Kapan Waktu Terbaik untuk Berenang di Bulan Puasa?

Sedang berpuasa bukan berarti kita boleh melewatkan olahraga. Asal kita tahu waktu yang tepat, olahraga saat puasa juga bisa membuat tubuh tetap bugar. Termasuk olahraga berenang.

Selain menyenangkan, berenang adalah cara yang bagus untuk membuat tubuh tetap bugar. Berenang adalah olahraga yang bisa dilakukan oleh semua orang dari segala usia dan melibatkan pergerakan seluruh otot di bagian tubuh.

Dilansir dari Healthline berenang selama 1 jam bisa membakar kalori yang hampir sama dengan berlari dalam durasi yang sama pula, tanpa berdampak pada tulang dan persendian, atau lebih minim risiko cedera.

Berenang bisa membakar kalori cukup tinggi (Foto: Freepik)

Berikut ini manfaat berenang bagi kesehatan tubuh:

1.   Membangun kekuatan jantung

Berenang termasuk olahraga kardio karena melibatkan jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah. Berenang 30 menit dalam seminggu secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dari penyakit seperti  jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

Gerakan berenang juga akan memacu jantung lebih aktif dan membakar kalori lebih banyak. Terpacunya jantung akan semakin mendorong aliran darah untuk beredar ke seluruh tubuh dengan lebih lancar.

2.   Mengencangkan dan membangun kekuatan otot

Selama berenang, kita melibatkan semua otot di tubuh sehingga seluruh bagian tubuh mendapatkan latihan yang baik. Hal itu akan mengencangkan sekaligus membangun kekuatan otot tubuh secara keseluruhan. Misalnya, gaya bebas yang menguatkan otot leher, punggung, dan sendi. Sedangkan gaya dada atau gaya katak berfungsi untuk menguatkan otot bahu, kaki dan punggung. Kalau kamu suka berenang dengan gaya punggung (seperti tiduran), berarti otot punggung, pinggul hingga kaki juga ikut dilatih jadi lebih kuat.

3.   Membantu menurunkan berat badan

Berenang adalah olahraga yang sangat efektif untuk membakar kalori. Berenang ringan atau santai dapat membakar lebih dari 200 kalori hanya dalam waktu setengah jam. Dengan begitu, berenang adalah pilihan yang tepat untuk membantu menurunkan berat badan.

4.   Meningkatkan energi

Berenang membuat seluruh tubuh aktif bergerak sehingga bisa meningkatkan metabolisme tubuh, yang pada akhirnya bisa meningkatkan energi. Hanya dengan 30 menit berenang santai dalam 3 kali seminggu dapat meningkatkan energi untuk menunjang aktivitas sehari-hari karena terjadinya peningkatan metabolisme tubuh.

5.   Meningkatkan mood dan meredakan stress

Tak hanya manfaat secara fisik, berenang juga sangat bagus untuk kesehatan mental. Saat berenang, tubuh melepaskan endorfin, hormon yang membantu meningkatkan mood dan meredakan stress. Jadi, berenang bisa kamu jadikan salah satu cara untuk mengelola stress supaya tidak berlarut-larut.

Berenang bisa meningkatkan mood (Foto: Xframe)
Sponsored Links

Renang Saat Puasa, Bolehkah?

Dikutip dari islam.nu.or.id ada 2 hal pokok dalam rukun puasa, yaitu niat di malam hari dan menahan dari segala hal yang membatalkan puasa di siang hari seperti memasukkan apapun ke dalam tubuh melalui tujuh lubang yang meliputi lubang kedua mata, kedua telinga, hidung, dubur, dan kemaluan.

Lalu, bolehkah berenang saat puasa?

Masih dilansir dari laman yang sama, orang berpuasa yang berenang tidak otomatis menjadikan puasanya batal apabila memang tidak sampai ada air yang masuk ke hidung, mulut, telinga, dan lubang lainnya.

Oleh karena itu, berenang saat berpuasa sebaiknya menggunakan peralatan yang menunjang aktivitas sekaligus memperkecil kemungkinan air masuk secara tidak sengaja ke dalam tubuh, seperti:

–          Kacamata renang

Kacamata adalah peralatan standar saat berenang yang berfungsi menjaga kesehatan mata dan membuat penglihatan lebih jelas saat berenang. Sementara ketika berenang saat berpuasa, kacamata renang berfungsi untuk memperkecil kemungkinan air masuk melalui kedua mata.

–          Ear plug atau penutup telinga

Menggunakan penutup telinga atau ear plug selama berenang saat berpuasa juga diperlukan untuk mencegah air masuk ke dalam lubang kedua telinga. Biasanya semakin kita berenang ke air yang dalam, tekanan akan semakin kuat dan air akan masuk melalui lubang telinga.

Ear plug bisa bantu hambat air masuk ke kuping (Foto: Freepik)

–          Penjepit hidung

Jika biasanya kamu tidak menggunakan penjepit hidung, berenang saat berpuasa disarankan untuk menggunakan penjepit hidung. Alasannya tetap sama, untuk menjaga air yang masuk lewat hidung. Kondisi ini sering terjadi terutama kalau kamu masuk ke kolam renang dengan cara melompat.

Waktu Terbaik untuk Berenang Saat Puasa

Sama seperti olahraga lainnya, berenang saat puasa sebaiknya tidak dilakukan di siang hari untuk menghindari kelelahan, yang berujung tidak kuat dan batal berpuasa.

Disarankan untuk memilih waktu berenang saat berpuasa di sore hari atau sekitar 30-60 sebelum waktu berbuka puasa. Dengan begitu, membuat kamu terhindar dari dehidrasi dan gula darah rendah karena tak perlu menunggu lama untuk minum dan makan menggantikan energi yang hilang selama berenang.

Beberapa orang ada yang memilih berenang di malam hari selama bulan puasa. Namun, jika dilakukan setelah menjalankan shalat tarawih, bisa jadi akan terlalu malam dan membuat tubuh terlalu lelah sebelum istirahat.

Apalagi mengingat kita harus bangun dini hari untuk sahur, sebaiknya malam hari digunakan untuk mengistirahatkan tubuh.

Jadi, dengan memilih waktu yang tepat kamu tetap bisa melakukan olahraga berenang dengan menyenangkan tanpa harus mengganggu ibadah puasa. 

Visited 3 times, 1 visit(s) today