Cukupkah Cuci Muka di Pagi Hari Hanya Dengan Air Saja?

cuci muka

Mencuci muka merupakan rutinitas bagi banyak orang, apalagi di pagi hari. Karena biasanya, saat kita baru bangun tidur muka dalam keadaan berminyak dan terasa kurang segar. Selain itu, biasanya ada permasalahan yang timbul apabila kita tidak mencuci muka di pagi hari, munculnya jerawat-jerawat yang diakibatkan oleh kotoran malam atau karena cream malam yang kita pakai. Kebanyakan orang memilih untuk mencuci muka di pagi hari dengan facial wash atau sabun, dibandingkan hanya dengan air saja. Tapi pada kenyataannya mencuci muka dengan air saja di pagi hari memiliki banyak manfaat loh. 

Berikut manfaat-manfaat utama mencuci wajah tanpa menggunakan facial wash atau sabun.

  • Meningkatkan kekebalan kulit wajah
  • Mencegah kulit menjadi kering
  • Menjaga pH kulit tetap netral
  • Mempercepat penyembuhan jerawat dan mencegahnya muncul kembali 

Namun, ada tips agar mencuci wajah dengan air saja bisa maksimal. Salah satunya disarankan menggunakan air hangat jangan dengan air keran, karena air hangat diketahui dapat menenangkan sekaligus menghaluskan kulit wajah.

Namun perlu kamu ingat, menghindari cuci muka di pagi hari ini harus disesuaikan juga dengan kondisi kulit wajah kamu ya. Kalau kamu merasa kulit muka sangat berminyak, kamu masih bisa mencuci muka dengan sabun, hanya saja pilihlah sabun dengan jenis gentle cleanser agar dapat membantu mengurangi minyak serta membunuh bakteri pada kulit muka. 

Sponsored Links

Bersihkan Wajah Dengan Maksimal di Malam Hari

Membersihkan atau mencuci muka terlalu sering rupanya juga bisa menjadi salah satu pemicu minyak berlebih, jerawat, bahkan kulit iritasi dan kemerahan. Jadi agar kita tidak terlalu sering cuci muka dengan sabun, sebagai gantinya, kamu perlu fokus dengan perawatan kulit yang baik di malam hari, terutama sebelum tidur.

Diawali dengan membersihkan wajah dengan produk pembersih guna mengangkat segala kotoran, debu, polusi, dan minyak yang menempel di kulit setelah seharian beraktivitas. Kemudian, lanjutkan dengan skin care routine lainnya, seperti penggunaan pelembab.

cuci muka

Cuci muka yang benar sendiri mempunyai beberapa cara yang harus kalian ingat agar tidak salah ya, berikut cara-cara nya.

  1. Cuci Tangan
    Kebanyakan orang selalu lupa hal sesimple mencuci tangan, padahal cuci tangan sebelum cuci muka merupakan hal yang penting agar kotoran di tangan tidak menumpuk dengan kotoran di muka saat kita mencuci muka kita.
  2. Bersihkan Make-Up Dahulu
    Buat perempuan, membersihkan make-up pasti sangat malas. Padahal penting banget apabila kalian ingin cuci muka, pastikan terlebih dahulu make-up sudah dibersihkan dengan pembersih khusus seperti micellar water sampai benar-benar bersih.
  3. Gunakan Air Hangat
    Untuk mencuci muka, sebisa mungkin hindari air yang terlalu panas karena dapat membuat kulit anda kering dan rentan mengalami iritasi. Sebaiknya, anda bisa menggunakan air hangat untuk membersihkan wajah.
  4. Pastikan Sabun Muka Sesuai Dengan Kulit
    Sebelum kalian membeli sabun cuci muka, pastikan sabun tersebut cocok dengan kulit kalian. Bagaimana caranya? Kalian bisa membaca segala fitur-fitur dan apa saja kegunaan dari sabun tersebut.
  5. Pijat Wajah Dengan Lembut
    Jika ingin mendapatkan kulit wajah yang bersih dan bebas dari kotoran, luangkan waktu beberapa detik untuk memberi pijatan lembut pada wajah kamu. Pijat sekitar hidung dan dahi yang cenderung berminyak.
  6. Bilas Hingga Bersih
    Sehabis cuci muka, pastikan bilas sabun dengan bersih jangan sampai masih ada sisa-sisa sabun yang menempel.
  7. Bersihkan Dengan Lap/handuk Bersih
    Pastikan menggunakan handuk yang bersih, dan jangan gunakan handuk yang sudah berkali-kali dipakai agar menghindari kotoran dan bakteri yang menempel di handuk tersebut.

Visited 10 times, 1 visit(s) today