Nonton Yuk! 5 Film Dokumenter ini Bisa Bikin Kamu Semangat Lho

Suka nonton film? Nah, film-film bagus ternyata gak harus selalu film drama, aksi atau komedi lho. Beberapa film dokumenter juga mendapat penghargaan dan apresiasi positif dari penonton dan bahkan para kritikus film. Gak hanya edukatif, film dokumenter juga ada yang bisa bikin kamu jadi lebih bersemangat.

Betul! Salah satu keunggulan film dokumenter adalah karena film jenis ini menggambarkan suatu keadaan berdasarkan fakta atau kenyataan. Jadi, dalam film ini gak ada tokoh fiksi yang didramatisir agar film jadi lebih seru.

Nah, berikut adalah beberapa film dokumenter yang bisa membangun motivasi kamu untuk  lebih bersemangat. 

1. Cowspiracy

Merupakan sebuah film dokumenter yang disutradarai oleh Kip Andersen dan Keegan Kuhn. Film ini dibuat untuk mengungkap industri peternakan yang dianggap paling merusak bumi saat ini dan berdampak hingga ke masalahan lingkungan, salah satunya adalah pemanasan global. Film ini juga mengupas mengapa organisasi lingkungan terkemuka di dunia terlihat masih takut untuk mengungkap isu ini. Menarik kan?

Film ini menggambarkan bagaimana peternakan hewan dianggap sebagai penyebab utama deforestasi dan konsumsi air yang besar, bertanggung jawab lebih banyak atas efek gas rumah kaca daripada industri transportasi, dan merupakan pendorong utama perusakan hutan hujan termasuk penyebab kepunahan beberapa spesies hewan tertentu, hilangnya habitat asli, dan erosi lapisan tanah.

Nah, bagi kamu yang sedang mengurangi konsumsi makanan hewani, film ini bisa memotivasi kamu untuk lebih konsisten melakukannya. Film ini juga banyak memuat wawancara menarik tentang isu pemanasan global sebagai dampak dari industri peternakan. 

Film Cowspiracy yang berkisah tentang industri peternakan yang mengancam lingkungan. (Foto: cowspiracy.com)

2. Pedal the World

Bagaimana rasanya keliling dunia naik sepeda? Film dokumenter karya dari Felix Starck ini mengabadikan perjalanannya keliling dunia hanya dengan menggunakan sepeda saja dan menempuh jarak 18.000 kilometer serta melintasi 22 negara. 

Gak hanya soal perjalanan, tapi film ini juga mengupas cara pandangnya melihat dunia dari hal menarik yang ditemui selama perjalanan, seperti bertemu dengan teman baru dari berbagai negara dan beradaptasi dengan kebiasaan masyarakat yang berbeda. 

Buat kamu yang sedang merasa bosan dan butuh inspirasi, film ini bisa memotivasi kamu dengan gambaran bagaimana Felix Starck mewujudkan keinginannya naik sepeda keliling dunia dan melewati banyak tantangan selama perjalanannya.

Felix Starck dalam perjalanan keliling dunia di film Pedal the World. (Foto: netflix.com)

3. Tidying Up

Film ini adalah salah satu seri dokumenter Netflix yang cukup banyak mendapat perhatian dan berkisah tentang Marie Kondo, seorang konsultan pembenahan rumah dari Jepang yang membantu para keluarga di Amerika Serikat yang merasa kesulitan untuk merapihkan rumah. 

Walaupun tiap serinya berdurasi kurang dari 1 jam dan hanya tayang sebanyak 8 episode saja, kamu bisa melihat bagaimana Marie Kondo bersama kliennya bekerjasama dalam menata rumah yang awalnya berantakan hingga akhirnya tertata rapi. Bagi Marie Kondo, menata isi rumah bukanlah sekadar merapihkan barang, tapi juga menjaga hubungan spiritual yang positif antara pemilik rumah dengan tempat tinggalnya.

Merasa sulit untuk merapihkan isi rumah? Film ini juga memberikan tips-tips sederhana seperti cara melipat pakaian hingga konsep peletakan barang-barang agar lebih teratur. Dengan nonton film ini semoga Sahabat Goodlife juga bisa termotivasi ya untuk menata isi rumah menjadi lebih baik.

Film seri Tidying Up yang memberikan gambaran bagaimana merapihkan rumah agar lebih nyaman. (Foto: IG @mariekondo)

4. Resurface

Film dokumenter ini bercerita tentang veteran perang Amerika Serikat yang mengalami trauma atau ketakutan selama masa bertugas di medan perang, sehingga mereka berpikir untuk mengakhiri hidupnya setelah tugas usai. 

Untuk itulah Van Curanza, seorang peselancar yang kemudian menggagas ide Operation Surfing meyakini bahwa dengan berselancar, trauma para veteran perang ini bisa disembuhkan dan kembali bersemangat menjalani hidup. 

Meski beberapa adegan bisa menguras air mata, namun film ini benar-benar membangkitkan motivasi untuk tetap tegar dalam menghadapi masalah berat dalam hidup dan kamu bisa menemukan semangat itu dalam hal-hal sederhana, seperti berselancar atau hal menyenangkan lainnya.

Mengangkat motivasi dengan berselancar menjadi tema menarik di film Resurface. (Foto: netflix.com)

5. I am Maris: Portrait of a Young Yogi

Film dokumenter karya Laura Van Zee ini berkisah tentang seorang gadis berusia 17 tahun bernama Maria yang mengalami gangguan kecemasan sejak kecil. Ibunya kesulitan mengatasinya walaupun hingga bolak-balik ke rumah sakit. Lalu Maria mulai mengenal yoga dan mulai belajar untuk menyembuhkan jiwanya dan belajar untuk menerima diri sendiri. 

I Am Maris: Portrait of a Young Yogi adalah sebuah film yang memberikan pesan kepada kita untuk belajar memaafkan serta mencintai diri sendiri. Banyaknya masalah yang harus kita hadapi setiap hari kadang membuat kita tertekan dan tak jarang kemudian menyalahkan diri sendiri. Buat kamu yang sedang dalam kondisi demikian, menonton film ini mungkin bisa mendapatkan pencerahan dan mengembalikan lagi semangatmu.

Yoga sebagai salah satu cara untuk memotivasi diri. (Foto: iammarismovie.com)

Nah, dari 5 film tersebut, Sahabat Goodlife mau nonton yang mana nih? Apapun pilihannya, semoga bisa terinspirasi dan memotivasi kamu untuk kembali bersemangat ya!

Visited 31 times, 1 visit(s) today