Tanpa Disadari, Kebiasaan ini Bisa Bikin Kulit Kamu Jadi Kering

kulit

Banyak orang mengeluh karena kulitnya kering. Namun banyak juga yang tidak sadar kalau sebetulnya kulit kering bisa disebabkan oleh kebiasaan kita.

Kulit kering adalah salah satu tipe kulit yang dapat dimiliki seseorang, namun juga dapat disebabkan oleh beberapa hal lainnya, seperti udara yang kelewat panas atau dingin, iritasi pada kulit, perubahan cuaca, dan sebagainya. Kondisi kulit kering ini sebenarnya juga bisa diperparah oleh beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan yang ternyata kurang baik.

Sponsored Links

Kebiasaan yang Bikin Kulit Kering

Berikut ini adalah beberapa contoh penyebab kenapa kamu mengalami kulit kering.

Terlalu lama mandi air panas

Mandi air panas memang terasa nyaman di badan, namun bila dilakukan terlalu lama dan setiap hari, dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Kontak yang lama antara air panas dan kulit dapat menyebabkan mengelupasnya kulit serta gangguan pada produksi minyak alami di kulit yang berujung pada kulit menjadi kering. Disarankan sebaiknya mandi air panas atau hangat tidak berdurasi lebih lama dari 10 menit.

Memakai sabun yang terlalu keras

Sabun batang tradisional biasanya memiliki kadar pH (asam) yang terlalutinggi basanya dan mengandung surfaktan. Surfaktan, terutama yang bertipe sodium lauryl sulfate (SLS) dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan membuat kulit kering.

Sabun yang tidak cocok kandungannya akan bikin kulit kering (Foto: Pexels)

Memakai pelembab yang kurang cocok

Kita mungkin sering berpikir bahwa pemakaian pelembab, terutama yang cukup berat dan berminyak akan membuat kulit kita semakin lembab dan tidak kering. Namun faktanya, menggunakan pelembab yang terlalu berat atau kandungannya terlalu kompleks malah akan membuat kulit semakin kering.

Kurang minum air

Kurang minum air dapat membuat kulit mengalami dehidrasi yang pada umumnya memiliki ciri-ciri yang sama seperti kulit yang sedang kering, yaitu kulit terasa tertarik, terasa kasar, pecah-pecah/bersisik, dan tampak garis-garis halus pada kulit.

Malas mengganti sprei dan pakaian

Sprei dan pakaian yang kotor lalu bergesekan dengan kulit kita dapat menyebabkan kuman dan bakteri yang terkumpul berpindah ke kulit dan menyebabkan berbagai macam masalah kulit, salah satunya adalah iritasi yang menyebabkan kulit menjadi kering.

Tidur terlalu malam atau kurang tidur

Ketika kita tidur, tubuh memproduksi kolagen yang berguna untuk melembabkan, mengencangkan, dan mencerahkan kulit. Bila kita tidur terlalu larut ataupun kurang tidur, maka produksi kolagen dalam tubuh dapat terganggu dan kita tidak dapat mendapatkan serta merasakan efek dari kolagen.

tidur
Kurang tidur akan bikin kulit kering (Foto: pexels)

Mengatasi Kulit Kering, Begini Caranya

Untuk mengatasi dan mencegah kulit kering, kita bisa melakukan beberapa kebiasaan baik seperti berikut:

Membersihkan kulit dengan bahan yang lembut atau ringan

Gunakan produk pembersih berbahan ringan yang tidak merusak kulit serta menghindari produk pembersih yang mengandung alkohol, sodium lauryl sulfate (SLS), dan zat pewangi karena bahan-bahan tersebut dapat merusak kulit.

Minum cukup air putih

Untuk mencukupi kebutuhan hidrasi tubuh kita termasuk kulit, maka minumlah air putih dalam jumlah yang cukup yaitu sekitar 8 gelas (2 liter) per hari. Dengan begitu, kita dapat menghindari dehidrasi pada kulit.

Konsumsi makanan bernutrisi

Mengonsumsi makanan, terutama yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K dapat menjaga kandungan kolagen dan menyehatkan kulit. Vitamin-vitamin tersebut terkandung dalam buah-buahan, sayur-sayuran serta biji-bijian.

Selain itu, kita juga membutuhkan lemak tak jenuh yang berasal dari ikan seperti salmon, alpukat, serta kacang-kacangan yang dapat membantu memperbaiki sel kulit yang rusak.

Memakai pelembab secara rutin

Gunakan pelembab yang ringan dan water-based yang dapat menjaga kelembaban kulit dengan baik tanpa membuat kulit menjadi semakin kering. Pelembab sebaiknya digunakan setelah mandi, karena keadaan kulit yang masih lembab dapat membantu penyerapan dari kandungan dalam pelembab yang kita gunakan.

Eksfoliasi berkala

Eksfoliasi yang dilakukan secara berkala namun tidak setiap hari dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan produk pelembab yang kita gunakan dapat diserap dengan lebih baik.

Setelah mengetahui kebiasaan yang bisa membuat kulit kering, yuk kita mulai menghentikan dan mengganti kebiasaan buruk tersebut dengan yang lebih baik! 

Visited 7 times, 1 visit(s) today