Cara Simple Atasi Bad Mood di Tempat Kerja

Mengalami bad mood di tempat kerja bukan saja mempengaruhi kinerja dan produktivitas tetapi juga bisa menularkan energi negatif pada rekan kerja. Saat mengalaminya, ini hal yang bisa kamu lakukan untuk atasi bad mood di tempat kerja.

Bad mood atau suasana hati yang buruk bisa dialami oleh siapapun, sekalipun ia orang yang ceria atau suka melucu.  Bad mood ini juga tidak bisa diduga datangnya. Bisa jadi, 10 menit sebelumnya kamu baik-baik saja, tetapi tiba-tiba saja suasana hati kamu berubah menjadi buruk. Penyebabnya biasanya berasal dari luar, misalnya kelelahan, cemas, atau pengalaman buruk seperti melihat atau mendengar sesuatu yang tidak kamu sukai.

Jika terjadi di kantor, bad mood bukan saja bisa mengganggu kinerja dan produktivitas tetapi bisa juga berpengaruh negatif kepada teman. Pasalnya, saat suasana hati kita sedang buruk, kita cenderung lebih sensitif, mudah tersinggung, marah-marah tanpa sebab, atau tidak sabar.

Cara Mengatasi Bad Mood di Tempat Kerja

Biasanya bad mood tak berlangsung lama. Namun, oleh karena bad mood di tempat kerja bisa mempengaruhi profesionalisme, sebaiknya hal itu harus segera kamu atasi.

Berikut cara atasi bad mood di tempat kerja agar tidak sampai mengganggu kinerja dan orang lain.

Bergerak

Kamu bisa berjalan-jalan di lorong kantor, membeli camilan di kantin, ke toilet atau sekadar berjalan ke meja teman dekatmu. Bergerak bisa mendorong tubuh mengeluarkan endorfin atau hormon kebahagiaan. Seperti diketahui, hormon endorfin bisa meredakan stres saat bad mood.

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik favoritmu bisa membantu memperbaiki suasana hati yang sedang buruk. Hal itu karena mendengarkan musik bisa mengurangi pelepasan hormon kortisol atau hormon stres.

Saat mendengarkan musik, pastikan kamu mengatur dengan volume rendah atau menggunakan earphone ya agar tidak menganggu orang lain.

Banyak tertawa

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada National Library of Medicine menemukan bahwa tertawa terbukti meningkatkan dopamin dan endorfin, hormon yang meningkatkan mood. Hormon tersebut memberi oksigen pada tubuh dan mendinginkan sistem respon stres sehingga bisa memberikan perasaan lebih tenang dan bahagia.

senang kerja
ngobrol dengan teman kadang bisa meredakan bad mood di tempat kerja (Foto: Pexels)

Untuk itu, cobalah nonton tayangan di media sosial yang membuatmu tertawa. Cukup lakukan 5-10 menit ya, setelah suasana hati membaik, sebaiknya lanjutkan lagi tugasmu.

Ngobrol dengan teman

Ngobrol dengan teman bisa menjadi sarana yang aman untuk berbicara tentang perasaan kita, membuat kita merasa didengar sehingga bisa membantu atasi bad mood.

Meski begitu, saat berinteraksi dengan teman, tak harus berbicara soal suasana hatimu yang sedang buruk tetapi bisa ngobrol apa saja yang membuat perasaan senang dan mood positif meningkat sehingga bisa memperbaiki suasana hati.

Istirahat

Cobalah untuk tinggalkan sejenak pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. Kamu bisa istirahat sejenak sambil meregangkan tubuh, menyeduh kopi, atau ngemil sehat. Setelah istirahat sejenak, biasanya kamu bisa kembali mengerjakan pekerjaan tugas dengan mood yang lebih baik. 

Keluar ruangan

Cobalah untuk keluar ruangan saat merasa bad mood di tempat kerja. Kamu bisa merasakan suasana yang lain dibanding di dalam ruangan, misalnya merasakan angin, memandang hijau daun, dan mendapat sedikit sinar matahari. Seperti diketahui, sinar matahari sangat baik untuk menjaga kesehatan mental.

Jangan pandang sepele persoalan bad mood. Karena jika semakin sering kita mengalaminya dan dibiarkan begitu saja, hal itu bisa memicu burn out di kantor.

Lakukan hal-hal yang bisa menyenangkan diri sendiri dan bisa menjaga kewarasan di antara gempuran tugas kantor. Semangat!