V-Soy Dukung Pemberdayaan Peran Perempuan Melalui Pola Hidup Sehat

Perjuangan Kartini memajukan kaum perempuan semakin terasa semangatnya di masa kini. Tak hanya soal karir, peran perempuan dalam mengelola rumah tangga juga kini semakin kompleks dan ini tidak terlepas dari pola hidup sehat yang memungkinkan stamina tetap terjaga untuk beraktivitas setiap hari.

Itu sebabnya, V-Soy, produk minuman berbasis nabati yang bebas kolesterol dan rendah gula mengadakan rangkaian kegiatan untuk memperingati hari Kartini pada 21 April 2022 dengan nama V-Soy Ladies First. Kegiatan ini juga mengangkat tema besar, yaitu Women Empowerment – Perjuangan dan Dukungan di Balik Para Perempuan Hebat.

Beberapa kegiatan dari rangkaian acara menarik ini adalah program talkshow yang bisa disaksikan melalui akun Instagram @vsoyworldindonesia. Bincang seru mengenai peran para perempuan yang menginspirasi ini menghadirkan aktor Andrew White dan model Sigi Wimala dan dilakukan secara live pada 9 April 2022 lalu.

V-Soy dikenal sebagai salah satu minuman dengan bahan kedelai yang lebih sehat (Foto: Dok. V-Soy)
Sponsored Links

Dukungan dari Pola Hidup Sehat

Menurut Sigi, peran wanita saat ini sangat besar baik dalam rumah tangga maupun dalam dunia karir. “Kadang ada juga yang namanya bad days dimana kita merasa berat sekali menjadi seorang perempuan harus melakukan banyak hal,” terang Sigi. “Itu sebabnya harus ada support system yang kuat,” tambahnya.

Selain dukungan dari keluarga, Sigi juga menyoroti support system ini berupa pentingnya dukungan berupa asupan makanan dan minuman yang sehat serta kebiasaan untuk melakukan pola hidup yang sehat. Sigi sendiri mengaku bahwa hidup sehat sudah menjadi gayanya sejak remaja.

“Pola hidup sehat bukan hal baru buat saya. Dulu saya sering bergaul dengan anak-anak pria. Jadi saya sangat aktif main basket, inline-skate dan lain-lain. Jadi sampai sekarang memang sudah biasa aktif,” terangnya.

Menjalankan aktivitas sebagai perempuan aktif yang juga harus mengurus keluarga membuat Sigi harus bisa membagi perannya secara seimbang. Menurut Sigi, kesuksesan bukanlah capaian prestasi semata, namun menemukan keseimbangan dalam aktivitas. “Sukses sebagai wanita itu harus balance,” terang Sigi. “Menemukan balance ini yang susah karena kita harus mengerjakan banyak hal,” tambahnya.

Sementara itu Andrew memandang bahwa peran wanita harus diapresiasi. Andrew sendiri mengakui bahwa wanita memiliki hal menarik yang membuatnya kagum. “Wanita itu bisa sabar dalam segala kondisi. Ini beda dengan laki-laki,” terang Andrew. “Wanita-wanita di sekeliling saya adalah support system terbesar saya. Mereka ini bisa memilah banyak masalah dalam aktivitas sehari-hari,” tambahnya.

Selaras dengan Sigi, Andrew juga berpendapat bahwa pola hidup yang sehat adalah juga merupakan dukungan besar untuk bisa menjalankan peran penting sehari-hari, seperti yang dilakukan kaum perempuan. Baginya, pola hidup sehat bisa memberikan dampak bagi seluruh keluarga.

“Pola hidup sehat sudah lama jadi lifestyle bagi keluarga saya,” tegas Andrew. “Istri saya sangat berperan dalam mengatur dan mendukung asupan makanan dan minuman yang sehat. Dari apa yang kita konsumsi bisa memberikan banyak aspek untuk kesehatan,” tambahnya.

V-Soy bisa menjadi pilihan untuk asupan minuman yang sehat (Foto: IG @vsoyworldindonesia)

Peran Kesehatan Mental pada Perempuan Masa Kini

Salah satu tantangan kaum perempuan masa kini adalah menghadapi begitu banyak masalah yang rentan memicu emosi. Namun menurut Sigi, sebetulnya banyak hal yang bisa dilakukan untuk bisa mengontrol emosi. “Melakukan hal yang bisa bikin bahagia,” terang Sigi. “Lebih jauh lagi mengontrol emosi bisa juga didukung dengan konsumsi asupan yang sehat,” tegasnya.

Selain itu Sigi juga menyoroti pentingnya self-reward sebagai salah satu hal yang bisa membantu peran perempuan masa kini. “Dulu saya berpikir bahwa kebahagian itu harus diutamakan untuk anak dan suami, saya belakangan saja,” jelasnya. “Tapi ternyata itu salah. Untuk bisa membahagiakan orang lain, kita harus bahagia dulu,” tambah Sigi.

Menurut Sigi, pikiran bahwa menjadi seorang ibu hanya melulu soal pengorbanan tanpa memikirkan self-reward maka akan terjadi burnout. “Jadi, bagi seorang ibu kebahagiaan pada diri sendiri itu sangat penting,” tegasnya.

Ini juga didukung oleh Andrew yang menegaskan bahwa kondisi mental seorang ibu yang sedang down akan mempengaruhi banyak hal dalam keluarga. “Kadang saya ikut bantu memasak. Inilah yang dinamakan teamwork jadi kita saling berikan empowerment,” terangnya.

Ada banyak hal yang harus menjadi perhatian dalam membangun pola hidup yang sehat terutama bagi seorang perempuan aktif yang menjalani banyak peran di masa kini. Itu sebabnya menjalankan pola hidup sehat harus dimulai sedini mungkin. Bincang menarik ini bisa kamu simak selengkapnya di Instagram @vsoyworldindonesia.

V-Soy juga akan kembali mengadakan talkshow secara live melalui Instagram @vsoyworldindonesia pada 23 April 2022 pukul 16:00 dengan menghadirkan Andrew White dan desainer Anne Avantie dengan tema The Outsanding Woman. Selain itu kamu juga bisa ikut lomba foto Share Your Idol yang berhadiah total Rp10.000.000. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengunggah foto perempuan yang jadi idola kamu disertai dengan caption menarik dan inspiratif lalu berikan hashtag #vsoyladiesfirst serta tag ke akun @vsoyworldindonesia.

Visited 1 times, 1 visit(s) today