Manfaat Yoga Tertawa Buat Kamu yang Super Sibuk

yoga

Yoga adalah jenis olahraga yang menggabungkan unsur pernapasan, konsentrasi, dan kekuatan otot. Namun yoga juga tersedia dalam banyak jenis, salah satunya yoga tertawa. Kabarnya, yoga ini ampuh menghilangkan stress terutama buat kamu yang super sibuk.

Yoga tertawa sebetulnya tidak berbeda dengan yoga pada umumnya, namun pada yoga jenis ini ada unsur tertawa sebagai bagian dari terapi untuk melepas stress. Yoga tertawa juga fokus pada gerakan yang memadukan pernapasan dengan tertawa. 

Sedangkan tertawa sendiri diketahui juga memiliki manfaat untuk membantu menjaga kesehatan mental. Bila disandingkan dengan gerakan yoga, ini bisa menjadi sarana yang baik untuk olahraga sekaligus cara untuk mengurangi stress.

yoga
Yoga tertawa, alternatif untuk meredam stress dan membugarkan tubuh (Foto: Xframe)

Salah satu fokus yoga adalah melatih konsentrasi dani pernapasan, sedangkan tertawa juga bisa membuat asupan dan saturasi oksigen lebih optimal ke seluruh tubuh, terutama ke otak.

Buat kamu yang sibuk, mungkin bisa meluangkan waktu untuk melakukan yoga tertawa untuk membantu kamu mengurangi stress. Yoga tertawa bisa kamu lakukan dengan panduan instruktur yang profesional dan bila sudah paham langkahnya, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut adalah beberapa langkah singkatnya:

  • Duduk bersila dengan santai dan tubuh tegak bersebelahan dengan kawan yang lain.
  • Lakukan relaksasi dengan menutup mata dan menarik napas panjang kemudian hembuskan perlahan. Lakukan gerakan ini beberapa kali sampai kamu merasa rileks.
  • Usai relaksasi, tepukkan tangan kamu ke peserta lain di sebelah secara perlahan untuk meningkatkan energi antar sesama peserta. Lakukan ini beberapa kali.
  • Untuk menambahkan suasana yang menarik, kamu bisa menepukkan tangan sambil berteriak, bersorak atau bernyanyi. Hal sederhana ini bisa memicu kamu untuk merasa senang dan mudah untuk tertawa.
  • Setelah selesai, kamu bisa istirahat dengan meletakkan kedua tangan di lutut dengan posisi tetap duduk bersila.
  • Pejamkan mata dan tarik nafas panjang kemudian hembuskan perlahan. Lakukan aktivitas ini selama 5 hingga 10 menit dan fokuskan pikiran hanya pada pernapasan.
Sponsored Links

Manfaat Yoga Tertawa

Kesibukan memang sering membuat kamu terjebak dalam kondisi stress. Itu sebabnya kamu sebaiknya sempatkan waktu untuk yoga tertawa. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

Meningkatkan kualitas tidur

Yoga yang dipadukan dengan tertawa akan membantu aliran oksigen ke otak. Ini akan membantu otak untuk mendapatkan oksigen yang cukup sehingga bisa berfungsi dengan baik, termasuk memproduksi hormon yang mengatur waktu tidur dan membuat kamu mengantuk.

Kesibukan yang tinggi kadang membuat kamu susah untuk tidur atau kurang istirahat. Dengan yoga tertawa kamu bisa terbantu untuk tidur lebih berkualitas.

tidur
Yoga tertawa bisa meningkatkan kualitas tidur (Foto: Xframe)

Meredam stress

Secara alami, tertawa akan mengurangi tingkat stress, emosi, rasa marah, kecemasan dan sedih. Tertawa akan meningkatkan energi positif dan ini akan berguna buat kamu yang sibuk dan harus bertemu dengan banyak orang dalam aktivitas sehari-hari.

Dengan begitu kamu bisa lebih terkoneksi dengan banyak orang sekaligus meningkatkan kemampuan kreativitas kamu.

Meredakan sakit

Rasa sakit atau kondisi sakit bisa terjadi akibat dari banyak faktor. Ini akan mengganggu saat kamu harus beraktivitas cukup tinggi. Dengan tertawa tubuh kamu akan melepaskan endorfin, hormon yang membuat perasaan kamu bahagia.

Salah satu dampak dari dilepaskannya endorfin adalah meringankan rasa sakit pada tubuh. Semakin banyak banyak endorfin yang dilepas, semakin banyak rasa sakit yang diringankan.

Yoga tertawa bisa menjadi salah satu alternatif penyembuhan atau pemulihan buat kamu yang sehari-harinya sibuk dengan pekerjaan dan mobilitas. Untuk pemula, sebaiknya memulai yoga tertawa dengan panduan instruktur agar kamu bisa melakukannya secara benar. Bila sudah mulai terbiasa, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah.

Visited 3 times, 1 visit(s) today