5 Robot Pintar yang Membantu di Masa Pandemi

Apakah robot akan benar-benar menggantikan peran manusia? Tak sedikit orang yang memiliki kecenderungan untuk berpikir kalau robot akan menggeser sumber daya manusia. Padahal, manusia adalah makhluk yang tetap memonitoring kerja dari robot tersebut. Dan yang lebih penting, robot merupakan alternatif terbaik di masa pandemi seperti sekarang ini.

Saat kontak sosial antar manusia harus diminimalisir, robot dapat membantu untuk mengatasi hal tersebut. Banyak kegiatan manusia yang akhirnya terbantu karena kerja dari robot-robot yang ada. Bahkan saat ini di berbagai negara termasuk Indonesia, sedang gencar menciptakan robot untuk membantu sesama. Maka dari itu, inilah 5 robot pintar yang dimaksud. Diantaranya sebagai berikut.

1. Nayakalara

robot nayakalara
Foto: https://binus.ac.id/siaga-covid19/nayakalara/

Para tim medis yang disebut garda terdepan dalam penanganan Covid-19, tentunya pun perlu dijaga kesehatan dan keselamatannya. Namun karena kondisi mereka yang sangat erat dengan pasien positif Covid-19, membuat mereka berpeluang tinggi untuk bisa tertular.

Salah satu inovasi untuk membantu menyelamatkan tim medis dengan terciptanya robot bernama Nayakalara ini. Arti dari Nayakalara sendiri berarti Prajurit yang bertempur melawan wabah penyakit. Ia merupakan sebuah robot karya Prof. Widodo Budiharto beserta tim dosen jajaran Research and Technology Transfer, dari Universitas Bina Nusantara (BINUS).

Nayakalara terdiri dari sepasang robot. Pertama adalah Robot Desinfektan, yang membantu melakukan penyemprotan desinfektan. Dan kedua adalah Robot Food Delivery and Monitoring, yang dapat membantu mengecek kondisi pasien dan mengantar makanan serta minuman. Robot-robot tadi didonasikan kepada rumah sakit di Jakarta, Bekasi, Bandung, Pekalongan, dan Jawa Timur.

Nayakalara by BINUS University

2. Robovie

robot robovie
Foto: www.vstone.co.jp

Kita beralih ke negara Jepang yah, Sahabat Goodlife. Di Jepang, ada salah satu robot unik yang sedang viral lantaran bisa menegur para pelanggar protokol kesehatan. Nama dari robot ini adalah Robovie.

Robovie termasuk salah satu robot berjenis humanoid, ciptaan Vstone dan Advanced Telecommunications Research Institute International (ATR) di Kyoto. Uji coba dari Robovie telah berjalan pada sebuah toko merchandise klub sepak bola profesional Jepang yaitu Cerezo, terletak di Osaka.

Tanpa ragu, Robovie memberikan teguran kepada siapa saja yang tidak memakai masker. Kemudian, ia juga memperingatkan orang-orang yang tidak melakukan physical distancing saat mengantri untuk membayar. Selain itu, kita bisa melemparkan pertanyaan dan ia akan menjawabnya. Contohnya seperti menanyakan barang yang diinginkan, bahkan Robovie pun bisa mengantarkan hingga ke tempat tujuan.

3. Starship Technologies

robot starship
Foto: Instagram@starshiprobots

Kalau pesanan kita diantar ojek online atau jasa pengiriman paket sudah biasa, yah. Lalu apa jadinya saat yang mengantarkan ini digantikan oleh robot?

Mungkin Sahabat Goodlife masih belum terbiasa, tapi hal ini benar adanya. Robot keren tersebut adalah hasil karya dari perusahaan Starship Technologies yang berpusat di San Francisco, California. Robot Starship sudah beroperasi di lingkungan dan sekitar kampus pada beberapa negara, seperti Amerika, Inggris, Jerman, serta Estonia. Kegiatan yang bisa dilakukan diantaranya pengiriman paket, barang belanjaan dan pemesanan makanan yang bisa diakses melalui smartphone.

Untuk mengatasi masalah pandemi, sebuah kota di Inggris bernama Milton Keynes menggunakan Robot Starship dalam mengirimkan makanan serta barang kebutuhan lainnya kepada masyarakat setempat. Jalan ini ditempuh demi terjadinya social distancing dan memenuhi kebutuhan saat lockdown.

Starship Packages – The world's first autonomous package delivery service

4. Lovot

robot Lovot
Foto: Instagram@lovot_official

Ketika pandemi terjadi, semuanya terasa seperti berjarak, bahkan dengan kerabat atau orang terdekat. Namun ini semua dilakukan untuk kebaikan bersama.

Saat hal di atas terjadi mungkin perasaan kita menjadi sedih. Tapi untuk tetap memiliki teman yang mengerti kamu di rumah, kita bisa ditemani oleh robot yang satu ini. Namanya adalah Lovot, perpaduan sebuah robot dengan penuh cinta (Love). Berbeda dengan robot lainnya, si imut Lovot mampu merasakan cinta dan kasih sayang yang ia terima.

Lovot dilengkapi kecerdasan yang dapat merasakan emosi seseorang dan berkomunikasi dengan manusia. Di dalam matanya yang besar, terdapat banyak sensor sehingga ia bisa mengenali ekspresi wajah si pemilik serta mengikuti perintahnya. Bahkan saat kamu memeluknya dengan hangat, ia bisa tertidur di pelukanmu. Namun sayangnya, untuk saat ini Lovot hanya dijual di Jepang melalui website resmi mereka, dan hanya diperuntukkan bagi yang tinggal disana. Bagi kita yang di luar Jepang, masih menunggu perilisannya.

Case Movie LOVOT powered by love | GROOVE X, Inc.

5. Roybi

robot Roybi
Foto: Instagram@roybirobot

Pindah ke masalah pendidikan, Roybimerupakan salah satu robot yang hadir untuk mengatasi pembelajaran jarak jauh. Khususnya ditujukan bagi anak-anak agar tetap happydalam belajar serta tetap memiliki teman bermain.

Daripada anak hanya bermain dengan gadget mereka, lebih baik diarahkan untuk belajar sambil bermain bersama Roybi. Mempunyai pengaturan melalui aplikasi di smartphone, para orang tua bisa mengatur pembelajaran apa dan sejauh mana untuk anaknya. Selain itu, disini juga kita memperoleh review dari hasil belajar si anak.

Lelah belajar, Roybi pun cocok dijadikan teman yang tepat. Ia mampu memahami emosional anak dan menjadi learning support baginya. Anak-anak bisa berkomunikasi serta akan mendapatkan respon yang baik dari Roybi. Jadi, orang tua pun tidak perlu khawatir kalau anaknya mendapatkan pergaulan yang tidak baik.

Bagi yang tertarik, kamu bisa membelinya melalui official website Roybi karena memiliki sistem pengiriman ke seluruh negara.

Roybi Robot Educational Smart Toy for Kids

(Ayu Fauziah)