Kolesterol Mulai Naik Usai Lebaran? Turunkan dengan Makan Buah-Buahan ini

Salah satu hal yang harus diwaspadai setelah merayakan Idul Fitri adalah meningkatnya kadar kolesterol pada tubuh karena pola makan yang tidak terkendali. Selain pengobatan secara medis, kamu juga bisa meredakan kondisi ini dengan cara lebih alami yaitu konsumsi buah-buahan.

Meningkatnya kadar kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein)  jangan dianggap sepele. Pasalnya, kondisi ini bisa memicu berbagai penyakit berbahaya lainnya, seperti serangan jantung, stroke, dan hipertensi.

Biasanya, usai merayakan Idul Fitri, gangguan kesehatan seperti meningkatnya kolesterol ini kerap terjadi dan kadang tidak ditanggapi dengan serius dan dianggap hal yang biasa saja. Lebih bahayanya lagi, fenomena seperti ini cenderung berulang dari tahun ke tahun.

Untuk itu, agar kadar kolesterol bisa lebih terjaga dan untuk meminimalisir risiko naiknya kadar kolesterol, kamu bisa konsumsi buah-buahan segar. Tingginya kadar kolesterol akan berakibat penumpukan plak lemak pada pembuluh darah. Kondisi inilah yang mengakibatkan penyempitan pembuluh darah dan bisa memicu serangan jantung serta stroke.

Buah-buahan segar mengandung serat larut air yang bisa membantu penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah. Itu sebabnya konsumsi buah-buahan segar diyakini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Berikut adalah beberapa buah yang bisa kamu konsumsi untuk mengontrol kadar kolesterol yang mulai naik:

Alpukat

Alpukat dikenal dengan kandungan lemak tak jenuhnya yang baik untuk mendukung kesehatan jantung. Selain itu alpukat juga diketahui bisa menurunkan kadar kolesterol berkat beberapa kandungan senyawa yang bersifat antioksidan. Senyawa ini juga berfungsi untuk memperlambat penyerapan kolesterol pada tubuh.

Alpukat
Alpukat bisa memperlambat penyerapan kolesterol (Foto: Pixabay)

Kamu bisa konsumsi alpukat dengan banyak cara untuk mendapatkan rasa yang nikmat, namun sebaiknya hindari tambahan pemanis, seperti gula dan susu kental manis yang justru bisa memicu bahaya lain seperti naiknya kadar gula. Cobalah konsumsi alpukat dengan yogurt plain yang lebih sehat atau sebagai bahan tambahan pada roti lapis yang menggunakan roti gandum.

Apel

Apel sering dijadikan pilihan utama sebagai penurun kadar kolesterol. Ini berkat kandungan senyawa pektin yang ada di bagian kulit apel yang diketahui ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Senyawa pektin bekerja dengan cara menyerap kolesterol dan lemak jahat yang tertinggal di usus dan kemudian membuangnya melalui urin dan kotoran.

Kebaikan lainnya dari apel adalah kandungan seratnya yang tinggi sehingga bisa membuat kamu bisa merasa kenyang lebih lama dan menghindari makan berlebihan.

Pir

Buah yang menyegarkan ini juga dikenal ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol. Menurut keterangan dari HelloSehat, dalam 1 buah pir terdapat 16% kandungan serat untuk mencukupi kebutuhan serat harian. 

Mirip dengan apel, pir juga memiliki kandungan pektin yang efektif menurunkan kolesterol dan membuangnya ke luar tubuh. 

Rasanya manis menyegarkan, pir bisa jadi pilihan untuk stabilkan kolesterol (Foto: Pixabay)

Pepaya

Selain baik untuk membantu pencernaan, pepaya ternyata juga ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol berkat kandungan serat yang dimilikinya. Dalam 100 gram daging buah pepaya, terdapat 2 gram serat. Tak hanya kendalikan kolesterol, serat dalam pepaya juga berguna untuk mengontrol tekanan darah.

Jeruk

Jeruk memiliki kandungan serat sebanyak 2.3 gram dalam takaran 100 gramnya. Selain manfaat serat, jeruk juga mengandung pektin dan hesperidin, senyawa alami bersifat antioksidan yang ada pada buah-buahan jenis sitrus. Senyawa ini diketahui bisa membantu serat untuk menurunkan kadar kolesterol berlebih.

Pisang

Meskipun hanya memiliki kandungan serat sebanyak 0.7 gram dari 100 gram pisang, namun kandungan serat pada pisang bisa mengikat kolesterol untuk kemudian dibuang sebagai kotoran. Itu sebabnya buah pisang juga bisa dijadikan pilihan untuk meredakan kadar kolesterol yang mulai naik setelah merayakan hari raya.

Naiknya kandungan kolesterol pada tubuh perlu diwaspadai agar tidak memicu timbulnya penyakit berbahaya lainnya. Untuk cara yang lebih alami dan sederhana, kamu bisa memulainya dengan konsumsi buah-buahan tersebut.

Visited 1 times, 1 visit(s) today