Porang, Tanaman Asli Indonesia yang Kaya Manfaat dan Laris di Luar Negeri

Porang yang merupakan tanaman asli Indonesia ternyata punya banyak manfaat. Mulai dari kesehatan, kecantikan, hingga untuk bahan baku industri. Gak heran, tanaman porang kini laris manis jadi komoditas ekspor ke berbagai negara, termasuk Jepang, Tiongkok, dan Selandia Baru.

Tanaman porang (Amorphophallus muelleri) merupakan jenis tanaman umbi-umbian yang tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan Selatan, Bali, Sulawesi Selatan, dan Flores. Tanaman yang biasanya tumbuh liar di hutan ini juga sudah banyak dibudidayakan oleh petani di berbagai daerah di Indonesia.

Salah satu alasan kenapa para petani kini mulai tertarik membudidayakan porang adalah karena permintaan porang dari berbagai negara semakin melonjak. Pada 2020 saja, Indonesia mengekspor porang sebanyak 32 ribu ton ke Tiongkok, Jepang, Vietnam, Australia, Thailand, Filipina, Korea Selatan, Malaysia, Italia, Pakistan hingga Selandia Baru.

Umbi porang berbentuk bulat dengan akar rambut di kulit luarnya dan bagian dalamnya berwarna kuning muda. Selain dalam bentuk umbi segar, porang juga diekspor dalam bentuk chips (potongan seperti keripik), tepung porang (konnyaku flour) dan tepung glukomannan (konnyaku glucomannan).

Sponsored Links

Porang yang Serba Guna

Permintaan porang yang melonjak dari berbagai negara ini ternyata juga tak lepas dari kandungan glukomannan (Konnyaku Glukomannan/KGM) yang terdapat pada bagian umbinya. Glukomannan inilah yang bisa diolah untuk berbagai bahan baku makanan, kosmetik, farmasi, tekstil hingga konstruksi.

Sebagai bahan makanan

Kandungan glukomannan yang tinggi merupakan ciri spesifik dari umbi porang. Glukomannan bisa membantu stabilkan kadar kolesterol dan memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Hal inilah yang kemudian membuat porang digunakan sebagai bahan makanan sehat seperti mi shirataki dan konnyaku.

Glukomannan juga dapat membentuk gel dan menjadi bahan campuran pembuatan permen lunak, jeli, selai, yogurt, puding, dan pengental sirup, serta es krim.

Sebagai bahan farmasi

Glukomannan mampu membentuk lapisan tipis yang bisa digunakan sebagai bahan pembentuk dan perekat kapsul obat-obatan.

Sebagai bahan kosmetik

Glukomannan memiliki manfaat khusus untuk kulit seperti membantu menghilangkan jerawat, bersifat anti inflamasi yang bisa mengatasi peradangan pada kulit, serta campuran tepung porang dan bengkoang bisa meningkatkan kandungan vitamin C sehingga bisa mencerahkan kulit. 

manfaat porang
(Foto: xframe.io)

Sebagai bahan Industri

Kandungan konnyaku pada umbi porang juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan kedap air, bahan pembuat lem yang ramah lingkungan, campuran untuk membuat kertas agar kuat dan tahan lama, perekat cat tembok, kertas, kain katun dan wol, pembuatan komponen pesawat terbang dan parasite.

Selain glukomannan, umbi porang juga mengandung lemak, protein, mineral, vitamin, dan serat pangan. Kandungan tersebut membuat umbi porang bisa dijadikan alternatif pengganti makanan pokok.

Namun umbi porang tidak bisa hanya direbus lalu dimakan seperti umbi-umbi lainnya karena bisa menimbulkan rasa gatal di dalam mulut. Saat ini juga telah tersedia tepung porang siap pakai di berbagai marketplace dengan harga bervariasi mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 185 ribu sesuai dengan beratnya.

Visited 39 times, 1 visit(s) today