Bukan Air Es, ini Dia Cara Efektif Hilangkan Rasa Pedas di Mulut

Bagi kebanyakan orang Indonesia, makan makanan pedas bisa membuat rasa makanan lebih nikmat dan menambah selera makan. Tapi makanan yang terlalu pedas juga bisa membuat lidah terasa panas dengan sensasi seperti terbakar. Tak nyaman tentunya!

Rasa pedas pada makanan berasal dari capsaicin, yaitu zat aktif pada cabai yang menimbulkan rasa pedas dan panas. Jika sudah kepedasan, biasanya tubuh akan mengeluarkan keringat, mata berair hingga telinga yang seperti berdengung. 

Nah, kebanyakan orang akan langsung minum air es untuk menghilangkan rasa pedas itu. Tapi, benarkah cara ini efektif hilangkan pedas?

Sudah menjadi kebiasaan bahwa untuk hilangkan rasa pedas adalah dengan minum air dingin. (Foto: Pexels)

Sebetulnya air putih atau air es tak bisa cepat meredakan rasa pedas. Justru bahan-bahan berikut inilah yang bisa dengan cepat menghilangkan rasa pedas di mulut. 

1.       Susu dan produk turunannya

Susu dan produk turunannya seperti yogurt mengandung senyawa kasein yang bisa menteralkan rasa pedas dari capsaicin pada cabai.

Caranya, kamu cukup meminum susu seteguk dan membiarkannya agak lama di dalam rongga mulut sebelum ditelan. Lakukan beberapa kali hingga rasa pedas di mulut berkurang. Atau kamu juga bisa menyantap sesendok yogurt. Cara ini diketahui juga bisa membantu meredakan rasa pedas di mulut. 

2.       Gula pasir

Banyak yang tak mengira kalau gula ternyata ampuh hilangkan rasa pedas. Ini disebabkan karena gula memiliki kemampuan menyerap capsaicin yang menjadi penyebab rasa pedas. Caranya cukup mudah, yaitu taburkan sejumput gula pasir di atas lidah lalu diamkan hingga beberapa saat. Gula akan menyerap rasa pedas di lidah dengan cepat.

3.       Garam

Bumbu masakan yang sudah pasti ada di dapur ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pedas di mulut dengan cepat. Caranya juga mudah, yaitu ambil sejumput garam halus lalu taburkan di bawah lidah dan biarkan meleleh dengan sendirinya. Rasa asin bisa membantu menetralkan rasa pedas pada lidah.

4.       Roti atau nasi

Kunyah roti atau nasi dengan pelan hingga lumat di mulut. Roti dan nasi bisa menyerap rasa pedas di lidah hingga rasa pedasnya berkurang. Selain itu, nasi mengandung glukosa yang juga bisa melawan rasa pedas.

5.       Air hangat

Saat kepedasan, yang terpikir oleh banyak orang adalah minum air es. Padahal yang lebih cepat menghilangkan rasa pedas di mulut adalah dengan minum air hangat. Memang ketika minum air hangat, lidah akan sedikit merasakan sensasi lebih panas dan menyengat tapi hanya beberapa detik dan setelah itu, rasa pedas akan jauh berkurang. Ini karena air hangat lebih mudah melarutkan capsaicin yang telah tersebar di mulut, terutama di lidah.

6.       Pisang

Pisang kaya akan kandungan serat yang bisa kamu jadikan alternatif untuk menghilangkan rasa pedas di mulut dalam waktu cukup singkat. Kandungan seratnya yang tinggi bisa melarutkan rasa pedas yang menempel di lidah. Cukup satu gigitan dari buah pisang lalu kunyah perlahan kemudian telan seperti biasa. Rasa pedas akan jauh berkurang.

Kandungan serat pada pisang yang bisa menghilangkan rasa pedas. (Foto: Pexels)

7.       Selai Kacang

Selai kacang mengandung lemak yang dapat melunturkan enzim capsaicin sehingga rasa pedas bisa berkurang dengan cepat. Ambil seujung sendok selai kacang lalu lumatkan perlahan di dalam mulut. Rasa pedas akan cepat berkurang.

Sponsored Links

Bahaya Makan Terlalu Pedas

Tanpa disadari, makan dengan sambal yang pedas dan nikmat bisa membuat kita lupa diri dan menambah porsi yang kita makan. Hati-hati! Karena makanan yang terlalu pedas juga bisa berakibat buruk pada kesehatan, seperti hal berikut ini:

Naiknya asam lambung

Terutama buat kamu yang menderita sakit maag, makanan pedas dengan mudah bisa menaikkan asam lambung. Ini karena rasa pedas yang menyengat akan membuat dinding lambung menjadi iritasi dan memicu naiknya asam lambung dengan cepat.

Diare

Sakit perut karena makan sambal? Ini sangat sering terjadi, karena rasa pedas dan panas dari capsaicin yang mencapai usus besar akan memicu iritasi dan tubuh akan mengirimkan banyak air ke usus besar untuk meredakan iritasi. Inilah sebabnya kemudian terjadi diare dan feses menjadi lebih cair.

Lidah mati rasa

Secara perlahan, rasa pedas akan menghilangkan sensitivitas rasa pada lidah. Bila terlalu  sering makan pedas maka sensitivitas pengecap rasa akan jauh berkurang dan kamu bisa kesulitan untuk mengukur rasa pedas yang kamu makan.

Makan makanan pedas memang menimbulkan selera makan yang lebih baik bagi sebagian orang. Namun sebaiknya tetap memperhatikan rasa pedas yang kamu konsumsi, karena makanan yang terlalu pedas juga akan berbahaya untuk saluran pencernaan.

Visited 56 times, 1 visit(s) today