modelnya saja tetapi juga ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan.

Berikut ini tips memilih sepatu untuk main basket.

Ketahui kelebihan dan kekurangan sepatu berpotongan tinggi vs berpotongan rendah

Seperti dijelaskan di atas, sepatu basket memang memiliki ciri khas berpotongan tinggi. Namun sepatu basket ada juga yang berpotongan rendah.

Dulu, sepatu basket berpotongan tinggi diperuntukkan bagi pemain yang biasanya bermain untuk posisi forward (depan) atau center (tengah), sementara sepatu basket berpotongan rendah diperuntukkan untuk pemain bertahan (guard). Namun perbedaan itu sudah lama ditinggalkan.

Kamu bebas memilih sepatu basket berpotongan tinggi atau rendah tanpa mempertimbangan kamu biasanya bermain basket pada posisi tertentu.

Yang perlu kamu perhatikan adalah kelebihan dan kekurangan sepatu berpotongan tinggi vs berpotongan rendah.

1. Sepatu berpotongan tinggi

Kelebihan: mendukung pergelangan kaki yang lebih baik dan memberikan stabilitas saat melompat atau melakukan perubahan gerak secara mendadak. Sepatu ini ideal bagi kamu yang menginginkan keamanan ekstra selama bermain basket.

Kelemahan: karena ada bahan tambahan, sepatu basket berpotongan tinggi bisa menjadi sedikit lebih berat sehingga bisa berpengaruh terhadap kecepatan.

2. Sepatu berpotongan rendah

Kelebihan: biasanya lebih ringan sehingga bisa memberikan kecepatan ekstra, gerak kaki yang cepat dan lincah. 

Desainnya yang lebih ramping sering kali dianggap lebih modis dan modern sehingga terasa lebih nyaman dipakai dalam waktu lama dan juga untuk dipakai di luar lapangan.

Kelemahan: tidak ada kelemahan berarti pada sepatu basket berpotongan rendah. 

Midsole dengan bantalan tambahan

Midsole adalah bantalan sepatu di bagian tengah. Sebaiknya pilih sepatu basket dengan midsole bantalan tambahan. 

Midsole yang baik mampu memberikan kenyamanan dan fleksibilitas sekaligus menyediakan bantalan tambahan yang dibutuhkan untuk menyerap benturan dan meminimalkan tekanan pada kaki selama bermain basket.

Sol luar yang datar dan cukup lebar

Sol luar atau outsole biasanya terbuat dari bahan karet atau sintetis, dan biasanya menjadi salah satu daya tarik ketika orang ingin memilih sepatu basket.

Pilih sepatu basket yang memiliki sol luar relatif datar dan lebar untuk memberikan keseimbangan maksimal. Dilansir dari Dick’s Sporting Goods carilah sol luar bagian bawah yang memiliki pola herringbone atau heksagonal karena memberikan keamanan kaki dan mencegah kamu terglincir di lapangan.

Ukuran yang pas

Ukuran sepatu pada satu merek berbeda dengan merek lainnya sehingga yang paling baik adalah mencobanya langsung. Pastikan ada sedikit ruang antara ujung jari dan insole bagi depan. Hal tersebut untuk membuat kaki lebih nyaman dibanding jika ujung jari terlalu menempel pada insole bagian depan.

Estetika

Selain di lapangan, sepatu basket juga bisa dipakai sebagai pilihan gaya hidup sehari-hari. Berpenampilan menarik di lapangan maupun di luar lapangan menjadi keinginan semua orang. Jadi pilihlah sepatu basket yang membuat kamu lebih percaya diri, entah itu dari model maupun warnanya.

Menemukan sepatu untuk bermain basket yang tepat sangatlah penting. Hal itu bukan hanya untuk kenyamanan tetapi juga untuk performa dan juga memberikan rasa percaya diri.

Visited 7 times, 1 visit(s) today