Jaga Kesehatan! Penyakit ini Sering Menyerang Saat Kamu Liburan

Berlibur tentunya merupakan hal yang menyenangkan. Tapi dalam beberapa hal, saat berlibur juga sebaiknya tetap waspada, karena beberapa penyakit diketahui sering menyerang orang yang sedang pergi berlibur.

Salah satu hal penting yang harus dilakukan sebelum berlibur adalah mempersiapkan diri agar selama liburan tubuh tetap sehat. Dan seharusnya, pada saat berlibur juga harus tetap menjaga diri supaya tidak terkena penyakit dan bisa liburan dengan nyaman sampai selesai. 

Sayangnya, kadang hal ini sering dilupakan begitu saja dan orang menjadi lebih fokus pada berkemas, menyiapkan pakaian, peralatan kamera dan rencana mengunjungi tempat-tempat wisata.

wisatawan sadar lingkungan
Liburan tak cuma soal berkemas, tapi juga menjaga kesehatan selama berlibur (Foto: Pixabay)

Sebetulnya, mempersiapkan diri untuk bisa menikmati liburan dengan kondisi tubuh yang sehat juga bukan hal yang sulit. Kamu bisa memperhatikan hal berikut sebagai acuannya:

Tetap makan dengan nutrisi seimbang

Sebagian orang memang menjadikan liburan sebagai ajang untuk mencicipi banyak makanan. Tapi ada juga yang justru mengurangi porsi makan sebanyak-banyaknya demi mengurangi ongkos perjalanan.

Padahal makanan yang kamu konsumsi selama liburan bisa jadi salah satu kunci dari kesehatan kamu selama liburan. Usahakan untuk tidak menahan lapar selama bepergian dan bila sedang menjalankan ibadah puasa, pastikan sudah makan sahur yang cukup terlebih dahulu. Kamu juga bisa menyiapkan bekal makanan ringan berupa buah-buahan selama perjalanan. Buah mengandung serat yang baik untuk membuat kamu kenyang lebih lama dan juga bisa membantu kelancaran pencernaan.

Cukup istirahat

Hindari sering bergadang di malam hari karena waktu istirahat yang cukup bisa membantu menjaga kekebalan tubuh dan menjaga stamina kamu selama berlibur. Jadi, jangan lupa untuk selalu menjaga kualitas tidur selama berlibur.

Olahraga teratur

Banyak orang berpikir bahwa berlibur adalah saat untuk bersenang-senang termasuk bermalas-malasan. Padahal saat liburan kadang pola makan kamu tidak teratur seperti misalnya makan berlebihan. Meluangkan waktu untuk olahraga adalah saat yang baik untuk mengurangi dampak buruk dari kelebihan makan yang kamu alami. Olahraga juga berguna untuk menjaga kebugaran tubuh selama kamu berlibur dan membantu kamu bisa tidur lebih nyenyak di malam hari.

Pastikan tetap olahraga agara tubuh tetap bugar (Foto: Pixabay)

Cukup minum air putih

Hal yang sering dilewatkan saat liburan adalah minum air putih yang cukup dan lebih sering konsumsi minuman manis karena sering mengunjungi tempat makan atau mini market untuk beli bekal. Sebetulnya, melakukan perjalanan juga membuat beberapa organ tubuh menjadi lelah. Itu sebabnya dengan konsumsi air putih yang cukup, kamu tidak hanya menjaga tubuh tetap terhidrasi saja, tapi juga menjaga kesehatan organ tubuh selama berlibur.

Penyakit yang Sering Menyerang Saat Liburan

Kesenangan akan liburan sering membuat orang hanya memikirkan aktivitas liburan saja, tanpa mempertimbangkan kesehatan selama liburan. Itu sebabnya beberapa penyakit berikut ini kerap menyerang orang yang sedang liburan atau setelah kembali dari liburan.

Influenza

Berlibur pasti akan bertemu dengan banyak orang, terlebih kalau kamu liburan menggunakan transportasi umum seperti kereta api, bus atau pesawat terbang. Kondisi ini rentan membuat kamu mudah terserang virus seperti influenza. Selain itu kondisi tubuh yang sering kelelahan juga membuat daya tahan tubuh melemah dan mudah terserang virus ini saat sedang liburan.

Ada baiknya kamu selalu menggunakan masker bila berada di lokasi yang padat dan jangan lupa untuk rutin cuci tangan dengan hand sanitizer untuk meredam kemungkinan kamu tertular virus. Bila perlu selama liburan kamu juga konsumsi suplemen seperti vitamin C sesuai takaran yang dianjurkan untuk membantu menjaga imun.

Diare

Gangguan perut seperti diare termasuk sering dialami orang yang sedang bepergian. Biasanya ini terjadi karena masalah higienitas pada makanan yang dikonsumsi selama liburan, seperti street food dan tempat makan yang kebersihannya kurang diperhatikan.

Untuk itu, kamu bisa mencegahnya dengan membawa obat sakit perut untuk berjaga-jaga atau memilih tempat makan yang lebih higienis.

obat alami atasi diare
Diare sering menyerang saat kita sedang berlibur (Foto: Xframe)

Alergi

Umumnya alergi dalam perjalanan dialami karena alergi makanan. Alergi makanan memang bermacam-macam dan kamu seharusnya sudah lebih paham tentang alergi makanan yang kamu alami. Misalnya, terhadap makanan laut, kacang-kacangan atau makanan pedas. 

Selain itu, bisa juga kamu memiliki alergi terhadap udara dingin, dimana udara dingin ini akan membuat gangguan kesehatan, seperti sesak nafas, meriang hingga jantung berdebar.

Selain menghindari makanan atau kondisi yang kamu memang alergi, sebaiknya kamu tetap membawa obat-obatan khusus alergi yang direkomendasikan dokter untuk berjaga-jaga kemungkinan alergi kamu kambuh.

Kesehatan adalah hal penting yang harus kamu jaga selama liburan agar kamu bisa menikmati liburan dengan lebih optimal. Itu sebabnya selain perlengkapan dan perbekalan, menjaga kesehatan adalah hal penting yang juga harus kamu siapkan sebelum berlibur.