Sederet Manfaat Matoa, Buah Eksotis dan Unik Asal Papua

Untuk masalah popularitas, buah matoa mungkin kalah dengan buah tropis lainnya. Tapi untuk kandungan dan manfaatnya, buah asal Papua ini sudah gak diragukan lagi keunggulannya. Apalagi matoa memiliki rasa yang unik dan warna kulit yang eksotis.

Matoa adalah tanaman khas Papua yang tumbuh di wilayah dataran rendah hingga ketinggian sekitar 1200 meter di atas [permukaan laut. Pohon matoa yang bernama latin Pometia pinnata biasanya akan berbuah satu kali sepanjang tahun, yaitu sekitar Juli hingga Oktober dengan masa matang sekitar 4 bulan.

Buah matoa yang masih muda berwarna hijau, bentuknya lonjong seperti buah pinang dengan kulit buah yang keras. Ketika matang, buah matoa akan berwarna hijau kekuningan atau cokelat kemerahan dan kehitaman. Sementara, daun matoa mirip bentuknya seperti daun rambutan namun agak lebar.

Sponsored Links

Tiga Rasa Dalam Satu Buah

Matoa disebut buah yang eksotis, selain karena asli dari daerah Papua, juga memiliki warna yang unik ketika sudah masak. Selain itu, rasa buah matoa juga sangat unik, yaitu perpaduan antara rasa rambutan, kelengkeng, dan durian. 

Tekstur daging buahnya kenyal dan tebal seperti kelengkeng dengan rasa manis legit dan mengeluarkan sedikit aroma mirip durian yang ringan ketika sudah digigit.

Di Papua sendiri sebetulnya dikenal 2 jenis buah matoa, yaitu matoa kelapa dan matoa papeda. Matoa kelapa memiliki daging buah yang kenyal seperti rambutan, sedangkan matoa papeda tekstur daging buahnya agak lembek dan lengket. Namun keduanya sama-sama memiliki rasa yang manis legit.

Manfaat Buat Kesehatan

Selain rasa yang manis legit, kandungan nutrisi buah matoa juga ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan. Buah matoa kaya akan vitamin C dan E, air dan mineral, serta zat antibakteri. Dalam 100 gram buah matoa, kandungan gizinya adalah:

  • 90 kilo kalori
  • 54 miligram vitamin C
  • 21.1 gram karbohidrat
  • 1.20 gram protein
  • 20 miligram kalsium
  • 40 miligram fosfor
  • 190 miligram kalium

Dengan kandungan tersebut, berikut manfaat buah matoa bagi kesehatan:

1.       Memelihara imun tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi, membuat buah matoa mampu memelihara dan meningkatkan imun tubuh. Vitamin C pada matoa juga diketahui bisa menangkal radikal bebas.

2.       Mengontrol tekanan darah

Daging buah, ekstrak biji serta daun matoa memiliki sifat diuretik, yaitu bisa membuang kelebihan air dan garam melalui urin. Kondisi itu bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

3.       Menjaga kesehatan kulit

Selain kaya akan vitamin C, buat matoa juga tinggi kandungan Vitamin E sehingga bisa membantu regenerasi sel kulit mati dengan kulit baru yang lebih sehat dan kenyal.

4.       Meredakan stress

Perpaduan vitamin E dan senyawa yang terkandung dalam matoa bersifat sebagai obat penenang alami sehingga bisa membantu meredakan stress. Rasa buat matoa yang manis legit serta segar juga bisa memperbaiki mood kamu.

Senyawa dalam buah matoa yang bisa meredakan stress. (Foto: Pixabay)

5.       Menurunkan risiko kanker

Buah matoa mengandung zat tanin yang merupakan antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas dan mencegah sel kanker tumbuh di dalam tubuh. Antioksidan juga bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah serta menurunkan risiko sakit jantung.

6.       Menghambat pertumbuhan bakteri

Selain kaya antioksidan, matoa juga mengandung zat antibakteri. Matoa bisa menghambat perkembangan bakteri yang sudah terlanjur masuk ke dalam tubuh dan meringankan gejala penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

7.       Membantu meningkatkan kesuburan

Kaya akan antioksidan, membuat matoa bisa membantu meningkatkan kesuburan, baik pada perempuan maupun laki-laki. Vitamin E berperan sebagai antibodi yang membantu melindungi sel telur pada perempuan. sedangkan bagi laki-laki, vitamin E bisa meningkatkan kualitas sperma.

Melihat banyaknya manfaat matoa bagi kesehatan, jangan ragu lagi untuk menyantap buah ini. apalagi rasanya yang lezat dan unik. Di marketplace, buah matoa dijual dengan harga beragam per kilonya, mulai dari Rp 40 ribu hingga Rp 75 ribu.

Kamu juga bisa menanam buah ini di halaman rumah. Meski berasal dari Papua, saat ini sudah banyak yang membudidayakan tanaman matoa. Yang menjual bibit pohon matoa juga sudah sangat banyak di berbagai marketplace. Kamu bisa menanam sendiri dengan metode tabulampot atau menanam buah dalam pot untuk menyiasati lahan yang terbatas.

Biar gak penasaran, yuk konsumsi buah matoa yang kaya manfaat buat kesehatan!

Visited 6 times, 1 visit(s) today