Terinspirasi dari  Militer, ini Manfaat Dahsyat Olahraga TRX Buat Kesehatan

olahraga trx

Olahraga sudah menjadi kebiasaan banyak orang termasuk anak-anak muda yang dinamis. Salah satu olahraga yang banyak diminati sekarang adalah TRX atau total body resistance yang berfokus pada pertumbuhan massa otot.

TRX sendiri terinspirasi dari olahraga militer Amerika Serikat. Karena kondisi medan perang yang serba terbatas, para militer membutuhkan olahraga di ruang sempit namun memberikan dampak optimal bagi tubuhnya.

Untuk melakukan TRX tidak sulit dan hanya membutuhkan seutas tali yang dirancang secara khusus, agar kamu tetap aman dan nyaman selama melakukan berbagai variasi gerakannya. Sepintas, tali untuk TRX bentuknya mirip dengan tali utama para penerjun payung. Tali ini kemudian diikatkan pada sebuah palang besi atau tempat apapun yang sangat kokoh.

TRX membutuhkan tali khusus yang digunakan untuk menopang berat badan (Foto: Pexels)

TRX sendiri pada dasarnya terdiri dari berbagai gerakan tapi intinya adalah bobot tubuh kamu bertumpu pada tali yang sudah disediakan. Gerakan pada TRX sebetulnya adalah gerakan olahraga yang sudah umum, seperti:

  • Push-up
  • Chest press
  • Plank
  • Squat
  • Crunch

Yang membuat TRX berbeda adalah adanya tali penahan yang dijadikan tumpuan untuk menopang berat badan. 

Sponsored Links

Cobain TRX, ini Manfaatnya Buat Kesehatan

Namanya juga olahraga yang terinspirasi dari olahraga para militer, jadi TRX sangat fokus pada kekuatan otot. Ini cocok buat kamu yang sedang membentuk tubuh yang ideal dan membangun kekuatan otot.

Menjaga berat badan ideal

Latihan TRX secara intens dalam waktu 60 menit akan membakar sekitar 400 kalori. Buat kamu yang sedang menurunkan berat badan dan komposisi lemak cukup banyak, latihan TRX sangat direkomendasikan.

Namun, perhitungan tersebut tidak mutlak, karena ini juga tergantung dari kondisi badan dan gerakan-gerakan apa saja yang kamu lakukan selama latihan. 

Membentuk otot

Fokus pada latihan ini memang untuk kesehatan dan pembentukan otot. Itu sebabnya dengan berlatih TRX secara rutin, massa otot akan menebal dan serat otot akan terbentuk. Latihan ini juga akan meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas otot, dan ketahanan otot.

Tujuan utama dari TRX adalah membentuk kekuatan otot (Foto: Pexels)

Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Gerakan pada TRX yang bertumpu pada kekuatan otot akan membantu kelancaran peredaran darah, menjaga denyut jantung dan menurunkan tekanan darah. Rutin berlatih TRX bisa membuat kamu terhindar dari risiko penyakit jantung sekaligus menjaga kesehatan pembuluh darah.

Meredakan nyeri punggung

Gerakan pada TRX akan menguatkan otot tubuh secara keseluruhan, termasuk juga otot punggung. Ini artinya kamu juga akan terhindar dari gangguan nyeri punggung karena olahraga ini banyak melatih kekuatan otot punggung juga.

Memperbaiki postur tubuh

Buat kamu yang terbiasa dengan duduk santai, secara tidak sadar sebetulnya juga sudah membiasakan diri untuk menjadi bungkuk. Ini karena posisi punggung bawah yang turun dan membentuk postur seperti melengkung. Tanpa sadar, duduk lama dalam posisi ini akan membuat postur tulang punggung juga ikut melengkung.

Dalam gerakan-gerakan TRX kamu akan dipaksa untuk meluruskan postur tulang punggung karena olahraga ini melatih otot-otot yang menopang punggung, dada dan juga bahu. 

Melatih fleksibilitas tubuh

Latihan TRX akan melatih kamu untuk menyeimbangkan tubuh dan melakukan peregangan secara berkala. Hasilnya, latihan ini akan membuat tubuh kamu jadi lebih lentur dan fleksibel.

Kalau kamu masih dalam tahap belajar dan masih pemula untuk latihan TRX, ada baiknya kamu melakukannya di pusat kebugaran dengan bantuan instruktur yang berpengalaman. Ini karena TRX sangat mengandalkan kekuatan otot dan bila kamu slah dalam posisi atau gerakan maka akan berisiko cedera.

Visited 6 times, 1 visit(s) today