Serasa Bertualang Beneran, ini 7 Tur Virtual Gratis ke Alam Bebas

Siapa sih yang gak rindu jalan-jalan ke alam bebas di masa pandemi terutama PPKM Darurat seperti sekarang? Dengan teknologi yang canggih, beberapa taman nasional di Amerika Serikat dan beberapa negara lain di dunia menyediakan layanan jalan-jalan virtual lengkap dengan pemandunya. Serunya lagi, tur ini bisa diakses secara gratis.

Menyadari pandemi yang masih berlangsung dan peraturan perjalanan yang semakin ketat, langkah ini juga dibuat agar banyak orang bisa melihat langsung keindahan alam dengan sensasi berbeda tanpa harus keluar rumah dan bisa membuat semakin penasaran.

Kalau kamu merasa bosan dengan kondisi harus berdiam diri di rumah seperti sekarang, beberapa destinasi wisata alam ini bisa kamu akses gratis. Siapa tahu bisa jadi inspirasi untuk destinasi liburan kamu setelah pandemi mereda.

1. Taman Nasional Crater Lake

Crater lake atau danau kawah dengan kedalaman 287 meter di kawasan ini terbentuk akibat letusan Gunung Mazama setinggi 3.650 meter sekitar 7.000 tahun lalu. Karena airnya juga terbentuk dari salju, maka danau ini juga merupakan salah satu danau paling jernih di Amerika Serikat.

Taman Nasional Crater Lake memiliki luas 183.224 hektar yang terdiri dari perbukitan, padang rumput, hutan dan danau sebagai ikon utamanya. Tempat ini juga merupakan rumah dari banyak spesies hewan liar sekaligus tanaman-tanaman langka. Menarik untuk dikunjungi secara virtual.

Crater Lake yang sudah terbentuk 7.000 tahun lalu. (Foto: IG @craterlakenps)

2. Taman Nasional Grand Canyon

Wisata alam yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO ini populer dengan pemandangan ngarai yang dramatis dan Sungai Colorado yang berkelok membelah bukit-bukit terjal. Sangat menarik untuk dijelajahi secara virtual mengingat para ahli sampai sekarang belum bisa menentukan berapa umur Grand Canyon sebenarnya. Ada yang mengklaim 6 juta tahun dan ada juga yang mengatakan lebih dari 70 juta tahun. Grand Canyon merupakan taman nasional pertama yang ada di Amerika Serikat.

Belum ada yang bisa memastikan berapa umur Grand Canyon. Menjadi semakin menarik untuk dijelajahi. (Foto: IG @grandcanyonnps)

3. Taman Nasional Kenai Fjords

Taman nasional di ujung utara Amerika Serikat ini juga dikenal sebagai tempat yang menyerupai zaman es, dimana pegunungan bersalju dan gunung-gunung es yang alami masih bisa disaksikan.

Buat kamu yang sudah gak sabar ingin bertualang ke tempat yang menantang, bisa mencoba tur virtual di Taman Nasional Kenai Fjords. Di sini kamu bisa bertualang dengan menggunakan kayak melewati tebaran gunung es di fjord (teluk yang terbentuk dari lelehan gletser) yang indah. Untuk pengalaman terbaik, gunakan headset supaya bisa lebih optimal mendengarkan suara alam di taman nasional ini.

Kenai Fjords menjanjikan pengalaman tur virtual yang menarik untuk dicoba dengan danau gletsernya yang luas (Foto: IG @kenaifjordsnps)

4. Taman Nasional Yosemite

Dikenal sebagai salah satu taman nasional paling indah di Amerika Serikat berkat Pegunungan Sierra Nevada yang terbentang di kawasan ini. Mulai dari padang rumput yang indah, sungai dengan jeram yang deras dan tebing terjal El Capitan setinggi 900 meter bisa dinikmati di tempat ini.

Menariknya, layanan tur virtual di Yosemite juga terbilang sangat lengkap. Kamu bisa mengunjungi akomodasi yang ada di area ini termasuk lokasi untuk kemping hingga jalur pendakian dan air terjun yang indah.

Perpaduan antara pegunungan dan danau membuat Yosemite sangat cantik untuk dieksplor. (Foto: IG @yosemitenps)

5. Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta

Keunikan Australia adalah beberapa wilayahnya yang masih merupakan daerah sakral bagi Suku Aborigin, salah satunya adalah Red Centre yang merupakan lokasi dari Taman Nasional Uluru – Kata Tjuta dengan Ayer Rocks-nya yang ikonik.

Dengan layanan tur virtual, kamu bisa menjelajahi kawasan ini yang terdiri dari beberapa bagian, seperti Gua Mutitjulu, Kuniya Tjukurpa, Mutitjulu Waterhole dan Kuniya Walk yang merupakan jalur trekking berlatar dinding batu merah. Menariknya, selama perjalanan virtual kamu juga akan ditemani suara kicauan burung, desiran angin dan narasi tentang budaya dan sejarah oleh warga setempat.

Taman Nasional Uluru yang merupakan salah satu daerah sakral Suku Aborigin. (Foto: IG @seeuluru / Janice Bate)

6. Taman Hutan Nasional Zhangjiajie

Masih ingat dengan film Avatar? Nah, tempat ini sangat mirip dengan latar planet Pandora yang menjadi lokasi fiksi kisah tersebut. Dinding-dinding batu yang menjulang tinggi dan lembah-lembah yang dramatis serta hutan tropis memenuhi tempat yang bakal bikin kamu tertegun ini. Meski film Avatar tidak melakukan pengambilan gambar di sini, namun banyak yang meyakini bahwa sutradara James Cameron terinspirasi oleh tempat ini.

Tempat ini adalah lokasi cagar alam tertua di Cina dan mudah diakses dari dari jalan raya. Kamu bisa mengeksplor tempat ini dari dek observasi yang ada di ketinggian atau berjalan-jalan di antara dinding batu yang menjulang. Melalui layanan tur virtual, kamu juga bisa menikmatinya secara 360 derajat dengan ditemani oleh narasi yang akan menceritakan sejarah tempat ini.

Zhangjiajie yang sering dianggap sebagai inspirasi latar film Avatar. (Foto: IG @gozhangjiajie)

7. Taman Nasional Yellowstone

Meskipun lokasinya berada di Wyoming, namun sebetulnya ada beberapa wilayah kecil taman nasional ini yang berada di daerah Montana dan Idaho. Tempat ini resmi menjadi taman nasional pada tahun 1871 dan memiliki luas sekitar 8.983 kilometer persegi.

Taman nasional ini menawarkan danau, ngarai, sungai dan pegunungan cantik. Salah satu objek wisatanya yang menjadi favorit banyak wisatawan adalah Danau Yellowstone, yaitu danau dataran tinggi terbesar di Amerika Utara yang berada di tengah kaldera (kawah vulkanik berukuran besar).

Yellowstone, salah satu taman nasional yang dianggap paling cantik di Amerika Serikat. (Foto: IG @yellowstonenps)

Dengan beberapa destinasi wisata alam tersebut, kamu gak perlu merasa bosan lagi berada di rumah. Kamu bisa mengeksplor lokasi-lokasi tersebut secara virtual di akhir pekan atau di waktu luang setiap hari. Selain bisa menyegarkan suasana, kamu juga bisa dapat informasi menarik dari tempat-tempat tersebut. Seru kan?

Visited 2 times, 1 visit(s) today