Tanpa Obat, ini Cara Sederhana Atasi Migrain

Wanita, Sakit Kepala

Migrain kadang dianggap sebagai gangguan yang wajar terjadi sehingga kadang kurang diperhatikan penanganannya. Agar lebih cepat sembuh, migrain sering diobati dengan obat sakit kepala. Padahal banyak cara alami yang bisa kurangi gejala migrain tanpa harus minum obat.

Migrain sendiri adalah sakit kepala yang berdenyut-denyut dan terjadi hanya pada sebagian atau 1 sisi kepala saja. Migrain biasanya hanya berlangsung beberapa jam saja meskipun kadang juga bisa sampai lebih dari 1 hari. 

Gejala migrain juga beragam tingkatannya. Kadang hanya terasa sakit sedikit dan penderitanya masih bisa tetap beraktivitas. Namun ada juga yang sampai pada rasa sakit yang parah sehingga penderitanya tidak bisa beraktivitas.

Lalu, apa yang memicu terjadinya migrain? Migrain terjadi karena adanya peningkatan hormon estrogen atau faktor psikologis seperti stress dan cemas berlebihan. 

Migrain sering disepelekan sehingga sakitnya bertambah aprah (Foto: Xframe)

Cara Atasi Migrain

Karena sering dianggap mengganggu aktivitas, migrain sering diatas dengan minum obat sakit kepala saja agar tetap bisa beraktivitas. Tapi sebetulnya ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan dengan sederhana tanpa harus minum obat.

Tidur

Migrain membuat kamu jadi lebih sensitif pada suara bising dan cahaya terang. Kamu bisa beristirahat sementara dari aktivitas kamu dan mencari tempat yang lebih sepi serta cahaya yang redup. Setidaknya ini bisa meringankan sakit kepala yang yang rasakan.

Cobalah untuk tidur, karena pada saat tidur, otak akan menghasilkan senyawa kimia yang bisa membantu meredam rasa sakit kepala. Tidur secara teratur pada waktu yang sama juga bisa membantu kamu terhindar dari risiko migrain.

Konsumsi kafein

Kafein ternyata bisa membantu kamu dalam mengatasi migrain, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Kamu bisa menikmati secangkir (2 sendok teh) kopi tanpa gula sambil relaksasi dan berhenti sejenak dari aktivitas. 

Kafein dalam jumlah yang sedikit bisa membuat kamu menurunkan tingkat stress dan lebih rileks. Namun bila kebanyakan, akan membuat sakit kepala yang kamu derita bisa bertambah parah. Jadi, hati-hati dengan takarannya.

Pijatan lembut

Melakukan pijatan lembut pada area dahi bisa membantu melancarkan aliran darah dan mengurangi rasa sakit kepala. Perhatikan tekanan yang kamu lakukan saat memijat, karena rasa sakit kepala pada migrain kadang membuat orang justru semakin sensitif terhadap pijatan.

Minum air putih

Kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi bisa memicu berbagai gangguan, salah satunya adalah migrain. Itu sebabnya kamu bisa mencoba untuk meredakan migrain dengan minum air putih yang cukup. Atau kalau kamu ingin rasa yang berbeda, bisa konsumsi buah-buahan yang mengandung kadar air yang tinggi, seperti semangka.

Minum air putih
Minum air putih bisa membantu redakan strerss (Foto: Xframe)

Perbanyak makan buah

Konsumsi beberapa jenis buah bisa membantu meringankan migrain. Misalnya adalah apel yang memiliki vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi, alpukat yang memiliki vitamin B, vitamin K, magnesium dan kalium. Semua zat ini secara tidak langsung bisa membantu mengurangi gejala sakit kepala seperti migrain.

Migrain memang bisa menyerang kapan saja, karena dipicu oleh kondisi kita dalam beraktivitas sehari-hari. Tak perlu harus menyediakan obat yang banyak untuk berjaga-jaga. Kamu bisa mengurangi gejala migrain dengan cara-cara di atas agar lebih alami dan tidak berbahaya bagi tubuh.

Ingin tahu lebih banyak tentang migrain dan cara pencegahannya, ikuti sesi health Talk dari Goodlife dan Rumah Sakit St. Carolus Jakarta dengan topik “Migrain Dewasa dan Cara Pencegahannya” pada Rabu, 6 Juli 2022 pukul 13:00 – 14:00 bersama Dr. dr. Jimmy F. A. Barus M.Sc, SpS. Acaranya sendiri bisa kamu saksikan secara live dari Instagram @_goodlifeid_ dan @rscarolusjakarta.