Gak Perlu Obat Kuat, 8 Makanan ini Bisa Tingkatkan Stamina Secara Alami

makanan untuk otot

Stamina yang tinggi dibutuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari agar tidak cepat lelah. Selain olahraga, cara meningkatkan stamina juga bisa lewat makanan. Lebih alami daripada harus konsumsi suplemen setiap hari.

Stamina bukan hanya dibutuhkan oleh seorang atlet. Sebagai orang biasa, kita juga membutuhkan stamina yang tinggi untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa merasa cepat lelah.

Bayangkan berapa banyak tenaga yang harus kita sediakan mulai dari bangun tidur, perjalanan ke kampus atau ke kantor, seharian bekerja di kantor hingga kembali ke rumah pada malam hari.

Kita butuh stamina supaya bisa kerja dengan baik (Foto: pexels)

Stamina juga membuat kita lebih nyaman dan fokus melakukan aktivitas harian. Di samping olahraga rutin, kamu pun bisa meningkatkan stamina lewat konsumsi makanan sehat. Berikut makanan yang bisa meningkatkan stamina.

1.   Pisang

Buah yang mudah didapat ini sudah terkenal sebagai penyedia energi karena mengandung karbohidrat kompleks, potassium, dan serat. Pisang dengan cepat diproses tubuh menjadi sumber energi sehingga baik dikonsumsi sebelum beraktivitas maupun berolahraga.

Mengonsumsi pisang juga meningkatkan pelepasan dopamine, hormon yang membangun konsentrasi dan fokus.

2.   Telur ayam

Makan 2 butir telur ayam rebus saat sarapan bisa meningkatkan stamina dan daya tahan serta membangun kekuatan otot. Hal ini karena telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi serta mengandung banyak selenium, vitamin D, B6, B12, seng, besi, dan tembaga.

Jika di tengah hari merasa lelah, kamu bisa ngemil satu butir telur. Kandungan sembilan asam amino esensial pada telur bisa menghilangkan rasa lelah.

3.   Oatmeal

Oatmeal bisa menyediakan energi untuk waktu yang lama karena mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi. Seperti diketahui, karbohidrat kompleks lebih lambat dicerna tubuh sehingga membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan menjaga gula darah pada tingkat optimal.

Oatmeal bisa dikonsumsi untuk tingkatkan stamina (Foto: Pexels)

4.       Kacang-kacangan

Alih-alih ngemil keripik atau gorengan, cobalah untuk makan kacang-kacangan. Konsumsi segenggam kacang-kacangan bisa membantu menahan rasa lapar sambil meningkatkan stamina dalam sekejap.

Hal ini karena kacang-kacangan mengandung asam lemak tak jenuh ganda dan protein yang sehat.

5.       Alpukat

Alpukat termasuk superfood yang bisa memberikan kamu nutrisi sehat sekaligus sebagai penambah energi. Lebih dari 75% kandungan lemak alpukat adalah lemak tak jenuh yang menyehatkan.

Lemak baik ini akan disimpan sebagai cadangan energi dan dipakai ketika glukosa habis atau ketika tubuh mulai kekurangan energi.

6.       Sayuran hijau

Salah satu penyebab menurunnya stamina adalah tubuh kekurangan zat besi. Sayuran hijau adalah sumber zat besi yang sangat kaya dan baik untuk tubuh.

Sayuran hijau adalah sumber zat besi (foto: Pexels)

Selain zat besi, sayuran hijau juga kaya akan serat, vitamin, dan mikronutrien, yang membantu meningkatkan jumlah sel darah merah, memperlancar aliran darah dan oksigen, yang melepaskan energi sehingga meningkatkan stamina.

7.       Salmon dan Tuna

Ikan salmon dan tuna kaya akan asam lemak yang luar biasa baik bagi tubuh. Dalam 100 gram ikan berlemak seperti salmon dan tuna mengandung 142 kilo kalori energi, 20 gram protein, dan asam lemak omega-3 yang cukup banyak sehingga bisa membantu metabolisme energi, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan stamina.

8.   Ubi jalar

Mengonsumsi ubi jalar bisa membantu tubuh mendapatkan pasokan energi yang stabil serta bertahan lama karena kaya akan karbohidrat kompleks dan serat. 

Ubi jalar bisa membantu tubuh memecah nutrisi menjadi energi (Foto: pexels)

Selain itu, ubi jalar juga merupakan sumber pangan yang baik, yang membantu tubuh memecah nutrisi untuk menghasilkan energi.

Kesehatan dan stamina tubuh berjalan beriringan. Dengan memberikan makanan padat gizi serta olahraga teratur, kamu akan merasakan tubuh yang lebih sehat, bugar, dan tidak mudah kelelahan karena memiliki stamina yang tinggi.

Visited 1 times, 1 visit(s) today