10 Makanan Yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

Kulkas yang berisi berbagai macam makanan

Sahabat Goodlife, hampir semua orang menggunakan kulkas sebagai tempat penyimpanan makanan. Memang kegunaan kulkas adalah tempat untuk mendinginkan dan membekukan, serta mengawetkan makanan. Banyak macam makanan yang dapat disimpan di kulkas, tapi kita juga harus mempertimbangkan rasa, tekstur dan kesegarannya. Tidak banyak yang tahu kalau menyimpan makanan di dalam kulkas terlalu lama dapat mengurangi kualitas gizi dan mempercepat proses pembusukan pada makanan tersebut. Ternyata tidak semua makanan boleh disimpan kedalam kulkas lho Sahabat Goodlife. Penasaran apa aja? Ini dia 10 makanan yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas.

Sponsored Links

1. Roti 

Roti

Roti dapat mengering dan menjadi basi lebih cepat di lemari es. Sebaiknya simpan roti di tempat yang sejuk dan kering. 

2. Melon

Melon yang masih utuh dan belum dipotong sebaiknya jangan dimasukkan kedalam kulkas, simpan di suhu kamar. Kamu bisa masukkan melon ke dalam kulkas setelah kamu potong, bungkus dengan plastic wrap.

3. Pisang

Pisang berasal dari iklim tropis dan sel-sel mereka tidak memiliki pertahanan alami melawan cuaca dingin. Jika pisang masih berwarna hijau dan kamu masukkan ke dalam kulkas, mereka tidak akan matang sama sekali dan menjadi lembek dan hitam. Namun jika sudah matang, lebih aman untuk memasukkannya ke lemari es.

4. Tomat

Tomat

Tomat jika didinginkan dapat merusak membran di dalam buah, merubah rasa dan tekstur. Tomat akan kehilangan rasa dan mungkin akan terasa agak encer dan mentah. Sebaiknya biarkan di atas meja.

5. Kentang

Kentang adalah satu-satunya makanan yang tidak boleh kamu simpan di lemari es karena bisa berbahaya. Ketika disimpan di lemari es, pati dalam kentang diubah menjadi gula. Ketika dipanggang atau digoreng, gula ini bergabung dengan asparagine asam amino dan menghasilkan kimia akrilamida, yang dianggap berbahaya.

6. Kue

Kue bagus untuk disimpan dalam wadah kedap udara selama beberapa hari. Jika ada krim di dalamnya, jelas sebaiknya harus memasukkannya ke dalam lemari es atau masukkan ke dalam kaleng kue. 

7. Kopi

Kopi

Biji kopi dan kopi bubuk menyerap aroma dari lingkungan mereka, dan jika kamu memasukkan nya kedalam lemari es rasanya akan seperti stilton. Sebaiknya simpan dalam wadah kedap udara di luar lemari es.

8.  Madu

Madu sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas karena pada suhu rendah madu mulai mengkristal, dan akan memiliki tekstur kasar.

9. Bawang 

Bawang merah dan bawang putih paling baik disimpan di daerah kering dan berventilasi baik. Jangan lupa untuk menyimpan bawang di tempat yang gelap atau mereka akan mulai tumbuh.

10. Alpukat

Alpukat

Jika kamu baru membeli alpukat mentah jangan disimpan ke dalam lemari es. Yah, menyimpannya di lemari es tidak akan membantu karena suhu dingin menghambat proses pematangan.

Visited 54 times, 1 visit(s) today