Rutin Baca Buku, Ternyata ini Manfaatnya Buat Kesehatan

Membaca buku ternyata tak hanya untuk menambah pengetahuan, tapi juga bermanfaat buat kesehatan, baik fisik dan mental. Apa saja?

Membaca buku bisa menjadi kegiatan dan hobi yang menyenangkan. Namun bagi sebagian orang, membaca buku sering dianggap sebagai hal sepele yang tidak perlu dilakukan. Bahkan kadang dianggap membosankan.

Padahal, membaca buku punya segudang manfaat, termasuk berguna untuk membantu kesehatan fisik maupun mental.

Baca buku bisa bermanfaat untuk kesehatan (Foto: Xframe)

Manfaat Mambaca Buku Untuk Kesehatan

1.       Memperkuat kerja otak

Saat membaca buku, kamu harus mengingat karakter, nama tokoh, atau informasi yang dituliskan di buku. Hal itu secara langsung menjadi latihan bagi otak untuk mencerna segala informasi yang didapat, sekaligus mengingatnya. Dan tanpa disadari itu bisa memperkuat kerja otak.

2.       Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Untuk dapat mencerna dan memahami semua informasi di dalam buku, kita dituntut untuk fokus dan konsentrasi pada setiap halaman yang sedang dibaca. Dengan rutin membaca, kita bisa meningkatkan kemampuan untuk fokus dan konsentrasi, dimana kemampuan itu bisa membantu kita dalam belajar, bekerja, dan aktivitas lainnya.

Baca buku bisa tingkatkan kemampuan fokus (Foto: Freepik)

3.       Mengurangi stress

Membaca buku yang bagus dan menarik akan mengurangi stress karena membuat pikiran kamu teralihkan dari hal-hal yang mencemaskan, membuat rileks, menurunkan detak jantung, dan menurunkan tekanan darah.

4.       Meningkatkan motivasi

Terkadang  saat membaca buku kamu juga akan menemukan saran atau solusi berharga untuk masalah yang kamu hadapi. Misalnya membaca tentang tokoh protagonis yang berhasil mengatasi rintangan, seringkali mendorong kita untuk melakukan hal yang sama. Dan hal itu bisa meningkatkan motivasi, tidak menyerah, dan tetap positif dalam menghadapi masalah sehari-hari.

5.       Meningkatkan empati

Membaca buku, terutama fiksi, memungkinkan kita untuk merasakan, memahami, dan membaca emosi tokoh dalam cerita tersebut. Dengan memahami keadaan mental orang lain, kita melatih keterampilan untuk berempati dan hal itu berguna untuk kehidupan sosial kita di dunia nyata.

6.       Tidur lebih nyenyak

Seperti telah disebutkan tadi, membaca buku membantu kamu meredakan stress, kecemasan, dan memberikan perasaan lebih rileks. Jika membaca buku dijadikan rutinitas sebelum tidur, perasaan-perasaan tadi akan meningkatkan kualitas tidur dan tidur lebih nyenyak.

Baca buku membantu tidur pulas (Foto: Pixabay)

7.       Membantu melawan penyakit alzheimer

Membaca membuat otak dilatih untuk bekerja dengan cara mencerna dan mengingat segala informasi yang ada di setiap halaman.Menurut penelitian yang diterbitkan Neurologyorang yang melibatkan aktivitas otak melalui aktivitas seperti membaca buku, bermain catur dan mengisi teka-teki silang, bisa 2,5 kali lebih kecil berisiko mengalami penyakit Alzheimer.

Cara Meningkatkan Minat Baca Buku

Dilansir dari laman Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, UNESCO mencatat minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, yaitu hanya 0,001%. Artinya, dari 1.000 orang Indonesia, hanya 1 orang yang rajin membaca.

Nah, untuk kamu yang ingin mulai membiasakan diri rutin baca buku, berikut ini cara yang bisa kamu coba:.

1.       Pilih buku dengan topik yang menarik

Ada banyak pilihan bacaan yang menarik untuk kamu simak. Kalau selama ini kamu merasa membaca buku itu membosankan, mungkin karena kamu belum pernah memilih buku yang menarik di toko buku.

2.       Bawa buku kemanapun

Pastikan untuk selalu membawa buku kemanapun kamu pergi, misalnya ke kampus, kantor, atau ketika ada meeting di luar. Jadi, ketika ada saatnya kamu harus menunggu, keluarkan buku dan bacalah walau waktunya terbatas.

3.       Buat daftar buku menarik

Buat daftar buku-buku bagus yang ingin kamu baca. Pastikan untuk selalu menambah daftar jika mendengar tentang buku yang bagus dan coret judul buku yang sudah selesai kamu baca.

Buat daftar buku yang menarik untuk dibaca (Foto: Xframe)

4.       Baca setidaknya 10 hingga 12 halaman sehari

Untuk mempermudah, kamu bisa membaginya ke beberapa waktu, misalnya saat sarapan, setelah makan siang, atau menjelang tidur. Tingkatkan target jumlah halaman  jika target sebelumnya sudah bisa kamu capai.

5.       Jadikan waktu membaca yang menyenangkan

Nikmati secangkir teh atau kopi dan camilan yang lezat sambil membaca. Duduklah di kursi yang nyaman dan buat suasana yang kondusif, misalnya dengan menyingkirkan gadget atau televisi. Dengan begitu kamu bisa menikmati baca buku dengan lebih optimal.

Nah, dengan mengetahui manfaat baca buku buat kesehatan, kamu bisa mulai membiasakan diri untuk rutin baca buku mulai dari sekarang.