Kedelai Langka, 5 Jenis Kacang Ini Juga Bisa Dibuat Tempe, Gak Kalah Lezat dan Sehat

tempe

Tempe sudah diakui sebagai makanan asli Indonesia. Kendati demikian, bahan utama pembuat tempe, kedelai sebagian besar masih diimpor dari negara lain. Belakangan, harga kedelai melonjak. Padahal, selain kedelai, beberapa jenis kacang-kacangan pun bisa dijadikan bahan pembuat tempe.

Oleh karena terbuat dari jenis kacang yang berbeda dari kedelai, rasa tempe ini pun punya tampilan dan rasa yang berbeda. Tapi soal kandungan gizi, tempe dari kacang-kacangan berikut ini juga gak kalah tinggi.

Jenis kacang-kacangan apa aja yang bisa dipakai untuk membuat tempe?

tempe

1. Kacang Hijau

Rasa dan kandungan gizi dari tempe dari kacang hijau gak jauh berbeda dari tempe kedelai. Namun bentuk kacang hijau yang kecil dan bertekstur agak keras membuat tempe ini punya rasa dan tekstur yang khas.

kacang hijau

Meski gak sebanyak tempe kacang hijau, namun tempe ini mulai banyak dijual di beberapa pasar tradisional di Yogyakarta.

2. Kacang Koro

Bentuk kacang koro yang besar-besar membuat tampilan tempe dari kacang koro ini terlihat unik dan berbeda. Warna pun agak kecokelatan. Rasanya yang gurih membuat tempe ini banyak diolah menjadi berbagai masakan. Tempe khas Yogyakarta ini, di daerah asalnya lebih populer disebut tempe benguk.

3. Kacang Tolo

Kacang tolo dikenal juga dengan sebutan kacang tunggak, dadap atau kacang kebo. Biasanya kacang tolo dijual dalam bentuk kering sehingga jika ingin diolah menjadi tempe harus direndam terlebih dahulu.

Kacang tolo memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding kedelai sehingga ketika menjadi tempe, teksturnya jadi lebih padat.

4. Kedelai Hitam

Kacang kedelai hitam memiliki kandungan protein yang tinggi dan sumber vitamin B12, kalium, dan magnesium. Selama ini, kacang kedelai hitam dikenal sebagai bahan utama pembuatan kecap. Namun kedelai hitam juga bisa dijadikan tempe.

kedelai hitam

Tempe dari kacang kedelai hitam akan memiliki warna kehitaman. Namun soal rasa, sama gurih dan lezatnya dibanding tempe dari kacang kedelai putih biasa.

5. Edamame

Edamame biasanya direbus untuk dijadikan cemilan sehat. Kandungan proteinnya yang tinggi bahkan bisa menggantikan telur dan daging. Ketika dijadikan bahan pembuatan tempe, edamame juga masih memiliki nilai gizi yang sama. Mengingat edamame mengandung 9 jenis asam amino esensial sekaligus di dalam.

edamame

Meski biasanya kita hanya mengenal dan makan tempe kedelai, gak ada salahnya mulai mencoba tempe dari berbagai jenis kacang-kacangan tadi. Selain sama-sama bergizi, juga biar kamu gak bosan dan punya sensasi berbeda saat memakannya.

Visited 41 times, 1 visit(s) today