Serba Jamur, Dari Sate, Rendang, Hingga Kripik. Yuks Cobain!

Sego Njamoer

Di tahun 2021, makanan sehat dan plant-based diprediksi akan semakin banyak diminati. Salah satunya adalah jamur. Dengan kandungan yang bebas lemak, rendah karbohidrat, dan kaya akan serat, membuat jamur jadi pilihan banyak orang untuk disantap. Apalagi saat ini semakin banyak restoran atau produsen makanan yang menyediakan menu jamur. Berikut ini, restoran hingga produsen yang menyediakan aneka menu dan cemilan dari jamur. Sahabat Goodlife wajib cobain nih, selain enak juga bergizi.

Sponsored Links

1. Jejamuran

Jejamuran
Foto: Instagram@jejamuran.id

Restoran ini sudah sangat terkenal sebagai spesialis jamur. Seluruh menu utamanya terbuat dari jamur yang diolah menjadi berbagai masakan seperti sate, rendang, tongseng, pepes, hingga karedok. Semuanya terbuat dari jamur, ada yang dari jamur tiram, merang, shiitake, hingga portabella.

Begitu pun minumannya yang menggunakan bahan jamur sebagai salah satu campurannya seperti wedang jahe jejamuran dan jus jeruk jamur. Cemilan yang sediakan pun semua terbuat dari jamur.

Dan jangan khawatir soal kualitas jamurnya karena mereka membudidayakan sendiri jamur dipakai.

Jejamuran
Foto: Instagram@jejamuran.id

Alamat: Jl. Pendowoharjo, Sleman, Yogyakarta

Tel: (0274) 868-170 / 0812-2661-7444

Instagram@jejamuran.id

Harga: mulai Rp. 10 ribuan

2. Sego Njamoer

Sego Njamoer
Foto: Instagram@segonjamoer

Bisnis yang dikelola oleh sekumpulan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya sejak tahun 2010 ini tercetus karena melihat kondisi mahasiswa yang dituntut serba cepat namun tetap harus memenuhi kebutuhan gizi yang baik.

Akhirnya lahirlah ide Sego Njamoer, yang terinspirasi dari konsep sarapan praktis ala nasi onigiri dan mobile packaging ala fast food yang kekinian dengan bahan dasar jamur tiram.

Beberapa menu Sego Njamoer antara lain Sego Njamoe (olahan jamur dimasak semi grill dan nasi yang dikepal/berbentuk segitiga seperti onigiri), Njamoer crispy, kebab Njamoer, fishball Njamoer, rendang, sosis, dan siomay Njamoer.

Outlet Sego Njamoer pun sudah tersebar di berbagai kota seperti Surabaya (pusat), Bandung, Blitar, Tangerang, Jakarta, Yogyakarta, Bogor, dan Bekasi.

Sego Njamoer
Foto: Instagram@segonjamoer

Website: www.segonjamoer.co.id

Instagram@segonjamoer

Harga: mulai Rp. 10 ribuan

3. Warung Tekko

Warung Tekko
Foto: Instagram@tekko.official

Restoran dengan cita rasa asli Nusantara ini sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Meski terkenal dengan menu andalannya berupa iga penyet, namun ada salah satu menu pendamping yang juga paling banyak dicari dan dipesan oleh pelanggan, yaitu jamur crispy penyet.

Meski digoreng crispy, namun tekstur jamurnya sendiri tidak terlalu keras. Rasa gurih dan asinnya pas, apalagi disajikan bersama sambal penyet dan lalapan.

Website: www.tekko.co.id

Instagram@tekko.official

Harga: Rp. 25 ribu

4. Mie Ayam Jamur Choy

Mie Ayam Jamur Choy
Foto: Instagram@mieayamjamurchoy

Penjual mi ayam bakso pasti sudah sangat banyak. Tapi di Kota Depok, Jawa Barat, ada salah satu penjual mi ayam jamur yang cukup terkenal, yaitu Mie Ayam Jamur Choy. Kedai yang terletak di pinggir jalan ini sangat dikenal dengan topping jamur yang berlimpah pada mi ayamnya.

Menurut pemilik, Dedy, dalam satu hari, ia bisa menjual 350 porsi mi ayam jamur dan menghabiskan 15 kg jamur. Kedai yang buka sejak tahun 2006 ini memang terkenal dengan mi ayam jamur, meski kamu juga bisa memilih menu tambahan lain seperti bakso, pangsit rebus atau pangsit goreng.

Alamat: Jl. Raya Kalimulya, Cilodong, Depok, Jawa Barat

Tel: 0878-7875-1876

Instagram@mieayamjamurchoy

Harga: mulai Rp. 15 ribu

5. MusHome

MusHome Chips
Foto: Instagram@mushome.id

Ini bukan restoran tapi produsen yang fokus memproduksi olahan jamur dan plant-based food sejak tahun 2016, salah satunya MusHome Chips, kripik jamur dengan sumber protein yang berasal dari jamur pilihan yang dipetik langsung dari kebun jamur di Cisarua, Lembang, Jawa Barat.

MusHome Chips memiliki tekstur yang renyah dan punya nilai protein 2-3 kali lipat dibanding keripik pisang. Tersedia varian rasa original, jagung bakar, BBQ, dan lain-lain.

Selain keripik jamur, MusHome juga menyediakan olahan jamur lainnya seperti nugget, dendeng vegan, kaldu jamur, dan sosis jamur.

MusHome Chips
Foto: Instagram@mushome.id

Alamat: Jl. Encep Kartawiria, Kompleks Ranting Pesona Blok A1-7, Cimahi Utara, Jawa Barat

WhatsApp: 0895-3470-20357

Website: www.mushome.id

Instagram@mushome.id

Harga: Rp.18.500/80 gr

Wah, ternyata makan jamur gak cuma ditumis atau dijadikan sup aja. Makan jamur juga bisa asyik dengan berbagai macam olahan, gak bikin bosan! Dan yang pasti punya nilai gizi yang tinggi.

Visited 49 times, 2 visit(s) today