Lawan Perut Buncit, ini Olahraga untuk Bikin Perut Tetap Langsing

atasi perut buncit

Punya perut buncit bisa menjadi masalah serius. Tak hanya soal penampilan, tapi juga soal kesehatan. Mulai dari diabetes, hipertensi, hingga risiko terkena penyakit jantung bisa dimulai dari menumpuknya lemak di perut. Lalu, bagaimana cara mengatasi perut buncit agar terhindar dari risiko penyakit?

Ada beberapa cara agar perut tak menjadi tempat timbunan lemak berlebihan. Salah satunya adalah dengan rutin berolahraga. Gak perlu datang ke gym, olahraga ini bisa dilakukan di rumah sendiri dan sekitarnya.

Nah, buat Sahabat Goodlife yang mulai merasa lemak di perut sudah mulai berlebih dan ingin menghilangkan dengan cara alami, bisa mengikuti beberapa gerakan olahraga berikut ini.

Jogging

Jogging atau lari santai ini selain mudah dilakukan di sekitar rumah, juga gak perlu keluar banyak biaya. Nah, berapa banyak sih kalori yang digunakan untuk jogging? Ini tergantung dari beberapa faktor, seperti jarak, waktu hingga berat badan. Dilansir dari hellosehat, orang dewasa dengan berat badan 70 kilogram dan melakukan jogging sejauh 5 kilometer diketahui bisa membakar 596 kalori. Sedangkan dengan jarak yang sama dan berat badan 84 kilogram bisa membakar 710 kalori.

Melakukan jogging, olahraga sederhana yang efektif bakar kalori. (Foto: Pexels)

Side plank

Hampir sama dengan gerakan plank biasa, side plank dilakukan dengan posisi tubuh miring 90 derajat dan masih menggunakan 2 tumpuan, yaitu siku dan kaki. Selain ampuh mengecilkan perut, side plank juga membuat otot inti bagian punggung menjadi lebih kuat. 

Cara melakukan side plank yang benar:

  • Miringkan badan ke salah satu sisi tubuh. Kemudian posisikan siku tepat berada di bawah bahu dan angkat lengan lainnya tegak lurus dengan tubuh.
  • Luruskan kaki dengan cara menumpuk keduanya. Bisa juga dengan menempatkan satu kaki agak ke posisi depan dari kaki lainnya.
  • Kontraksikan otot perut dengan mengangkat pinggul yang masih menempel pada lantai sampai tubuh benar-benar terangkat dan lurus dari bahu hingga kaki.
  • Tahan posisi pinggul selama 30 hingga 45 detik. Turunkan kembali dan ulangi beberapa kali, termasuk pada sisi sebaliknya.
Selain otot perut, side plank juga memperkuat otot punggung. (Foto: Pexels)

Lompat tali

Bila cuaca sedang kurang baik atau enggan keluar rumah, bukan berarti olahraga harus terhenti. Kamu bisa lakukan lompat tali di dalam rumah. Dikenal juga dengan nama skipping, lompat tali selain bisa membakar lemak di perut juga menyehatkan jantung dan paru-paru. 

Bicycle crunch

Dari namanya, olahraga ini gerakannya memang mirip seperti orang naik sepeda, terutama di bagian kakinya yang seperti mengayuh pedal sepeda. Namun olahraga ini dilakukan dengan posisi tidur terlentang. Memang mudah kelihatannya, tapi bila dilakukan secara konsisten ini akan cukup menantang.

Bicycle crunch bermanfaat untuk melatih otot perut menjadi semakin kuat sekaligus menghilangkan lemak yang bertumpuk di perut. Berikut cara melakukan bicycle crunch dengan benar:

  • Gunakan matras dan berbaringlah terlentang. Gunakan kedua tangan untuk menopang bagian kepala.
  • Posisikan kepala sedikit ke depan dan tidak menempel pada matras.
  • Angkat kaki ke atas hingga membentuk sudut 45 derajat dari lantai.
  • Gerakkan kaki seperti mengayuh sepeda sambil menggerakkan kepala ke kanan dan kiri.
  • Ketika kepala menengok ke sisi kanan, kaki kiri ditekuk hingga menempel siku. Luruskan kembali, lalu lakukan gerakan yang sama pada sisi berlawanan.
  • Lakukan sebanyak 10 kali, yaitu 5 kali ke kiri dan 5 kali ke kanan. Ulangi hingga 2 sampai 3 sesi.
olahraga atasi perut buncit
Gerakan bicycle crunch. (Foto: Freepik)

Sit up

Gerakan dasar untuk mengecilkan perut ini cukup mudah dilakukan dan kalau secara konsisten, hasilnya juga gak akan mengecewakan. Nah, biar sit up jadi maksimal, yuk simak cara melakukannya dengan benar berikut ini:

  • Berbaring terlentang di lantai yang dialasi matras.
  • Tekuk lutut dengan telapak kaki menapak di lantai atau bisa juga menahan kaki tertekuk menggantung di udara.
  • Silangkan lengan di depan dada atau bisa juga menaruh tangan di belakang kepala.
  • Angkat bahu menggunakan otot perut dan berhenti setelah sampai agak ke atas.
  • Jangan mengangkat seluruh punggung dari lantai karena bisa mengakibatkan otot punggung tertarik dan cedera.
  • Kembalikan tubuh ke posisi berbaring, lalu ulangi beberapa kali.

Nah, Sahabat Goodlife juga sebaiknya melakukan olahraga tersebut secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang optimal. Dan jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan sebelum melakukan gerakan olahraga tersebut untuk mencegah cedera otot.