Biar Badan Tetap Bugar, Lakukan Gerakan Stretching ini Saat Perjalanan Mudik

olahraga

Mudik atau pulang ke kampung halaman adalah hal yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia menjelang Idul Fitri. Meskipun banyak yang mudik menggunakan transportasi pesawat, kereta api dan kapal laut, tidak sedikit juga yang memilih mobil pribadi untuk perjalanan cukup jauh.

Bagi yang mudik menggunakan mobil, terutama yang menyetir kendaraan, stamina tubuh akan lebih cepat terkuras karena harus konsentrasi dan duduk dalam posisi yang sama dalam waktu cukup lama. 

Mudik memang tidak dilakukan secara sering, namun terlalu lama duduk di kursi kemudi sebetulnya juga bisa mengganggu kesehatan tubuh. Apalagi kalau perjalanan jauh, pengemudi biasanya mengkonsumsi kafein supaya tetap terjaga selama berkendara. 

Asupan kafein sebetulnya bisa membantu beberapa hal, seperti meningkatkan fokus dan kewaspadaan, meningkatkan performa dan membantu daya ingat. Tentunya ini penting buat yang menyetir kendaraan saat mudik. Namun kecukupan kafein per hari sebetulnya hanya sekitar 200 miligram atau setara 2 cangkir saja. Bila berlebihan, dampaknya tidak baik untuk kesehatan.

mobil, keluarga
Terlalu lama mengemudi bisa mengganggu kenyamanan dan kesehatan (Foto: Xframe)
Sponsored Links

Manfaat Stretching Untuk Kebugaran

Lalu, bagaimana agar selama perjalanan tetap bisa merasa segar dan tetap konsentrasi? Kamu bisa melakukan stretching atau peregangan dengan beberapa gerakan ringan yang sederhana. Beberapa manfaat dari stretching adalah:

Mengurangi stress

Berkendara selama berjam-jam, terlebih kalau terkena kemacetan parah akan membuat kamu merasa stress. Kondisi ini bisa berbahaya bagi keselamatan karena stress juga mengakibatkan berkurangnya kemampuan untuk mengambil keputusan atau sulit berkonsentrasi.

Stretching menjadikan otot-otot pada tubuh menjadi lemas dan lebih rileks. Ini akan menjadikan stress berkurang dan kamu merasa lebih nyaman untuk berkonsentrasi dan waspada.

Mengurangi rasa pegal

Selain mengurangi stress, melemaskan otot yang kaku juga bisa mengurangi rasa pegal akibat duduk dalam waktu lama saat perjalanan mudik. 

Melancarkan aliran darah

Stretching bisa membantu aliran darah mengalir lebih lancar. Akibatnya, kamu akan kembali merasa lebih bugar karena aliran darah yang lancar berarti suplai oksigen ke seluruh tubuh juga lebih merata.

Stretching memiliki banyak manfaat untuk kesehatan (Foto: Xframe)

Gerakan Stretching Sederhana Saat Mudik

Beberapa gerakan stretching berikut ini sangat sederhana dan bisa dilakukan saat kamu dalam perjalanan mudik:

Lateral neck rotation

Arahkan kepala ke depan, lalu putar kepala ke arah kiri dan kanan masing-masing sebanyak 10 kali. Kamu bisa melakukan ini tanpa harus turun dari mobil atau saat berada di tengah kemacetan. Gerakan ini bermanfaat untuk mengurangi rasa pegal di sekitar leher.

Gerakan sederhana yang bisa bantu sembuhkan rasa pegal di leher (Foto: vhdissector.com)

Circle neck rotation

Tundukkan kepala ke arah dada, lalu putar kepala secara perlahan ke kiri dan ke kanan seperti bentuk melingkar. Lakukan ke masing-masing arah sebanyak 10 kali. Gerakan ini juga bermanfaat untuk melemaskan otot leher dan pundak yang terasa kaku.

Gerakan memutar kepala untuk melancarkan aliran darah di kepala dan hilangkan pegal di leher (Foto: ekhartyyoga.com)

Shoulder rotation

Gerakan ini sangat mudah dilakukan. Kamu cukup berdiri dalam posisi tegak, kemudian memutar kedua bahu kamu ke depan dan belakang. Lakukan masing-masing arah sebanyak 10 kali. Gerakan ini bisa membantu mengurangi pegal di area pundak dan sebagian punggung karena duduk terlalu lama.

memutar bahu bisa membantu atasi rasa pegal di pundak (Foto: Sapnamed.com)

Arm up stretch

Arahkan kedua tangan ke depan. Satukan telapak tangan, lalu balikan telapak dengan jari-jari kedua tangan tetap saling merekat. Setelah itu arahkan kedua tangan ke atas kepala dan secara perlahan dorong kedua tangan ke atas. Kamu bisa tahan selama 10 detik dan ulangi lagi sebanyak 2 sampai 3 kali.

Gerakan ini memberi banyak pengaruh pada otot di lengan hingga punggung supaya merasa lebih rileks.

Arm up stretch berguna untuk menghilangkan pegal di punggung (Foto: Xframe)

Cross body shoulder stretch

Luruskan tangan kanan ke arah depan, lalu silangkan ke kiri dengan posisi menekan ke arah dada. Gunakan tangan kiri untuk memberi tekanan pada bagian siku tangan kanan. Tahan posisi ini selama 10 detik dan ulangi dengan tangan lainnya. Lakukan ini masing-masing sebanyak 3 kali untuk mengurangi ketegangan otot di bagian pundak dan punggung.

Gerakan ini untuk hilangkan pegal di pundak dan punggung (Foto: Xframe)

Melakukan perjalanan mudik memang sering melelahkan, terutama kalau menggunakan mobil pribadi. Itu sebabnya sebelum mudik, sebaiknya pastikan bahwa fisik kamu juga dalam kondisi baik dan sebisa mungkin beristirahat dalam perjalanan untuk memulihkan kondisi tubuh yang lelah.

Visited 7 times, 1 visit(s) today