Yuk, Tiru Pola Hidup Sehat Ala Randy Pangalila

Randy Pangalila

Randy Pangalila terkenal sebagai salah satu aktor yang memiliki tubuh atletis dan menjaga pola makan yang sehat. Terhitung sejak tahun 2008, ia menerapkan pola makan sehat dan rajin berolahraga. Randy merasakan banyak manfaat dengan pola hidup sehat yang dijalaninya itu. Selain gak mudah sakit, ia juga memiliki tubuh atletis. “Banyak yang tanya, bagaimana sih supaya punya badan yang six pack. Ya semuanya gak datang dalam 3 bulan tapi memang butuh proses yang lama dan konsisten. Jalanin aja pola makan yang benar, suplementasi yang benar, olahraga yang rutin, dan istirahat yang cukup,” kata Randy kepada Goodlife.

Randy Pangalila
Randy Pangalila (Foto: Instagram@randpunk)

Tubuh Randy yang atletis saat ini adalah hasil konsistensi rutin olahraga dan menjaga pola makan sehat sejak tahun 2008. Salah satunya, ia mulai mengganti makanan sumber karbohidratnya dengan sayuran dan buah. 

“Kadang orang pikir karbohidrat itu hanya dari nasi, padahal ya gak. Karbohidrat itu banyak sumbernya, di buah apel, mangga, pisang, brokoli, itu semua ada karbohidratnya. Jadi pola makan saya sebenarnya ada karbohidratnya tapi karbohidrat kompleks, bukan karbohidrat yang tinggi gula seperti di nasi putih itu,” ujar aktor yang pernah menjuarai Celebrity Fight di acara One Pride Mixed Martial Arts (MMA) 2019 ini.

Sponsored Links

Jadwal Makan Dalam Satu Hari

Agar gak penasaran, Randy membagikan jadwal makan dan menu yang ia santap setiap hari khusus untuk Sahabat Goodlife nih. Oiya, sebelumnya Randy tidak menggunakan istilah sarapan, makan siang atau makan malam tapi menggunakan sebutan makan pertama, kedua, dan ketiga. Dan jeda di antara waktu makannya adalah masing-masing 6 jam.

makanan Randy Pangalila
contoh makanan Randy Pangalila (Foto:Instagram@ansperformanceindonesia)

Makan Pertama

  • Bangun tidur langsung minum segelas air putih
  • Minum multivitamin dan minyak ikan
  • Makan buah, pilihan Randy apel fuji 1 buah
  • 2 butir telur, cara masaknya terserah, bisa dengan direbus, telur mata sapi, dadar, atau setengah matang dll
  • Kopi tanpa gula

“Kenapa kopi hitam tanpa gula, karena itu fat burner alami dari kafeinnya,” jelas aktor kelahiran Surabaya, 19 Oktober 1990 ini.

Setelah makan pertama, Randy biasanya berolahraga selama 1 jam. “Saya olahraga full body yang tidak pakai beban, body weight training dengan badan saya aja sebagai bebannya. Itu yang saya lakukan selama ini rutin setiap hari.” 

Makan Kedua

  • Protein dan sayuran

Makan protein apa aja yang banyak, bisa sate ayam, ayam bakar, steak, ikan bakar, salmon, apalagi sashimi ya. Supaya cepet kenyang, banyakin sayur deh. Saya gak makan nasi, saya juga gak makan kentang, ubi, roti gandum. Karbohidratnya dari buah, kaya pisang, apel.

Randy

Nah, supaya cepat kenyang, Randy menyarankan untuk memperbanyak sayuran serta sesuaikan porsi makan. “Misalnya sate kalau pakai lontong cukup 10 tusuk, tapi karena tidak pakai lontong, saya biasanya makan 20 – 30 tusuk. Saya juga paling suka makan sashimi, seaweed salad, salmon salad. Nah kalau di antara jeda makan terasa lapar, saya biasanya minum air putih atau makan buah lagi,” kata Randy.

Makan Ketiga

  • Oatmeal dan susu
Randy Pangalila
Foto: Randy Pangalila

Awal menjalani pola makan sehat seperti itu, Randy mengaku sempat merasa lemas, ngantuk, dan cepat marah. “Rasanya gak ada energi. Tiga bulan pertama itu adalah yang paling berat tapi lama-kelamaan badan kita bisa menyesuaikan.”

Pola makan yang sudah 10 tahun ini dijalani, menurutnya adalah hasil trial and error. Ia bahkan dulu sempat terkena sakit gerd hingga harus istirahat selama 3 bulan. Kemudian ia banyak membaca buku kesehatan dan selalu mencari informasi yang baru hingga bisa menemukan pola makan yang cocok untuk tubuhnya seperti yang selama ini ia jalani. 

Selain nasi, saya juga pantang minum minuman manis seperti bubble tea atau es kopi yang saat ini banyak dijual dimana-mana.

Randy

Jadikan Sebagai Lifestyle

Banyak manfaat yang dirasakan Randy setelah menerapkan pola makan sehat dan rajin berolahraga. Selain merasa tubuh lebih ringan, Randy juga selalu merasa punya banyak energi untuk aktif bergerak, tahan lapar, dan gak gampang jatuh sakit.

Bagi Randy, menjaga pola makan sehat dan mempertahankan tubuh atletisnya adalah sebagai bentuk tanggung jawabnya pada profesinya sebagai aktor. 

“Karena saya gak mikir itu diet atau keterpaksaan tapi ini lifestyle saya. Itu yang membuat saya bisa konsisten. Ini juga tanggung jawab saya kepada pekerjaan. Saya pengin terus sehat, terus dikenal sebagai orang yang menjaga kesehatan dan selalu in-shape kapanpun agar ketika diminta untuk foto, produksi film atau apapun, saya selalu ready,” ujar Randy yang merasa bentuk dan berat tubuhnya saat ini adalah yang ideal, yaitu dengan tinggi 175 cm, berat badannya 68 – 69 kg.

Randy berpesan bahwa untuk konsisten seperti dirinya memang harus punya target sendiri agar tidak tergoda untuk cheating. Ketika sedang hangout bersama teman-temannya pun, Randy memilih untuk tidak tergoda.

“Kalau lagi nongkrong sama teman-teman, saya biasanya selalu bawa buah atau pesan buah. Minumannya pun selalu pesan teh tawar atau kopi pahit. Karena saat nongkrong itu kadang kita gak lapar tapi karena yang lain makan, kita jadi ikutan makan juga. Itu yang bikin berat badan naik juga. Makanya kalau lagi nongkrong, pas ngobrol saya sambil makan pisang,” ungkapnya tertawa.

Sahabat Goodlife bisa mencontoh pola hidup sehat ala Randy nih. Jangan lupa siapkan niat yang kuat dan konsisten menjalaninya. (Sri Isnaeni)

Visited 173 times, 1 visit(s) today